10 Permainan Peran Terbaik Untuk Belajar Anak

Anak-anak mempunyai imajinasi atas apa yang tangkap dari lingkungan sekitarnya. Kita bisa menciptakan imajinasi yang positif bagi anak berbagai permainan peran.

Saat ini, permainan peran tidak hanya bisa dilakukan secara langsung dengan permainan yang membutuhkan banyak perlengkapan yang tentu menguras banyak biaya. Jika kita jeli, ada banyak permainan peran yang bisa kita temukan di Play Store android. Artinya Anda cuma membutuhkan ponsel android atau iOS (Apps Store) untuk merangsang kecerdasan dan imajinasi anak.

Perkembangan anak usia dini memang membutuhkan treatment khusus. Apalagi di usia keemasan mereka saat belajar bahasa, belajar mengenal benda-benda di sekitarnya hingga belajar memahami lingkungan sosialnya.

Proses membangun pondasi kemampuan anak di masa depan itu sangat penting dan membutuhkan perhatian khusus dari para orang tua. Dalam hal ini, permainan peran bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan anak di usia dini.

Sebenarnya permainan peran bagi anak-anak bukan sesuatu yang baru. Dari dahulu kala, anak-anak perempuan sudah bermain masak-masakan, bermain boneka seperti mengasuh anak, bermain mobil-mobilan, perang-perangan dan lain-lain.

Nah saat ini permainan peran bisa dilakukan lebih luas sehingga imajinasi dan kecerdasan anak juga berkembang pesat. Misalnya bermain peran sebagai seorang dokter, pilot, guru, masinis, desainer, model, wartawan dan lain-lain.

Di era android, sebenarnya semua permainan peran itu bisa kita peroleh dengan mudah. Hanya dengan membuka play store dan mencari permainan yang diinginkan, permainan peran buat anak-anak sudah ada dalam genggaman.

Berikut ini daftar 10 permainan peran paling populer di Play Store yang bisa dimainkan oleh anak-anak:

1. Tractor Farming Simulator

Traktor Pertanian Simulator adalah simulator pertanian di mana anak dapat mengelola lahan sendiri dan panen tanaman. Dalam permainan ini anak akan mulai menyiapkan tanah dan menjadi pembudidaya.

Dalam Tractor Pertanian Simulator kamu harus melakukan semuanya sebagai seorang petani seperti kultivator, bibit tanaman, air tanaman, panen tanaman dan menjualnya. Bila telah menjual hasil panen, kamu bisa membuka beberapa lahan baru.

Instal plikasinya di sini: Tractor Farming Simulator

2. Penikahan Elsa Make Up Salon

Putri Elsa tengah menghadapi hari pernikahannya. Tugasmu adalah membawanya ke salon untuk makeup dan makeover kecantikan. Pertama, kamu dapat membantunya mencuci wajahnya dan kemudian memberinya perawatan uap yang bagus.

Selanjutnya, ikat rambutnya dengan indah. Setelah itu, berikan riasan kosmetik. Pilih salah sepasang lensa kontak untuk membuat matanya terlihat bersinar. Kemudian membuat untuk alis dan mata bayangan.

Pada langkah berikutnya, kamu harus memilih salah satu kerudung panjang untuknya. Mengambil beberapa aksesoris rambut yang mengagumkan untuk putri dan kemudian mendandani sang putri dengan gaun pengantin modis dan sepatu bertumit tinggi.

Unduh aplikasinya di sini: Pernikahan Elsa Make Up Salon

3. The Little Crane That Could

Permainan Crane yang menyenangkan! Di Little Crane, kamu  dapat mengoperasikan crane untuk memperbaiki jembatan, kereta kargo beban, merekonstruksi kuil-kuil kuno, membuat bangunan tinggi dan lain-lain.

Untuh aplikasinya di sini: Little Crane

4. Permainan Pembangun

Sekarang saatnya menjalankan bengkel tukang. Nikmati pengalaman membangun dan menjadi pekerja konstruksi yang unggul.

Kamu dapat melakukan aktivitas seperti menggali tanah, membangun, atau menghancurkan rumah dan menara, membuat produk kayu, memotong kayu, mengelas, dan hal menyenangkan lainnya.

Berbagai aktivitas yang dilakukan:

Pertukangan kayu: Potong kayu secara akurat dengan berbagai gergaji. Buat kursi, bangku, pagar, sangkar burung , atau kandang anjing dengan menggunakan palu atau obeng.

Bangun menara: Bangun apartemen atau menara bisnis dengan bantuan derek yang dapat mengangkat beban berat.

Bangun rumah: Pilih alat pembangun serta hindari mainan dan permen di pemainan mini Catcher yang menyenangkan. Setelah itu, bangun rumah dengan menambahkan jendela, dinding, pintu, balkon, tangga, dan atap untuk membuatnya menjadi rumah impian.

Hancurkan menara: Terkadang sebuah bangunan tua perlu diruntuhkan agar dapat mendirikan bangunan yang baru. Gunakan palu, palu pneumatik, kotak TNT, dan bola penghancur. Kamu akan menikmati penghancuran bangunan di tengah kota.

Pengelasan: Kerusakan dan lubang harus diperbaiki. Bila kamu sudah selesai menyikat konstruksi besi atau pipa bocor di rumah pelanggan, jangan lupa untuk menggunakan masker las sebelum pengelasan!

Gudang: Kamu mendapatkan begitu banyak pesanan! Angkat teleponnya! Pelanggan ingin memesan bahan bangunan. Ikuti daftar belanja, menggunakan fork-lift dan muati truk dengan kotak.

Pemotongan kayu: Agar bisa mendapatkan kayu untuk konstruksimu, pertama-tama potong kayu dengan gergaji atau kapak di permainan mini Timberman.

Lokasi konstruksi: Jadilah kepala lokasi pembangunan dan singsingkan lengan bajumu. Untuk mengisi lubang dengan tanah, gali bahan dengan menggunakan penggali, bawa truk untuk mengangkutnya dan gunakan mesin perata jalan untuk meratakannya.

Selesaikan semua menyenangkan tantangan dan jadilah bos pembangun di kotamu!

Unduh permainannya di sini: Permainan Pembangun

5. Perawatan Bayi

Game ini menawarkan kepada anak-anak kesempatan menarik untuk bermain dan belajar tentang perawatan anak. Jadilah seorang pengasuh berpengalaman sambil menjalankan taman kanak-kanak milikmu sendiri di rumah.

Bayi-bayi yang menggemaskan kini bukan lagi jabang bayi, papa dan mama mereka membawa mereka ke tempat penitipan anak milikmu. Anak-anak bayi bermain di ruangan bermain interaktif dan menunggu perhatian darimu.

Buat anak-anak yang lucu itu gembira dengan berbagai aktivitas perawatan dalam 6 adegan berbeda, seperti mandi yang asyik, menggosok gigi, mengganti popok, dandan trendi, santapan lezat, tidur cantik, dan permainan yang menyenangkan.

Bayi-bayi membutuhkanmu di waktu yang sama, jadi penuhi kebutuhan mereka satu per satu dan jagalah agar mereka tidak menangis!

Instal game ini di sini: Perawatan Bayi

6. Memasak di Dapur

Dalam permainan ada beberapa resep yang disiapkan. Kamu dapat memilih apa yang harus dipanggang misalnya kentang goreng dan hamburger, donat, sup, spaghetti dengan bakso, sushi, pizza, sorbet, kue, koktail.

Sebagian besar hidangan tersebut dapat dihiasi dengan topping atau mainan yang berbeda.

Instal aplikasinya di sini: Memasak di Dapur

7. Doctor Ambulance

Di game ini, kamu akan berperan sebagai dokter yang bertugas di mobil ambulance. Dalam hal ini, dokter harus siap dengan segala kondisi darurat denga pasien yang ditemuinya seperti kecelakaan, sakit jantung atau penyakit lain yang membutuhkan perawatan khusus. Ada banyak alat medis dan obat-obatan yang bisa digunakan di game ini.

Unduh aplikasinya di sini: Doctor Ambulance

8. Supermarket

Selamat datang di surga belanja! Jelajahi dunia supermarket dengan bermacam-macam mini-game populer untuk anak-anak. Bantulah para pelanggan berbelanja dan bersiaplah untuk bersenang-senang!

Ada bermacam-macam bagian di supermarket ini: kasir, bagian bahan makanan, keju dan salami, buah dan sayuran, permen, mainan, area daur ulang dan lain-lain. Lakukan semua tugas yang diperlukan dan berikan pelayanan yang terbaik untuk memuaskan kebutuhan belanja pelanggan-pelangganmu. Tangkap juga si pencuri dan jadilah pahlawan super di supermarket. Kamu harus gesit!

Kelola supermarketmu dengan baik dan jadilah petugas toko terbaik dalam permainan belanja ini di sini: Supermarket

9. Penjahit Cilik

Masuki dunia busana, gaya dan desain dengan bekerja di sebuah perusahaan butik yang tepat. Pertama-tama, kamu harus memilih kain yang berkualitas dari palet warna. Setelah itu, gunakan mesin setrika pres untuk menghilangkan semua kusut pada kain.
Sekarang siap untuk menggunting kain. Lakukan pengguntingan sedemikian rupa. Peniti dan kancing akan terbang ke seluruh tempat. Tangkaplah sebanyak mungkin.

Pilih benang favorit dan nyalakan mesin jahit. Arahkan secara hati-hati agar jarum tidak patah. Saat pakaian yang indah dirancang, kamu dapat menghiasnya dengan aksesori, hiasan, kantong, kancing, stiker dan kerah yang berwarna-warni.

Unduh aplikasinya di sini: Penjahit Cilik

10. Wedding Make Up Girls

Apakah kamu suka berdandan? Apakah kamu penggemar make up? Di  game ini, kamu bisa masuk ke dunia fashion dan berdandan dengan cara yang sama sekali baru. Menjadi pengantin di hari pernikahannya khusus dan memilih sendiri make up, gaya rambut, dan masih banyak lagi semua dengan sangat mudah digunakan game ini.

Mulai bermain game dengan memilih gadis atau pengantin. Aplikasi ini memiliki 6 karakter unik, 2 di antaranya termasuk dalam aplikasi gratis dan 4 karakter tambahan yang tersedia dengan pembelian di-app. Setelah memilih gadis yang sempurna untuk makeover, maka kamu dapat pergi ke pemilihan make up. Dengan ratusan warna yang berbeda, produk, dan gaya kamu tidak akan pernah bosan mencoba gaya yang berbeda pada pengantin.

Unduh aplikasinya di sini: Wedding Make Up Girls

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *