Photo by Tonik on Unsplash

Pelajaran Berharga dari Pandemi: Segeralah Perkuat Bisnis Digital!

Diposting pada

Semuanya serba tiba-tiba. Akhir tahun lalu, virus Corona Covid-19 baru muncul di China, sebuah pandemi yang terasa sangat jauh dari kehidupan kita saat itu. Tapi dalam sekejap virus sudah menginfeksi seluruh negara. Perekonomian sektor riil lumpuh. Bisnis berguguran dan jutaan orang di-PHK. Saat inilah, orang-orang menyadari kembali betapa pentingnya bisnis digital yang lebih tahan resesi.

Mau dapat pulsa gratis jutaan rupiah? Baca tutorialnya di sini: Pulsa Gratis WeSing

Di masa pandemi ini, hampir semua sektor bisnis terpukul. Tapi tentu saja ada sektor-sektor bisnis tertentu yang justru bersinar di tengah perekonomian yang suram. Sektor farmasi, telekomunikasi, konsumer dan juga bisnis digital merupakan beberapa di antaranya.

Bisnis digital mampu bertahan di saat krisis ekonomi melanda. Saat pemerintah menggaungkan phisical distancing dan Work From Home (WFH), sektor-sektor riil langsung kelabakan. Apa yang mau dijual ke konsumen ketika semua orang berdiam diri di rumah.

Sebaliknya, mereka yang bergerak di bisnis digital justru menikmati keuntungan yang berlipat-lipat. Saat masyarakat dipaksa untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, semuanya dilakukan serba digital. Hampir semua aktivitas dilakukan tanpa perlu bertatap muka, tanpa perlu bersentuhan secara fisik, tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

Segala aktivitas beralih ke online. Tak terbayang jika pandemi terjadi di zaman saat belum ada internet. Resesi yang terjadi pasti akan berkepanjangan dan butuh waktu lama untuk pulih. Maka berterima kasihlah pada Leonard Kleinrock. Tanpa dia, bisnis digital yang ada sekarang mungkin tidak akan terlihat.

Baca juga:

Pandemi telah memberikan kita pelajaran berharga tentang pentingnya membangun bisnis digital yang kuat. Jika kita ingin memiliki usaha yang defensif, mau tidak mau kita harus memperkuat bisnis digital. Sekarang atau menunggu semakin terlambat.

Namun tentu tidak mudah mengubah mindset dari bisnis konvensional ke bisnis digital. Peralihan ke bisnis digital juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan investasi yang tidak sedikit. Tapi suka tidak suka kita harus melakukannya agar bisa lebih tenang menjalani bisnis di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *