http://idrbizz.com/2019/03/waspada-hacker-membajak-1-juta-komputer-asus-dengan-modus-pembaruan-software.html
Asus telah melakukan investigasi terkait serangan keamanan yang terjadi. (Sumber foto: Asus.com)

Waspada, Hacker Membajak Satu Juta Komputer Asus dengan Modus Pembaruan Software

Diposting pada

IDRbizz.com | Bagi Anda pengguna komputer Asus harap berhati-hati dan periksa perangkat yang dimiliki. Kaspersky Lab, sebuah peneliti keamanan komputer yang berbasis di Moscow melaporkan adanya serangan hacker pada lebih dari satu juta komputer Asus.

Dikutip dari Reuters, Kaspersky menyebut, serangan hacker ini cukup menjebak karena mereka masuk dengan membajak sistem update perangkat lunak perusahaan. Hacker memasukkan pembaruan software dengan menggunakan “backdoor” yang kemudian memberikan akses pada hacker untuk menginfeksi komputer.

Loading...

Serangan hacker ini setidaknya terjadi selama bulan Juni hingga November 2018. Kaspersky tidak menyebutkan apakah hacker mengambil data-data pribadi dari komputer yang telah dibajak. Yang jelas, serangan ini kemungkinan berhasil membajak lebih dari satu juta komputer Asus di seluruh dunia.

Serangan siber ke komputer Asus juga dilaporkan oleh peneliti siber yang lain. Salah satunya Symantec yang berhasil mengidentifikasi serangan pada pengguna komputer Asus pada tahun lalu.

Asus sudah mengetahui serangan keamanan ke komputer mereka dan tengah melakukan investigasi dengan dibantu oleh Kaspersky. Namun perusahaan belum memberikan keterangan resminya kepada publik.

Situs berita teknologi Motherboard pertama kali melaporkan serangan hacker pada komputer Asus. Media tersebut menyebutkan, serangan hacker bisa berdampak sangat besar bagi teknologi perusahaan dan para pemasoknya.(*)

Loading...

One thought on “Waspada, Hacker Membajak Satu Juta Komputer Asus dengan Modus Pembaruan Software

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *