Kini Orang Tua Dapat Mengontrol Penggunaan Smartphone Anak Dengan Family Link

Diposting pada

Di era digital saat ini, banyak orang tua yang khawatir dengan penggunaan smartphone oleh anak-anak mereka. Maklum, jika tidak dikontrol banyak sekali pengaruh negatif yang bisa terjadi pada anak.

Di sisi lain, menjauhkan anak-anak dari smartphone juga bukan solusi bijak. Apalagi saat ini teknologi berkembang sangat cepat. Jika sampai anak ketinggalan dengan perkembangan teknologi, efeknya juga tidak bagus.

Loading...

Untuk itu, orang tua perlu mengontrol penggunaan smarphone pada anak agar penggunaannya benar-benar bermanfaat. Selain itu, pengaruh negatif smartphone juga dapat dihindari.

Banyak orangtua memang memberikan smartphone dan tablet bagi anak-anak mereka, tetapi takut mereka akan men-download dan melihat konten yang tidak pantas. Atau bisa juga anak menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan gadget sepanjang hari.

Dikutip dari AndroidAuthority, Google mengumumkan rencana untuk meluncurkan aplikasi baru bernama Family Link. Aplikasi ini akan menawarkan kontrol khusus untuk orang tua untuk menyimpan konten pada smartphone atau tablet dari anak-anak mereka, bersama dengan cara-cara untuk membatasi waktu mereka pada perangkat mereka.

Aplikasi tersebut akan dirilis untuk perangkat  Android 7.0 Nougat atau lebih tinggi. Setelah aplikasi tersedia, orang tua dapat mengatur akun Google untuk masing-masing anak mereka. Setelah itu, aplikasi Family Link dapat mengatur agar orang tua dapat membolehkan atau memblokir aplikasi yang di-download oleh anak-anak mereka dari Google Play Store.

Orang tua juga dapat mengatur harian batas waktu layar untuk masing-masing anak mereka melalui aplikasi, dan memantau berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk perangkat secara harian atau bulanan. Aplikasi ini juga memungkinkan orangtua secara jarak jauh mengunci keluar perangkat ketika mereka ingin anak-anak mereka untuk tidur atau melakukan sesuatu dengan waktu mereka.

Saat ini, aplikasi Family Link masih dalam pengujian, tetapi orang tua dapat meminta undangan awal untuk mencoba aplikasi ini. Aplikasi itu sendiri telah dirancang untuk orang tua dengan anak-anak berusia maksimal 13 tahun.

Google juga mencari umpan balik dari penguji awal mereka sehingga mereka dapat menyempurnakan Family Link sebelum perusahaan secara resmi meluncurkan beberapa waktu kemudian tahun ini. Google berupaya membantu orang tua menjadi lebih proaktif dalam upaya mereka untuk memantau dan mengontrol penggunaan ponsel dan tablet oleh anak-anak.

Sumber foto: Designed by Freepik

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *