Cara Blokir Nomor Telepon di Semua Ponsel Android

cara blokir nomor telepon

Kamu mungkin kerap terganggu dengan panggilan telepon dari sales asuransi di sela-sela deadline pekerjaan. Atau barangkali mantan pacar yang belum bisa move on masih terus menelpon. Tak perlu risau, ada cara mudah untuk memblokir panggilan telepon yang tidak kita inginkan.

Jika kita pernah mendaftar kartu kredit, entah kenapa telepon dari berbagai sales layanan keuangan terus menerus datang. Ada yang menawarkan asuransi, kartu kredit, KTA, pinjaman dengan jaminan BPKB dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Gosip yang beredar data kita dijual oleh pihak marketing. Meski hal tersebut sulit pembuktiannya karena hal tersebut sejatinya melanggar aturan. Data nasabah bank tidak boleh tersebar ke pihak lain di luar perjanjian.

Nah jika nomor handphone kita sudah tersebar kemana-mana, telepon yang datang sangat mengganggu. Mereka bisa menelpon pagi, siang atau sore saat kita sedang mengejar deadline.

Adakalanya kita menyampaikan maaf karena sedan sibuk, tapi mereka akan mencoba menelpon lagi di lain waktu. Yang paling menyebalkan adalah meski kita sudah menolak, mereka tetap nerocos dan memaksa kita untuk mendengarkan penjelasan mereka tentang produk yang ditawarkan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Top Up Saldo Aplikasi Jenius Lewat ATM

Maaf saja, kalau sudah menolak secara baik-baik, tapi tetap maksa, biasanya saya langsung tutup telepon tanpa bicara apa-apa lagi. Meskipun saya juga menghargai profesi sales memang mengharuskan mereka melakukan trik-trik untuk menjaring nasabah.

Nah soal mantan pacar yang masih sering menelpon tentu juga sangat mengganggu. Ketika putus, jalinan komunikasi memang harus tetap terjaga tapi bukan berarti tetap intens, sudah bukan waktunya lagi.

Cara blokir nomor telepon

Penolakan-penolakan terhadap telepon seseorang yang tidak kita inginkan kadangkala tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kita sudah mencapai titik yang tidak bisa ditolerir lagi, mau tidak mau, kita harus melakukan pemblokiran telepon yang masuk dari nomor tertentu.

Pada ponsel android, pemblokiran telepon masuk bisa kamu lakukan lewat berbagai cara. Tapi pada jenis dan tipe smartphone tertentu, caranya mungkin berbeda-beda. Berikut ini cara memblokir panggilan telepon yang masuk sesuai jenis ponsel:

Xiaomi

Ponsel Xiaomi mungkin salah satu ponsel dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dengan harganya yang bersaing, fitur-fitur dan kualitasnya dapat kamu andalkan. Nah jika kamu ingin blokir nomor ponsel orang dari HP ini, berikut ini caranya:

1. Buka menu Security/Keamanan
2. Klik ikon gerigi di pojok kanan atas
3. Pilih Blocklist/Daftar blokir
4. Pilih Blocked Number/Nomor terblokir

Oppo

Bagi pengguna HP OPPO berikut ini cara blokir nomor ponsel yang suka gangguin kamu.

1. Buka menu Pengaturan.
2. Pilih menu Panggil
3. Pilih Daftar Hitam
4. Pilih Tambah
5. Setelah no terpilih kemudian OK

Infinix

Selanjutnya buat kamu yang punya ponsel Infinix, nih cara blokir nomor pengganggu biar tidak rese lagi.

1. Buka dulu aplikasi Dial Telepon.
2. Pilih ikon pengaturan di bagian pojok kanan atas (roda gerigi).
3. Pilih menu Blokir nomor yang tidak diketahui atau disembunyikan.

Google Dialer (Nexus, Google Pixel)

Untuk ponsel Nexus, Google memberikan kemudahan bagi seseorang untuk memblokir panggilan telepon spam melalui Google Dialer. Tetapi, fitur ini hanya tersedia jika kamu memiliki smartphone Nexus atau Google Pixel.

Baca juga: 7 Aplikasi Android untuk Membuat Kwitansi Gratis

Dialer app mungkin sudah tersedia di Play Store, tapi layanan tersebut tidak berlaku bagi merek ponsel lain.  Tapi bukan tidak mungkin, aplikasi ini juga tersedia bagi perangkat android lain di kemudian hari.

Untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal aplikasi Google Dialer terlebih dahulu. Instal di sini: Google Dialer
Untuk memblokir setiap nomor, cukup ikuti langkah-langkah sederhana:

1. Buka Google Dialer
2. Tekan tombol menu di sebelah ikon mikrofon di  bagian atas aplikasi
3. Sentuh Pengaturan/Setting
4. Tekan memblokir panggilan/Call blocking
5. Sentuh tambahkan nomor handphone/Add a number
6. Masukkan nomoryang ingin kamu blokir.

Kamu juga dapat memblokir nomor dengan hanya memilih  dari daftar panggilan telepon yang masuk terakhir. Lalu pilih blok.

Samsung (S4 Galaxy S5, S6, Note 4)

Berikut ini cata untuk memblokir semua panggilan dari nomor telepon pada perangkat Samsung Lollipop:

1. Sentuh Phone app, Call Log, kemudian nomor yang kamu ingin blokir.
2. Selanjutnya, tekan More di bagian kanan atas, kemudian Add to auto reject list.
3. Jika suatu saat ingin mengubah pemblokiran, tekan Remove from auto reject list

Stock Android (Nexus 5, Nexus 6, Moto X, Moto G)

Android Lollipop maupun Marshmallow memiliki fitur blocking panggilan yang terintegrasi. Namun mungkin fitur blocking terintegrasi ini akan tergantung pada operator selulernya juga.

Baca juga: Wahai Kaum Rebahan, Ini 20 Game Penghasil Saldo Dana Terbaru 2023!

Untuk memeriksa jika kamu memilikinya, membuka aplikasi telepon, ketuk nomor yang ingin kamu blokir, kemudian ketuk rincian, dan kemudian tombol Menu di bagian kanan atas. Jika operator kamu mengizinkan memblokir telepon, maka akan muncul keterangannya Add to blacklist atau Reject call.

Ada solusi lain untuk memblokir nomor telepon pada pengguna Lollipop atau Marshmallow. Proses ini pada dasarnya juga sama untuk KitKat.

1. Simpan nomor yang ingin kamu blokir sebagai kontak.
2. Selanjutnya, masuk ke aplikasi telepon, tekan Contacts, lalu ketuk nama mereka.
3. Ketuk ikon pensil di samping ikon menu, kemudian di depan layar ketuk ikon menu di bagian kanan atas dan All calls to voicemail. Maka panggilan dari nomor tersebut akan selalu masuk ke voicemail.

Alternatif lainnya adalah dengan menginstal aplikasi Call Blacklist – Call Blocker di sini: Call Blacklist

HTC (One M7, One M8, One M9)

Seperti Samsung, HTC telah membuat cara super mudah untuk memblokir panggilan, dan mengelola nomor yang kamu blokir. Untuk memblokir panggilan dari nomor telepon HTC caranya:

1. Masuk ke aplikasi telepon, kemudian masuk ke Call History atau ketuk ikon pencarian untuk menemukan nomor yang Anda inginkan untuk diblokir.
2. Tap agak lama pada nomor yang ingin kamu blokir, kemudian ketuk memblokir penelpon.
3. Untuk mengelola kontak dalam daftar blokir, ketuk ikon menu di bagian atas kanan dari aplikasi telepon. Di sini kamu dapat menambahkan atau menghapus daftar kontak blokir, dan bahkan melihat kapan telepon kamu memblokir pesan dan panggilan dari kontak ini.

Sony (Xperia Z2, Xperia Z3, Xperia Z3 Compact)

Seri Xperia Z tidak memiliki fitur memblokir panggilan secara built-in. Jadi kamu harus menggunakan solusi Lollipop untuk memblokir nomor. Caranya dengan mengnduh Call Blacklist di sini: Call Blacklist.

Atau bisa juga dengan mengirim nomor yang tidak kamu inginkan langsung ke voicemail. Untuk melakukan hal ini:

1. Tekan semua aplikasi > kontak kemudian nama kontak yang kamu ingin blokir.
2. Setelah Anda sudah mengetuk nama kontak, tekan ikon Edit, kemudian Menu, kemudian mengalihkan semua panggilan ke Voicemail.

LG (G2, G3, G4)

Ponsel LG memiliki beberapa alat yang bagus untuk memblokir nomor telepon. Jika LG kamu berjalan pada Lollipop dan menerima panggilan dari nomor yang ingin diblok, cukup dengan mengeser jari kamu dari tengah menuju ikon merah ponsel, seret ikon telepon merah ke pusat sebaliknya. Ini akan menambah nomor tersebut ke dalam ‘Call reject list’.

Demikian ulasan tentang cara blokir nomor telepon di semua ponsel android. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *