Cara Cepat Pinjam Modal Usaha Rp 10 Juta Hingga Rp 500 Juta dari KoinWorks

Diposting pada

IDRbizz.com | Di tengah persaingan yang kian ketat, seorang pengusaha dituntut untuk terus melakukan pengembangan bisnis dan ekspansi. Dalam hal ini, seseorang kerap terkendala modal. Untuk mengatasi kekurangan modal, tawaran pinjaman modal usaha dari KoinWorks bisa menjadi salah satu solusinya.

Satu hal yang pasti, untuk mempertahankan eksistensi bisnis dalam jangka panjang, tak cukup jika kita hanya mengandalkan apa yang sudah ada tanpa usaha untuk mengembangkannya. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus berinovasi dan mengembangkan sayap.

Dunia usaha memang penuh romantika. Suka dukanya harus dilalui. Jatuh bangun dalam membangun bisnis harus dilewati. Gali lubang, tutup lubang asal tetap profit sah-sah saja. Berutang itu tidak haram, asal kita mampu mengembalikannya. Asal pinjaman itu digunakan untuk kebutuhan produktif, bukan konsumtif.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Bahkan dalam menganalisa prospek sebuah perusahaan, analis ekonomi kerap memandang perusahaan yang rajin berhutang, menandakan perusahaan tersebut produktif dan terus berekspansi sehingga memiliki prospek yang bagus. Tentu saja, harus dilihat juga perbandingan antara utang dan ekuitasnya masih ideal.

Dalam jangka panjang, dana hasil utang yang telah diinvestasikan akan memberikan pendapatan perusahaan yang jauh lebih besar. Secara otomatis, perusahaan akan memperoleh laba yang lebih besar. Ini jauh lebih baik ketimbang membiarkan perusahaan bergerak stagnan dan bahkan menurun performanya karena tidak memiliki modal untuk mengembangkan bisnis.

Kasusnya sama dengan pemerintah yang terus menambah utang setiap tahun untuk menambal anggaran belanja dan pendapatan negara (APBN). Jika dana tersebut dipergunakan untuk membangun infrastruktur seperti pembangunan bandara, pelabuhan, jalan raya, maka dampak positifnya akan dirasakan dalam jangka panjang dalam bentuk kenaikan pendapatan masyarakat.

Ini berbeda kasusunya dengan seseorang yang meminjam uang untuk kebutuhan konsumtif misalnya berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ketika uang habis, maka tidak ada harapan adanya tambahan pendapatan dari apa yang sudah dibelanjakan. Tujuannya hanya jangka pendek. Sedangkan beban pengeluaran yang harus ditanggung untuk membayar utang semakin besar.

Sekali lagi, berutang tidaklah haram. Asalkan dipergunakan untuk kebutuhan produktif, bukan konsumtif. Nah, jika Anda tengah membutuhkan pinjaman uang untuk mengembangkan usaha atau bisnis, pinjaman modal dari KoinWorks bisa menjadi pilihan yang menarik.

Apa Itu KoinWorks?

PT Lunaria Annua Teknologi dengan brand usaha bernama KoinWorks merupakan perusahaan Peer to Peer Lending (P2P) di Indonesia yang pertama kali mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Secara sederhana, KoinWorks menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan pencari pinjaman (peminjam). Kantor pusat KoinWorks beralamat di Jalan Sungai Gerong No 1-1A Unit 5B, Jakarta Pusat 10230.

Perusahaan ini berdiri sejak Januari 2016. Namun sejak berdiri hingga saat ini, KoinWorks berkembang sangat pesat dengan kenaikan jumlah investor setiap bulan rata-rata 25%. Di akhir tahun 2017, ini total investor dari KoinWorks tercatat sebanyak 25.603 investor.

KoinWorks merupakan perusahaan startup yang menjadi bagian dari Asosiasi Fintech Indonesia.  Perusahaan ini menghubungkan investor dengan peminjalm dalam sebuah platform teknologi yang mutakhir.

Jangkauan KoinWorks juga sangat luas dari Jakarta, Bandung, Surabaya hingga Medan bisa menikmati layanan perusahaan ini. Dalam hal ini, KoinWorks menggunakan sistem penilaian pinjaman dengan standar perbankan sehingga keamanan investasi di KoinWorks lebih terjamin.

Pinjaman Bisnis KoinWorks

Seperti dijelaskan di awal tulisan ini, KoinWorks menghubungkan antara pemodal dengan peminjam uang. Dalam hal ini, ada tiga jenis pinjaman yang ditawarkan oleh KoinWorks yakni pinjaman bisnis (Koin Bisnis), pinjaman pendidikan (Koin Pintar) dan pinjaman kesehatan (Koin Sehat).

Pinjaman KoinWorks merupakan pinjaman online tanpa jaminan sehingga memudahkan orang untukmendapatkannya. Kali ini, saya hanya akan membahas pinjaman bisnis atau Koin Bisnis saja. Di lain waktu, mungkin akan saya bahas juga Koin Pintar dan Koin Sehat.

Pinjaman bisnis KoinWotks diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis baik bisnis online maupun offline. KoinWorks menjanjikan pinjaman bisnis yang diberikan akan lebih mudah, murah dan cepat diperoleh dibandingkan dengan pinjaman perbankan.

Baca juga: Step By Step Berinvestasi di Koinworks Dengan Keuntungan Tiga Kali Lipat Deposito

Pinjaman bisnis dari KoinWorks bisa dipergunakan untuk mendukung modal usaha guna meningkatkan inventori produk atau peningkatan peralatan produksi. Dengan begitu, utang yang diberikan mampu membantu Anda untuk mengembangkan bisnis agar lebih maju lagi. Pinjaman bisnis dari KoinWorks diberikan hingga maksimal Rp 500 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 24 bulan.

Simulasi Pinjaman, Cicilan dan Bunga KoinWorks

Pinjaman KoinWorks memberikan bunga yang cukup terjangkau yakni di kisaran 0,75% hingga 1,67% per bulan. Bunga tersebut lebih ringan dari bunga kartu kredit atau kredit tanpa agunan (KTA) yang ditawarkan oleh perbankan.

Berikut ini simulasi jumlah pinjaman dan cicilan yang harus dibayar dari KoinWorks:

1. Pinjaman Rp 10 juta tenor 12 bulan

Jika Anda mengajukan pinjaman modal Rp 10 juta dalam jangka waktu pinjaman 12 bulan (12 kali cicilan), maka dana yang akan Anda peroleh bukan genap Rp 10 juta tapi Rp 9,6 juta. Potongan Rp 400 ribu merupakan biaya provisi.

Selanjutnya Anda harus membayar cicilan selama 12 bulan senilai kisaran Rp 908 ribu hingga Rp 923 ribu.

2. Pinjaman Rp 30 juta tenor 12 bulan

Jika Anda mengajukan pinjaman modal Rp 30 juta dalam jangka waktu pinjaman 12 bulan (12 kali cicilan), maka dana yang akan Anda peroleh bukan genap Rp 30 juta tapi Rp 29 juta. Potongan Rp 1 juta merupakan biaya provisi.

Selanjutnya Anda harus membayar cicilan selama 12 bulan senilai kisaran Rp 2,72 juta hingga Rp 2,77 juta.

3. Pinjaman Rp 50 juta tenor 12 bulan

Jika Anda mengajukan pinjaman modal Rp 50 juta dalam jangka waktu pinjaman 12 bulan (12 kali cicilan), maka dana yang akan Anda peroleh bukan genap Rp 50 juta tapi Rp 48,9 juta juta. Potongan Rp 1,1 juta merupakan biaya provisi.

Selanjutnya Anda harus membayar cicilan selama 12 bulan senilai kisaran Rp 4,54 juta hingga Rp 4,62 juta.

4. Pinjaman Rp 100 juta tenor 12 bulan

Jika Anda mengajukan pinjaman modal Rp 100 juta dalam jangka waktu pinjaman 12 bulan (12 kali cicilan), maka dana yang akan Anda peroleh bukan genap Rp 100 juta tapi Rp 96,9 juta. Potongan Rp 3,1 juta merupakan biaya provisi.

Selanjutnya Anda harus membayar cicilan selama 12 bulan senilai kisaran Rp 9,08 juta hingga Rp 9,23 juta.

5. Pinjaman Rp 500 juta tenor 24 bulan

Jika Anda mengajukan pinjaman modal Rp 500 juta dalam jangka waktu pinjaman 24 bulan (24 kali cicilan), maka dana yang akan Anda peroleh bukan genap Rp 500 juta tapi Rp 479,9 juta. Potongan Rp 20,1 juta merupakan biaya provisi.

Selanjutnya Anda harus membayar cicilan selama 24 bulan senilai kisaran Rp 24,58 juta hingga Rp 25,34 juta.

Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis KoinWorks

Sebelum mengajukan pinjaman ke KoinWorks, sebaiknya pastikan bahwa Anda memang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnis. Lalu periksa kondisi keuangan Anda. Pastikan Anda akan  mampu membayar cicilan pinjaman.

Dalam pengajuan pinjaman bisnis KoinWorks ada beberapa data yang harus Anda persiapkan:

1. Usaha Anda sudah berjalan minimal selama dua tahun. Lalu pastikan juga lokasinya. Saat ini, KoinWorks baru melayani area Jakarta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Apabila berada di luar area Jabodetabek, Anda harus menunggu platform KoinWorks tersedia untuk daerah Anda di kemudian hari.
2. Siapkan rincian usaha Anda. Siapkan informasi dasar dan informasi keuangan selama setahun terakhir. Semakin banyak informasi yang bisa Anda berikan, semakin mudah dan cepat proses evaluasinya.
3. Beritahukan alasan dan tujuan Anda mengajukan pinjaman bisnis.
4. Beritahukan profil dan data diri Anda. Selain itu juga informasi keuangan dan informasi identitas.
5. Apabila usaha Anda berjalan melalui salah satu platform marketplace mitra KoinWorks, Anda bisa melakukan aplikasi melalui platform tersebut dan dapatkan bunga yang lebih rendah.

Sejauh ini, KoinWorks bekerjasama dengan berbagai mitra terpercaya di antaranya adalah Allianz, Lazada, Tokopedia, Bhinneka, Berrybenka, Doku, Sirclo, Hacktiv8, Digitalmarketer, Gloria, IDS, Thesa Kristal, Brow Nail Studio, Indonesia Patisserie, Savier, Binus University, Sekolah Make Up, SmileXpress, Klinik Media Nusantara dan RS Premier Bintaro.

Jika sudah mantap, mari kita lanjutkan ke cara mengajukan pinjaman bisnis KoinWorks. Pertama kali, Anda harus masuk dulu ke akun KoinWorks dengan nama email dan kata sandi yang telah didaftarkan. Langsung ke pendaftaran pinjaman bisnis lewat website KoinWorks. Lalu klik Daftar Sekarang

Isi formulir berupa: Jumlah Pinjaman, Tujuan Pinjaman dan Lama Pinjaman lalu klik Kirim.

Isi formulir Pendaftaran & Komunikasi yakni Apakah Anda merchant dari Platform rekanan kami? Jika ya mohon pilih, email, kata sandi, nomor ponsel dan kode referral (jika ada). Untuk bagian kode referral isi dengan 20904 agar permohonan Anda cepat diproses (lihat gambar di bawah).

Selanjutnya Centang Saya bukan robot. Centang Saya mendeklarasi bahwa saya adalah orang yang berwenenang untuk mewakili perusahaan ini untuk mewakili perusahaan ini untuk mengajukan pinjaman. Lalu klik Lanjutkan.

Isi formulir berikutnya di antaranya: Tipe perusahaan, nama perusahaan, merk/nama dagang, lama usaha, jumlah pemegang saham, kepemilikan saham Anda (%), alamat kantor, kode pos, kota, provinsi, nomor telepon kantor dll. Lalu klik simpan dan lanjutkan.

Isi formulir berikutnya yakni Mengenai Anda, Keuangan Usaha dan Keuangan Anda sampai selesai. Seandainya pengisian formulir dan persyaratan belum selesai, data akan tersimpan di server hingga tujuh hari. Selanjutnyam Anda bisa senantiasa melanjutkan proses pengajuan pinjaman jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap.

Berikut ini urutan proses pengajuan pinjaman KoinWorks
1. Pengajuan pinjaman secara online, proses pendaftaran hanya memakan waktu sekitar 15 menit.
2. Pra-Persetujuan. Pada tahap ini, berkas pengajuan permohonan pinjaman bisnis telah diperiksa oleh KoinWorks.
Bunga pinjaman akan diinformasikan, apabila setuju, lanjut ke proses berikutnya.
3. Unggah dokumen legal. Anda diminta untuk mengunggah semua dokumen legal yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman
4. Proses pendanaan. Pinjaman diterbitkan ke dalam sistem dan investor mulai berinvestasi.
5. Pencairan pinjaman. Setelah 100% terdanai, dalam arti sudah ada investor yang memberikan pinjaman ke Anda, dana pinjaman akan dicairkan ke rekening bank yang didaftarkan.

Dengan uraian pengajuan pinjaman bisnis KoinWorks.
Semoga sukses.

3 thoughts on “Cara Cepat Pinjam Modal Usaha Rp 10 Juta Hingga Rp 500 Juta dari KoinWorks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *