apakah Snack Video ilegal

Snack Video Ilegal? Ini Keputusan OJK dan Kominfo

Diposting pada

Snack Video ilegal, aplikasi penghasil uang yang tengah ini tiba-tiba viral dicap ilegal. Apakah aplikasi ini terlarang karena menjalankan money game atau skema ponzi? Simak jawaban dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) tentang status Snack Video, cara mendapatkan uang dan legalitasnya.     

Dua pekan terakhir, Snack Video menjadi viral di media sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube dan Instagram. Aplikasi ini menarik perhatian banyak orang karena mampu memberikan penghasilan jutaan rupiah dalam waktu cepat, tanpa modal, tanpa harus mengeluarkan uang, hanya dengan menonton video dan mengundang teman.

Informasi tentang cara mendapatkan uang secara mudah dari aplikasi android memang sangat cepat tersebar. Apalagi sudah banyak bukti orang-orang yang mendapatkan pembayaran dari Snack Video secara nyata. Jumlah orang yang menginstal aplikasi ini meningkat tajam. Snack Video menjadi aplikasi video editor paling populer di Google Play Store mengalahkan TikTok.

Mendengar informasi aplikasi android bisa menghasilkan uang hanya dengan menonton video, banyak orang yang ragu dan sangsi. Apalagi ada trauma di masyarakat terhadap beberapa aplikasi money game yang sudah dinyatakan ilegal oleh OJK seperti VTube dan TikTokCash. Banyak orang terbujuk dan tergiur dengan iming-iming dan janji manis mendapatkan uang mudah, tapi ujung-ujungnya merugi.

Maka, ketika mendengar promosi Snack Video,  trauma terhadap terhadap aplikasi ilegal pun muncul. Ketakutan dan kekhawatiran yang sangat wajar. Kita memang harus waspada karena memang tawaran investasi bodong masih marak. Salah-salah bukannya untung malah buntung. Investasi itu harus terukur. Jangan sampai membuang uang atau modal sia-sia. Tapi apakah Snack Video masuk kategori investasi?

Cara Dapat Uang Too Good To Be True

Ini zaman susah. Cari uang buat sekedar makan saja tidak mudah. Apalagi ada corona yang masih merajalela. Mana ada cara menghasilkan uang hanya dengan menonton video dapat jutaan rupiah? Pasti ujung-ujungnya suruh bayar uang ke Snack Video ilegal. Setelah banyak orang tergoda dan menyetor uang, pemilik aplikasi yang telah mengumpulkan miliaran atau bahkan triliunan rupiah kabur. Money game, skema Ponzi, scam dan penipuan. Banyak sekali asumsi yang bermunculan menanggapi viralnya aplikasi Snack Video.

Salah satu ciri investasi bodong atau ilegal adalah menjanjikan imbal hasil investasi yang sangat besar yang tak wajar dengan cara yang sangat mudah. Dengan iming-iming angin surga itu, orang akan tergiur. Siapa sih yang ga butuh uang? Siapa yang ga ingin kaya raya? Apalagi zaman lagi susah. Cara dapat uang dengan mudah too good to be true. Sesuatu yang terdengar sangat indah hingga nyaris mustahil dapat terwujud.

Jurus investasi bodong itu sudah terbukti ampuh selama puluhan bahkan mungkin ratusan tahun. Kerugian masyarakat dari investasi bodong sangat besar. Di Indonesia saja, data Satgas Waspada Investasi menyebut, nilai kerugian akibat investasi ilegal selama 10 tahun terakhir mencapai Rp 114,9 triliun.

Angka tersebut bisa jadi hanya yang terdeteksi oleh OJK. Padahal nilai kerugian sebenarnya mungkin jauh lebih besar karena melihat banyaknya tawaran investasi ilegal yang beredar. Jadi sudah sewajarnya orang curiga dan hati-hati ketika mendengar Snack Video bisa menghasilkan uang hanya dengan menonton video. Akan tetapi apakah Snack Video mengelola dana investasi?

Pernyataan OJK dan Kominfo tentang Snack Video

Snack Video sejatinya sudah masuk ke Indonesia dan gencar berpromosi sejak tahun 2020. Aplikasi ini menjadi kompetitor utama TikTok. Sejak saat itu, Snack Video tidak pernah terdengar ada masalah. Baru setelah ada event marketing ajak teman dapat uang Rp 52.600 dan menjadi viral, muncul pernyataan Snack Video ilegal.

Pernyataan tersebut muncul pertama kali dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara, Mohammad Fredly Nasution yang menjawab pertanyaan wartawan. Berita tersebut tayang pertama kali di Sultrakini.com tanggal 22 Februari 2021. Pernyataan Snack Video ilegal lalu dikutip oleh media online nasional secara luas.

OJK Sultra menyebut Snack Video ilegal dengan dugaan money game dan skema Ponzi seperti halnya aplikasi lain yang sudah dilarang seperti VTube dan TikTokCash. Sumber informasi utamanya hanya dari OJK Sultra bukan dari OJK Pusat. Bagaimana tanggapan OJK Pusat?

Terkait investasi ilegal, OJK memiliki lembaga khusus bernama Satgas Waspada Investasi. Selama ini, mereka memantau dan merilis tawaran investasi bodong yang berpotensi merugikan masyarakat dalam berbagai kedok seperti koperasi, perdagangan forex, fintech, investasi emas, investasi bitcoin, dan juga aplikasi.

Hingga akhir Januari 2021, OJK menyatakan ada 154 entitas ilegal. Dari daftar tersebut, tidak ada nama Snack Video sebagai investasi ilegal. Update terbaru, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing kepada Kumparan pada Rabu (24/2) mengatakan, saat ini OJK masih mempelajari cara kerja dan izin operasi Snack Video. Artinya belum ada kesimpulan atau keputusan mengenai aplikasi ini.

Investasi ilegal merupakan bagian pengawasan dari OJK. Tapi apakah Snack Video merupakan entitas investasi?

Update terbaru: Legal! Snack Video Kantongi Izin PSE dari Kominfo

Sementara terkait aplikasi android, Kominfo adalah lembaga pemerintahan yang paling tepat untuk menjelaskannya. Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan, sampai saat ini Kominfo belum menemukan adanya keluhan pengguna maupun aktivitas ilegal dari aplikasi Snack Video yang melanggar hukum. Kominfo akan memastikan pengguna aplikasi di Indonesia dapat terlindungi dari konten-konten negatif yang dilarang Undang-Undang.

Klarifikasi Snack Video

Dengan ramainya pemberitaan terkait OJK yang menyatakan aplikasinya ilegal, Snack Video akhirnya bersuara untuk memberikan klarifikasi. Dalam postingan di akun resmi Instagram Snack Video Indonesia menyatakan bahwa program mengundang teman #SnackUndangTeman merupakan program yang aman dari penipuan karena memberikan hadiah tanpa mengharuskan pengguna membayar uang dalam aplikasi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pengguna memperkenalkan Snack Video kepada teman-temannya dan terus menikmati konten kotribusi kreator.

Snack Video menyatakan akan secara ketat mematuhi hukum dan peraturan Indonesia dan bekerja sama dengan pihak berwenang di Indonesia untuk menciptakan lingkungan media sosial yang aman dan nyaman. Selain pernyataan di Instagram belum ada informasi Snack Video datang ke OJK dan Kominfo untuk memberikan klarifikasi.

Klarifikasi Snack Video ilegal

Apakah Snack Video Lembaga Investasi?

Entah atas pertimbangan apa OJK Sultra menyatakan Snack Video sebagai sebuah tawaran investasi. Padahal Snack Video merupakan aplikasi berbagi video pendek sama seperti TikTok. Interface dan cara berinteraksi di media sosial ini hampir sama. Jika kamu tahu TikTok, maka bayangkan saja Snack Video sama persis dengan TikTok karena memang sangat mirip. Lalu kenapa TikTok tidak pernah dinyatakan sebagai entitas investasi ilegal?

Perlu kamu tahu, TikTok beberapa bulan lalu juga membuat program undang teman dapat uang tapi tidak viral seperti Snack Video. Dari setiap undangan teman yagn berhasil, pengguna akan mendapatkan uang Rp 7.000. Program ini sekarang sudah berakhir. Selama program berlangsung tidak pernah ada keluhan dan laporan dari masyarakat yang dirugikan. OJK dan Kominfo juga tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Kenapa begitu Snack Video bikin program yang sama langsung heboh?

Selain itu, program undang teman dapat uang sudah lazim bagi aplikasi yang ingin mendapatkan peningkatan jumlah pengguna. Lembaga keuangan resmi di bawah OJK juga melakukan hal yang sama dengan menawarkan undang teman dapat uang atau referral. Saya ambil contoh di antaranya adalah AstraPay, MauCash, Akseleran, KoinWorks, Investree, Bibit dan lain-lain.  

Nah Snack Video sendiri aplikasi entertainment bukan lembaga investasi jadi tidak perlu izin dari OJK. Perizinan aplikasi diatur oleh Google Play Store daengan pengawasan oleh Kominfo. Izin di Indonesia biasanya hanya izin usaha kantor, iklan, pajak dan lain-lain. Contoh nyatanya, investasi ilegal seperti VTube dan TikTokCash tidak lolos dan tidak tersedia aplikasinya di Google Play Store.

Lagipula, Snack Video tidak menghimpun dana masyarakat. Pendaftaran aplikasi tinggal instal di Play Store dan gratis. Setelah itu tidak ada permintaan untuk menyetor uang sepeser pun untuk mendapatkan atau menarik hadiah uang. Jadi tidak ada aliran dana investasi ke Snack Video.  

Apakah Snack Video Money Game dan Skema Ponzi?

Alasan OJK Sultra menyebut Snack Video ilegal karena ada dugaan money game perlu analisa lebih jauh. Apakah benar Snack Video menjalankan money game layaknya investasi bodong? Mari kita lihat apakah betul aplikasi ini money game.

Pertama, dari pendaftaran Snack Video gratis alias tidak meminta orang untuk membayar sejumlah uang. Siapapun bisa menginstal aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store atau Apple Store.

Kedua, Snack Video tidak pernah meminta pengguna untuk melakukan deposit sejumlah uang sebagai modal atau investasi. Aplikasi ini bukan memiliki tujuan utama menghasilkan uang, tapi sebenarnya aplikasi hiburan atau entertainment, sama seperti media sosial atau game online.

Ketiga, tidak ada level atau multi level keanggotaan di Snack Video. Apalagi yang mengharuskan orang untuk membayar sejumlah uang agar bisa naik level dan memungkinkan perputaran uang antar anggota. Praktek seperti ini dijalankan oleh aplikasi ilegal VTube yang mengharuskan orang membeli VTube Poin (VP) agar bisa naik level dan mendapat janji pendapatan lebih besar.

Di VTube, anggota juga hanya bisa mencairkan uang dengan cara menjual VP ke member lain atau downline. Artinya, agar bisa mencairkan uang anggota harus merekrut downline. Sedangkan, VTube menerapkan potongan biaya pada setiap transaksi yang ada. Siapa yang diuntungkan dari skema Ponzi ini? Pemilik VTube.

Keempat, tidak ada permintaan menyetor sejumlah uang agar bisa melakukan penarikan uang dari hadiah undang teman dapat uang. Ketika saldo mencukupi untuk minimal penarikan, maka bisa ditarik ke rekening DANA, OVO atau GoPay. Penarikan dana tanpa pungutan biaya sepeser pun.

Dengan empat hal tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak ada perputaran uang antar anggota di Snack Video. Artinya Snack Video bukan aplikasi money game dan bukan skema Ponzi. Anggota hanya akan mengeluarkan uang hanya jika dia ingin membeli item premium berupa gift virtual yang akan diberikan kepada pengguna lain saat live streaming. Ini merupakan bisnis aplikasi yang sebenarnya.

Pengalaman Saya Menghasilkan Uang Rp 56 Juta dari Snack Video

Saya merupakan pengguna aplikasi Snack Video. Saya ingin membagikan pengalaman saya dalam menjalankan aplikasi berbagi video pendek ini. Dengan menjalankan aplikasinya saya bisa memberikan testimoni nyata, tanpa rekayasa.

Saya sendiri seorang yang melek investasi dan sangat anti dengan investasi bodong. Dari penawarannya saja sebenarnya sangat gampang mengenali sebuah tawaran investasi bodong atau tidak. Dalam hal Snack Video, saya melihatnya dari awal memang sebuah aplikasi entertainment. Saya lihat ini cuma bentuk lain atau nyaris sama dengan TikTok.

Seperti penjelasan di atas, saya tidak pernah mengeluarkan uang sepeser pun saat menjalankan aplikasi Snack Video. Sebaliknya saya mendapatkan uang yang cukup besar dari program referral ajak teman dapat uang. Dari program ini, saya sudah mengumpulkan saldo kas di satu akun sebesar Rp 56,9 juta.

Pendapatan jutaan rupiah dari snack video
Penghasilan 56 juta rupiah dari snack video

Penarikan uangnya saya lakukan per hari. Pada awal program, maksimal penarikan dana cuma mencapai Rp 50.000. Tapi belakangan ini, ada opsi penarikan dana Rp 250.000 per hari. Jadi saat ini, penghasilan saya dari Snack Video sebesar Rp 250.000 per hari. Artinya untuk menarik saldo total yang saya miliki butuh waktu sekitar tujuh bulan. Mudah-mudahan penarikan uangnya lancar terus.

Bagi saya ini nilai yang sangat besar karena tidak mudah mendapatkan imbal hasil atau return investasi sebesar itu. Di Snack Video yang bukan investasi, saya malah tanpa modal. Oya saldo sebesar Rp 56,9 juta sebenarnya saya dapat mayoritas dalam waktu seminggu pertama. Dalam satu hari, ada saat saya dapat Rp 12 juta.

Penghasilan Rp 12 juta sehari dari snack video
Pengalaman dapat uang Rp 10 juta sehari dari snack video.

Penghasilan saya dari Snack Video saya tampung di OVO sebelum ditransfer ke rekening bank. Penarikan uang dari Snack Video ke akun OVO hanya butuh waktu beberapa menit, tapi pernah juga sampai beberapa jam tapi tidak sampai sehari.

Bukti pembayaran snack video masuk ke ovo Rp 250 ribu

Cara Saya Menghasilkan Uang dari Snack Video

Untuk bisa menghasilkan uang secara cepat dari aplikasi Snack Video, ada langkah-langkah yang harus dilakukan secara benar. Ikutilah cara mendaftar dan menghasilkan uang dari Snack Video berikut ini:

1. Instal Snack Video

Untuk mulai mengalirkan uang dari SnackVideo, kamu harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Instal dari link referensi agar mesin uang di aplikasi ini bisa berjalan. Bagi yang sudah terlanjur instal langsung dari Google Play Store atau Apple Store nanti akan saya jelaskan caranya agar tetap bisa menghasilkan uang.

Sebelum instal salin atau copy dulu kode 633 912 745 yang akan digunakan untuk pendaftaran. Sekarang instal aplikasinya dengan klik link di bawah ini:

Instal Snack Video

Setelah kamu klik link tersebut akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik Get money untuk lanjutkan proses instalasinya.

Cara daftar Snack Video

2. Daftar akun Snack Video

Setelah aplikasi terinstal, segera masuk ke aplikasi Snack Video dan lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor handphone/HP aktif, Gmail, Line atau Facebook. Isi juga biodata singkat dengan usia dewasa.

Cara daftar dan dapat uang

3. Masukkan Kode Undangan

Setelah mendaftarkan akun, kamu tidak bisa langsung menghasilkan uang dari Snack Video. Tandanya terlihat dari koin emas bertuliskan Rp belum bergulir dan belum menghasilkan poin setiap kamu menonton video. Untuk mengaktifkan mesin uang ini, kamu harus memasukkan atau input kode undangan. Jadi memasukan kode undangan menjadi syarat wajib bagi kamu yang bertujuan ingin menghasilkan uang dari aplikasi.

koin emas Rp dapat uang dari nonton snack video
Trik dapat uang cepat Snack Video

Untuk memasukkan kode undangan, caranya klik gambar koin emas Rp.  Lalu klik masukkan kode undangan, isi dengan 633 912 745, lalu klik Bind Now atau Ikat Sekarang. Dengan memasukkan kode undangan tersebut, kamu akan langsung mendapatkan 157.500 poin atau setara uang Rp 3.150.

Selain itu koin emas di aplikasimu yang tadinya diam, sekarang sudah bergulir dan menghasilkan poin setiap kamu menonton video beberapa detik. Tanpa memasukkan kode undangan, kamu tidak akan mendapatkan poin/uang sama sekali dari Snack Video. Jadi memasukkan kode undangan ini memang wajib jika ingin dapat uang.

Nah bagi yang sudah terlanjur instal dari Google Play Store atau Apple Store, segera klik gambar koin emas Rp.  Lalu klik masukkan kode undangan dan isi dengan 633 912 745. Klik Bind Now atau Ikat Sekarang, maka koin emasmu akan bergulir dan dapat bonus Rp 3.150.

Kode undangan snack video
Kode undangan / kode referral Snack Video
Cara dapat uang gratis cepat
Bonus setelah memasukan kode undangan 633 912 745.

4. ­Tonton video dan hasilkan uang

Setelah koin emas di Snack Video bergulir, mulailah menghasilkan uang hanya dengan menonton video di aplikasi ini. Koin tersebut akan terus berputar ketika kamu menonton video dan menghasilkan 150 – 450 poin hanya dalam waktu beberapa detik. Jadi jika kamu menonton video di Snack Video selama satu jam sehari saja, kamu bisa memperoleh poin yang lumayan dalam satu bulan.

Selain dengan menonton video, kamu bisa mendapatkan poin dari check in setiap hari dengan nilai 1.000 poin. Kamu juga bisa dapat poin lainnya dari follow dan like video. Manfaatkan semua peluang dengan senang hati.

Saran saya nikmati Snack Video untuk hiburan, sedangkan poin yang terkumpul menjadi bonus buat kamu. Gunakan aplikasi ini terus atau minimal 20 menit per hari. Nikmatilah aplikasi ini sebagai hiburan untuk meredakan stres atau ketegangan setelah seharian bergelut dengan pekerjaan.

5. Sumber penghasilan terbesar Snack Video

Agar bisa cepat mengumpulkan uang dari Snack Video, kamu harus memanfaatkan fitur yang bisa memberi pendapatan uang terbesar. Fitur tersebut adalah undang teman baru. Dalam fitur ini, kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp 52.000 dari setiap orang yang daftar Snack Video atas undanganmu.

Kamu akan mendapatkannya bertahap. Rinciannya, ketika teman kamu instal Snack Video, kamu akan langsung memperoleh uang Rp 12.600. Selanjutnya jika teman kamu menonton video selama dua hari, kamu akan mendapatkan uang lagi sebesar Rp 28.000. Lalu jika teman kamu terus menonton video di hari berikutnya, pendapatan kamu akan bertambah Rp 12.000 lagi.  

Trik rahasia dapat uang jutaan rupiah dari aplikasi android

Ini sumber pendapatan yang sangat besar. Bayangkan saja jika setiap hari kamu bisa mengundang 3 orang teman untuk daftar Snack Video, maka pendapatan kamu sebesar Rp 157.800 per hari. Artinya dalam sebulan, kamu akan memperoleh uang Rp 4.734.000. Sedangkan jika kamu berhasil mengundang 10 orang per hari, pendapatanmu dalam sehari akan mencapai Rp 526.000 dan dalam sebulan bisa memperoleh Rp 15.780.000. Woow! Angka itu bisa melebihi rata-rata gaji PNS.   

Baca juga: Cara Atasi Koin Snack Video Tidak Berputar

Lalu bagaimana caranya mengundang teman? Buka lagi koin emas Rp, lalu klik Undang teman baru dan dapatkan uang, kirimkan link beserta kode undangan kamu ke berbagai media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain. Undang dan ajak temanmu untuk menghasilkan uang bersama-sama. Ingat, dari satu orang teman saja yang daftar, kamu bisa dapat uang Rp 52.600. Semakin banyak teman semakin banyak uang yang bisa kamu peroleh.

6. Gift Virtual dari Siaran Langsung atau Live

Kamu bisa mendapatkan uang banyak dengan melakukan siaran langsung atau live di Snack Video. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan misalnya berbagi tutorial berdandan, menyanyi, menari, curhat atau bahkan berjualan baju. Saat kamu live, orang menonton akan memberikan apresiasi dalam bentuk gift. Gift virtual tersebut bermacam-macam seperti bunga, love, makanan, minuman, handphone atau mobil.

Untuk mendapatkan gift itu, mereka harus membeli diamond dengan harga yang beragam. Sebagai contoh, tanda love senilai 1 diamond, sate 20 diamond, nasi goring 30 diamond, handphone 50 diamond dan mobil 1999 diamond. Harga diamond sebanyak 70 diamond senilai Rp 16.000, 490 diamond Rp 109.000, 1.400 diamond Rp 309.000, 4.200 diamond Rp 990.000 dan 7.000 diamond Rp 1.585.317.  

Jika siaran kamu memang menarik, mereka tidak akan segan-segan memberikan gift mahal buat kamu. Nah dari gift yang terkumpul itu, kamu bisa menukarkannya dengan uang. Semakin banyak mendapat gift, semakin besar pula uang yang kamu peroleh.

Cara Mencairkan Uang dari Snack Video

Setelah memiliki saldo yang cukup, kamu bisa menarik uangnya dari aplikasi. Penarikan uang bisa kamu lakukan jika sudah memiliki saldo minimal Rp 15.000. Penarikan uang dengan nominal lainnya yakni Rp 30.000, Rp 40.000 dan Rp 50.000. Pengalaman saya menggunakan Snack Video, saldo minimal untuk penarikan uang bisa terkumpul dalam waktu satu hingga dua hari saja.

Untuk melakukan penarikan, klik koin emas Rp lagi. Pada angka saldo rupiah, klik menarik. Selanjutnya pilih nominal uangnya dan klik tarik. Pastikan nomormu aktif karena ada permintaan untuk verifikasi nomor HP.

Masukkan kode OTP dan lanjutkan penarikan uang dengan memilih rekening penampungnya yakni Gopay, OVO dan DANA. Pilih salah satu saja. Lalu Tarik dan tunggu beberapa saat pembayaran ung dari Snack Video akan masuk. Setelah uangnya masuk ke Gopay, OVO dan DANA, kamu bisa menggunakannya untuk bertransaksi atau bisa juga mentransfernya ke rekening bank kamu.

Selamat kamu sudah bisa menghasilkan uang dari handphone. Lanjutkan terus. Nikmati hiburan dari Snack Video minimal 20 menit per hari dan jadikan bonus uang yang terus mengalir ke rekeningmu sebagai penyemangat. Keren!!! 

Kesimpulannya OJK sebenarnya masih mempelajari dan belum mengambil keputusan apapun terkait status Snack Video ilegal dan berpotensi merugikan masyarakat atau tidak. Tapi pengalaman saya sendiri menggunakan Snack Video tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Sebaliknya saya bisa menghasilkan uang gratis jutaan rupiah dari aplikasi penghasil uang ini. Ini hanya pilihan saja, mau memanfaatnya peluang yang nyata dan tanpa risiko rugi, atau hanya mau jadi penonton dan pemerihati saja. Happy Cuan !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *