Cara Mudah Mengetahui Identitas Asli Seseorang Lewat Nomor Ponsel

Diposting pada

Barangkali kamu pernah diteror oleh nomor handphone tak dikenal. Atau bisa jadi, ada seseorang yang mengirimkan pesan singkat atau WhatsApp, tapi namanya tak terdaftar di ponsel kamu. Atau kamu sering berkenalan dengan orang baru hanya melalui nomor telepon dan ingin mengetahui identitas asli orang tersebut. Tenang ada cara mudah untuk mengetahui dan melacak indentitas pemilik nomor HP tersebut.

Saya sendiri kerap menggunakan cara ini untuk melacak kebenaran identitas seseorang yang hanya dikenal melalui handphone. Terus terang, saya beberapa kali berkenalan dengan orang lain hanya melalui media sosial dan kemudian bertukar nomor telepon.

Loading...

Komunikasi kemudian berlanjut lewat telepon atau pesan WhatsApp. Karena jarak yang mungkin terlalu jauh untuk bertemu langsung, atau karena kesibukan masing-masing, bisa jadi tatap muka langsung tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat.

Pertanyaan yang sering muncul di kepalaku, apakah benar orang yang saya kenal adalah orang dengan identitas seperti yang dia sampaikan. Atau jangan-jangan dan bisa jadi sebenarnya ia menggunakan identitas palsu. Kita tak ada salahnya untuk sedikit curiga dan perlu tahu, apalagi kalau menyangkut hubungan jangka panjang yang serius.

Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus melakukan investigasi kecil-kecilan. Salah satu cara yang paling mudah adalah mengecek identitas si dia dengan menggunakan mesin pencari Google. Kita juga bisa melakukan penelusuran dari berbagai jenis media sosial yang mungkin dia miliki.

Jika browsing di internet tak cukup memberikan informasi memadai, atau bahkan tak ditemukan hasilnya sama sekali. Tentu kita harus menggunakan cara lain untuk membongkar identitasnya. Bagi saya ini penting agar kita benar-benar tahu sedang berhadapan dan berkomunikasi dengan siapa.

Maaf kadang kala, saya justru sudah mengetahui identitas seseorang, mulai dari latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman organisasi dan lain-lain.

Lah kok bisa lengkap betul seperti curriculum vitae? Ya, memang pada akhirnya saya bisa mendapatkan CV dia hanya diawali dengan mengetahui nomor handphone dia saja.

Singkatnya begitu bertukar nomor telepon, dan ada jeda waktu untuk melanjutkan komunikasi selanjutnya, saya memiliki kesempatan untuk menelisik lebih jauh tentang identitas dia sebenarnya.

Baca juga: Membedah Resep Sukses Pak Ndul “Ahlinya Ahli” dalam Membangun Channel Youtube

Ini sering saya lakukan. Jadi ketika kemudian, kami melanjutkan komunikasi, ada keuntungannya buat saya, saya bisa menempatkan diri sesuai porsinya, karena tahu siapa yang sedang saya ajak berkomunikasi.

Perkenalan lebih lanjut dengan dia juga menjadi lebih mudah. Saya tentu saja pura-pura seolah belum tahu identitas dia, dan menanyakannya. Dari jawaban dia, kita bisa menguji juga, apakah dia jujur atau menutup-nutupi sesuatu. Toh sebenarnya kita sudah tahu jawabannya, sebelum bertanya.

Lantas apa rahasia besar yang dapat mengungkapkan identitas seseorang hanya diawali dengan sebuah nomor handphone? Jawabannya sederhana, ini terkesan sepele tapi bermakna besar.

Perlu dicatat terlebih dahulu, bahwa cara untuk melacak indentitas seseorang ini hanya berlaku jika kita berhadapan dengan seseorang yang profesional. Dalam artian, mereka bukan orang yang suka gonta-ganti nomor handphone.

Mereka orang yang menggunakan nomor handphone untuk kebutuhan-kebutuhan penting terkait pekerjaan, urusan perbankan dan berbagi registrasi yang membutuhkan nomor telepon. Dalam hal ini, mereka yang memiliki pekerjaan formal biasanya masuk dalam kategori tersebut.

Orang-orang seperti itu rata-rata tidak akan mengganti nomor teleponnya. Bahkan jika handphone mereka hilang, mereka lebih menangisi nomor telepon dan kontak yang tersimpan di dalamnya ketimbang handphone yang hilang. Mereka akan rela untuk mendatangi gerai operator selular demi mendapatkan kartu baru dengan nomor telepon yang sama dengan yang sebelumnya.

Orang-orang seperti itu, rata-rata akan mendaftarkan kartu selular mereka ke operator dengan data yang benar. Data asli sesuai kartu penduduk atau KTP diperlukan agar ketika terjadi permasalahan dengan nomor tersebut, mereka bisa dengan mudah mengajukan komplain atau layanan lain. Data identitas mereka akan tersimpan rapi di perusahaan selular tersebut.

Itulah rahasia besarnya. Jadi yang kita perlukan adalah mendapatkan informasi dari perusahaan selular tentang identitas asli pemilik nomor handphone tertentu. Bagaimana caranya?

Sangat mudah, karena kita bisa melacaknya secara online di link ini: Lacak Indentitas Pemilik Nomor Handphone.

Yang harus kamu lakukan adalah memasukkan nomor handphone yang ingin dilacak, menyambungkannya akun Gmail atau Microsoft. Lalu dapatkan hasil pencarian yang sangat akurat hanya dalam beberapa detik. Nama pemiliki nomor handphone tersebut akan ditampilkan.


Nah setelah mengetahui nama asli pemilik handphone tersebut, lanjutkan dengan mengecek profil lengkapnya. Buka google dan carilah indentitasnya di LinkedIn. Seorang yang profesional rata-rata memiliki akun LinkedIn.

Dan tak jarang mereka melampirkan CV lengkap di LinkedIn tersebut. Herannya, dan bisa disebut sebagai kelemahan LinkedIn, semua orang dengan sangat mudah bisa membaca CV seseorang tanpa diproteksi sama sekali.

Awalnya saya mengira CV yang dilampirkan di LinkedIn hanya bisa dilihat orang pihak perusahaan yang tengah mencari karyawan. Tapi ternyata tidak, semua orang bisa melihatnya secara mudah. Nah bagi yang sudah tahu rahasia ini, hati-hati jika mengupload CV di LinkedIn atau identitas kita secara detil akan diketahui orang lain.

Ambil sisi positifnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

2 thoughts on “Cara Mudah Mengetahui Identitas Asli Seseorang Lewat Nomor Ponsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *