Facebook Pay Bakal Kolaborasi dengan Gopay, OVO dan LinkAja

Diposting pada

Layanan dompet digital di Indonesia bakal semakin ramai dengan hadirnya Facebook Pay. Perusahaan milik Facebook tersebut tengah berancang-ancang masuk ke Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra lokal. Rencananya, Facebook Pay akan menggandeng GoPay, OVO dan LinkAja.

Facebook Pay sendiri baru hadir pertama kali pada November 2019. Namun belum banyak ekspansi yang dilakukan oleh layanan pembayaran mobile ini. Indonesia menjadi salah satu tujuan utama Facebook Pay mengingat negara ini menjadi salah satu pengguna terbesar Facebook di dunia.

Dengan pasar yang besar, Facebook Pay ingin ikut mencicipi kue yang sudah digarap oleh perusahaan dompet digital lainnya. Untuk itu, Facebook Pay akan menggandeng perusahaan lokal sebagai mitra. Mereka di antaranya adalah GoPay, OVO dan LinkAja.

Indonesia akan menjadi proyek pertama Facabook Pay. Tentu ada banyak pertimbangan kenapa Indonesia yang dipilih bukan negara dengan jumlah penduduk terbesar lainnya seperti China atau India. Indonesia dinilai lebih menarik karena penduduknya yang aktif menggunakan media sosial. Pengguna media sosial cenderung lebih melek teknologi dan layanan pembayaran digital.

Facebook Pay juga sudah berkomunikasi dengan Bank Indonesia sebagai regulator layakan keuangan di Indonesia. Perusahaan lokal juga menyatakan minatnya untuk berkolaborasi dengan Facebook Pay.

Facebook Pay bisa digunakan di platform WhatsApp, Messenger dan Instagram. Jumlah pengguna media sosial tersebt di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta.

Baca juga:

Di Amerika, Facebook Pay telah menggandeng PayPal dan Stripe. Sebelumnya perusahaan global seperti WeChat Pay dan Samsung Pay sudah masuk ke Indonesia dengan menggandeng perusahaan lokal. WeChat Pay menggandeng Yap (e-money milik BNI) pada tahun 2018. Samsung Pay berkolaborasi dengan DANA dan GoPay pada 2019. Shopee Pay juga telah masuk ke Indonesia pada tahun lalu.

Apa Itu Facebook Pay?

Facebook Pay dirancang untuk memfasilitasi pembayaran di Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Awalnya hanya tersedia untuk penggalang dana, pembayaran orang-ke-orang, pembelian tiket, pembelian dalam game, dan beberapa pembelian dari halaman dan bisnis di Marketplace Facebook.

Namun rencana berkembang dengan menjadikan Facebook Pay ke lebih banyak orang dan tempat, termasuk untuk digunakan di Instagram dan WhatsApp. Layanan, yang berbeda dari Facebook Calibra dan Libra adalah dibangun pada infrastruktur keuangan yang ada dan kemitraan.

Baca juga:

Kamu bisa menambahkan metode pembayaran, lalu gunakan untuk melakukan pembayaran atau pembelian di aplikasi Facebook. Siapkan aplikasi-per-aplikasi Facebook Pay, atau pilih untuk mengaturnya untuk digunakan di seluruh aplikasi. Melihat riwayat pembayaran, mengelola metode pembayaran, dan memperbarui pengaturan di satu tempat.

Saat ini, Facebook Pay dapat digakses di bagian pengaturan aplikasi Facebook atau Messenger. Caranya buka pengaturan > Facebook Pay di aplikasi atau situs web Facebook. Facebook mengatakan tidak akan secara otomatis mengatur Facebook Pay di aplikasi yang kamu gunakan secara aktif kecuali jika kamu memilih untuk melakukannya. Di Amerika Serikat, Facebook Pay mendukung sebagian besar kartu debit dan kredit dan PayPal.

One thought on “Facebook Pay Bakal Kolaborasi dengan Gopay, OVO dan LinkAja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *