izin snack video kominfo
Snack Video kini berstatus legal setelah memperoleh izin PSE dari Kominfo.

Legal! Snack Video Kantongi Izin PSE dari Kominfo

Diposting pada

Snack Video aplikasi penghasil uang yang tengah viral kini telah memiliki izin Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika). Setelah sebelumnya sempat dinyatakan sebagai aplikasi ilegal oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kini Snack Video sudah berstatus legal atau resmi dan dapat beroperasi secara penuh di Indonesia.

Kominfo telah memberikan izin PSE kepada Snack Video terhitung mulai Kamis tanggal 4 Maret 2021 dengan Nomor Tanda Daftar 000251.01/DJAI.PSE/03/2021. Di Indonesia, Snack Video berada di bawah payung perusahaan bernama PT Karya Kreatif Nusantara.

Kominfo saat ini masih melakukan pemblokiran aplikasi Snack Video. Dalam keterangan resminya, Kominfo menyebut Snack Video diblokir atas permintaan dari OJK karena ilegal. Padahal sebelumnya, Kominfo menyatakan belum menemukan adanya keluhan pengguna maupun aktivitas ilegal dari aplikasi tersebut.

“Sampai saat ini Kominfo belum menerima pengaduan apa pun baik dari masyarakat maupun lembaga pemerintah terkait keberadaan Snackvideo.com,” kata juru bicara kementerian Kominfo, Dedy Permadi kepada Kumparan.com.

Netizen Serbu Instagram OJK

Sejumlah pihak menuding Snack Video menjalankan bisnis money game dan skema ponzi. Kecurigaan itu tidak beralasan karena Snack Video tidak memungut biaya dari para pengguna aplikasinya.

Selain itu tidak ada biaya upgrade level atau permintaan menyetor uang kepada pengguna. Aplikasi ini juga tidak memberlakukan status keanggotaan berjenjang serta tidak ada perputaran uang antar anggota.

Baca juga: Kupas Tuntas Cara Cepat Dapat Uang dari Snack Video

OJK dalam pernyataannya menyebut Snack Video sebagai aplikasi yang meresahkan karena berpotensi merugikan masyarakat sehingga harus melakukan pemblokiran. Pernyataan di Instagram resmi OJK pun di serbu oleh netizen yang mempertanyakan keputusan dari otoritas yang semestinya hanya mengurusi lembaga keuangan dan lembaga investasi itu.

Hanya dalam waktu dua hari, ada lebih dari 4.500 komentar pada akun Instagram OJK yang memprotes pemblokiran Snack Video. Sebuah hal yang wajar karena sejatinya masyarakat terbantu dengan Snack Video karena memberikan pendapatan tanpa harus mengeluarkan modal. Orang kaya dan investor yang punya duit miliaran ga akan paham dengan keresahan masyarakat yang kehilangan sumber pendapatan dari Snack Video.

Baca juga: Cara Saya Dapat Uang Rp 55 Juta dari Snack Video

Sangat di sayangkan, akibat pemblokiran itu pengguna Snack Video saat ini tidak dapat menarik pembayaran dari aplikasi baik lewat OVO, GoPay atau DANA. Selain itu, Snack Video juga menghentikan sementara event udang teman. Setelah statusnya legal, semoga Snack Video bisa kembali berkontribusi bagi perekonomian nasional dengan membantu masyarakat kecil.

2 thoughts on “Legal! Snack Video Kantongi Izin PSE dari Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *