Cara Paling Gampang Mendapatkan Bitcoin Gratis Tanpa Deposit

Diposting pada

Mata uang virtual bernama Bitcoin naik daun di tahun ini. Harganya yang terus melambung membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatka bitcoin secara gratis. Yang jamak dilakukan adalah dengan faucet dan mining. Di luar itu, tak banyak yang tahu, ternyata ada cara mudah mendapatkan bitcoin gratis.

Sebelum sampai pada pembahasan cara mendapatkan bitcoin gratis tanpa mining dan faucet, ada baiknya kita berkenalan dulu denga bitcoin. Ini penting bagi mereka yang mungkin baru pernah mendengar istilah mata uang ini. Sebaliknya, bagi sebagian orang, bitcoin mungkin bukan barang asing dan sudah jadi mainan mereka beberapa tahun terakhir.

Alkisah pada tahun 2009, tepatnya pada 3 Januari,  Satoshi Nakamoto memperkenalkan 31.000 baris kode pemrograman untuk mata uang elektronik bernama bitcoin. Saat pertama kali memperkenalkan alat pembayaran ini, dunia tak begitu tertarik. Maklum, sejumlah keraguan membayangi lahirnya mata uang ini.

Melalui sistem yang diciptakannya, mata uang ini pertama kali hadir hanya sebanyak 50 bitcoin yang kemudian dikenal dengan Genesis Block. Satoshi Nakamoto sendiri yang menambang Genesis Block tersebut.

Sejak awal lahirnya bitcoin, sejumlah misteri menyelimutinya. Bitcoin sendiri tak berbentuk secara fisik tapi nyata. Ia tak bisa dilihat, tak bisa disentuh dan tak berbau. Ia hanya sebuah mata uang digital yang bisa diperoleh dengan menambang.

Begitu juga dengan penemunya Satoshi Nakamoto.  nyaris tak terlacak. Ia awalnya aktif di komunitas kriptografer yang melakukan penelitian penyandian. Namun soso Satoshi Nakamoto menglilang sejak 12 Desember 2010.

Setelah itu, pengembangan bitcoin dilakukan oleh Gavin Andresen yang terkenal dengan situ bitcoin faucet. Nama Satoshi Nakamoto pun menghilang tanpa bentuk yang dapagt dilihat oleh dunia. Ia kini hanya menjadi sebuah legenda.

Spekulasi yang beredar menyebut Satoshi Nakamoto sebenarnya adalah kriptografi terkemuka. Sedangkan nama yang digunakan adalah nama samaran dari perusahaan teknologi Samsung, Toshiba, Nakamichi dan Motorola.

Satoshi Nakamoto juga disebut-sebut bukan berasal dari Jepang. Ia juga bukan satu orang tapi merupakan sebuah tim besar. Dugaan tersebut bukan hal yang mustahil mengingat sistem bitcoin begitu rapi dan tertata. Mustahil jika hanya dirancang oleh hanya satu orang saja.

Perburuan identitas Satoshi Nakamoto belum berakhir. Orang masih berusaha mengulik sosok ini dan latar belakangnya. Beberapa kali di dunia maya, ada juga orang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto sebenarnya. Tapi publik meragukannya.

Seperti misteri bitcoin yang mengizinkan anonimitas pemiliknya, tampaknya identitas Satoshi Nakamoto juga tidak akan pernah diungkap ke publik selamanya.

Nilai Bitcoin Melonjak

Bitcoin sebagai cryptocurrency meraih puncak popularitasnya tahun ini. Pelaku pasar yang sebelumnya memandang sebelah mata, kini mulai melirik bitcoin sebagai sebuah alat investasi yang sangat menjanjikan.

Bayangkan saja, harga bitcoin melejit dan mengalahkan instrumen investasi konvensional yang selama ini sudah ada. Pada saat artikel ini ditulis 5 Agustus 2017, harga 1 bitcoin sedang mencapai puncaknya senilai USD 3.223.48 atau setara Rp 42,87 juta.

Selanjutnya harga bitcoin sempat menembus Rp 64 juta. Namun pemerintah China melarang dan menutup market utama bitcoin di negara tersebut. Sebagai pasar bitcoin terbesar di dunia, isu tersebut langsung membuat harga bitcoin terpuruk hingga Rp 39 juta. Namun hanya beberapa hari saja, harga kembali mendaki dan kini pada 2 Oktober 2017, harga satu keping bitcoin sebesar Rp 58,01 juta.

Padahal pada awal tahun 2017, harga bitcoin masih sebesar USD 979,44. Artinya harga bitcoin telah mengalami kenaikan sebesar 229,11% sejak awal tahun. Sungguh lonjakan harga yang sangat fantastis.

Badingkan saja dengan harga emas dunia yang pada tanggal yang sama senilai USD 1.264,60 atau turun 5,93% sejak awal tahun. Atau bagi yang berinvestasi di saham dalam negeri, sejak awal tahun indeks harga saham gabungan hanya naik sekitar 10%.

Wajar jika nama bitcoin sebagai mata uang digital ikut naik daun. Apalagi sebuah virus global bernama WannaCry menyerang perbankan dan lembaga keuangan dunia disertai dengan permintaan uang tebusan yang harus dikirimkan ke wallet bitcoin. Orang pun semakin penasaran dengan cryptocurrency ini.

Virus WannaCry kemudian bisa dijinakkan, namun kerugian telah diderita oleh perusahaan-perusahaan global demi mengamankan aset dan data yang dimiliki. Perusahaan yang diserang virus tersebut terpaksa menyerahkan uang tebusan yang diminta ketimbang mengeluarkan dana lebih untuk membayar tindakan guna mengatasi virus.

Hasilnya, sebuah lembaga penelitian kriminal yang berbasis di London bernama Elliptic menyebut, hacker yang menyebar WannaCry berhasil meraup 55,2 BTC atau sekitar USD 143.000 (Rp 1,9 miliar).

Bitcoin tersebut ditransfer dan dipecah ke dalam sejumlah wallet. Ini sangat aman karena pemilik bitcoin tidak harus menggunakan nama asli atau bahkan tanpa nama. Jadi kasusnya akan sulit untuk dilacak.

Kasus serangan ransomware tersebut semakin melambungkan nama bitcoin. Selain itu, bitcoin yang sebelumnya dilarang di sejumlah negara kini mulai diperlonggar. Sejumlah negara sudah mengizinkan penggunaan bitcoin.

Banyak juga perusahaa ritel global yang kini menerima pembayaran dalam bentuk bitcoin seperti Amazon dan Best Buy. Di Indonesia, bitcoin secara resmi belum diizinkan penggunaannya. Namun sejumlah tempat di Bali sudah menerima pembayaran dengan mata uang digital ini.

Dalam hukum ekonomi, demand yang meningkat akan mengerek harga. Begitu pula dengan bitcoin, ketika permintaan bitcoin meningkat, harganya akan terus melesat.

Bitcoin di Indonesia

Pernyataan sikap Bank Indonesia terhadap bitcoin dan mata uang virtual lainnya disampaikan pada Juni 2014. Kala itu, dengan memperhatikan Undang-undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang serta UU No. 23 Tahun 1999 yang kemudian diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2009, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Bank Indonesia meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya. Segala risiko terkait kepemilikan/penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik/pengguna Bitcoin dan virtual currency lainnya.

Baca: Cepat Banget Dapetin Bitcoin Gratis dari Aplikasi Legendaris

Jadi Bank Indonesia menyatakan tidak mengakui bitcoin sebagai sebuah mata uang yang sah. Namun Bank Indonesia tidak pernah melarang penggunaan atau transaksi bitcoin. Jadi hanya tidak mengakui, tapi tidak melarang. Jadi tidak perlu takut menggunakan bitcoin di Indonesia.

Langkah berani diambil oleh grup bisnis Mayapada milik konglomerat Dato Sri Tahir. Bulan Agustus lalu, Mayapada mengumumkan menerima pembayaran dengan bitcoin. Pembayaran dengan bitcoin ini bisa diterima pada beberapa unit bisnis Mayapada seperti televisi berbayar Topas TV. Tidak lama lagi, saya yakin perusahaan-perusahaan lain banyak menerima pembayaran bitcoin.

Ini menunjukkan lambat laun bitcoin akan diterima masyarakat secara luas. Ingat sesuatu yang baru kerap kali ditolak karena pemerintah belum siap dengan perubahan. Tapi toh ujung-ujung berkembang juga dan malah tak terbendung. Sebut saja beberapa yang sempat ditolak di masa jayanya seperti Facebook, BBM, Bigo Live dan lain-lain.

Trading Bitcoin

Pada dasarnya, bitcoin bisa dibeli lewat market yang ada di semua negara. Di Indonesia, misalnya, salah satu market bitcoin adalah Bitcoin.co.id. Dengan adanya market itu, semua orang bisa membeli atau menjual bitcoin secara mudah dengan konversi harga ke dalam rupiah atau dolar AS.

Jual beli bitcoin ini sangat menguntungkan bagi para trader valuta asing. Apalagi fluktuasi harga bitcoin sengat tinggi. Bagi yang suka trading, semakin fluktuatif harga, justru semakin menarik. Dari sana, para trader bisa mendapatkan cuan yang jauh lebih besar ketimbang harga yang stabil dan datar-datar saja.

Wajar jika banyak para trader valuta asing mulai trading bitcoin juga. Mereka adalah orang-orang yang paling cepat memahami adanya potensi untung berlipat dari trading bitcoin. Tak harus mata uang konvensional, bitcoin pun oke.

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis

Selain dengan membeli dan melakukan trading, bitcoin sebenarnya bisa diperoleh secara gratis. Namun tentu saja karena sifatnya gratis, kita butuh usaha yang lebih keras untuk mendapatkannya. Tapi pontensi itu ada dan sudah banyak orang-orang yang mengumpulkan bitcoin dengan cara gratis tanpa deposit.

Secara umum, cara yang paling banyak dipergunakan oleh orang untuk mendapatkan bitcoin gratis ada dua. Pertama dengan menambang atau mining bitcoin. Singkatnya, kita seperti menyewakan server untuk mendukung aktivitas transaksi bitcoin di seluruh dunia.

Ada dua cara untuk mining bitcoin, yakni dengan menggunakan perangkat komputer sendiri dengan spesifikasi khusus terutama prosesor, kartu grafis dan kartu ASIC. Komputer tersebut akan dinyalakan terus menerus selama proses mining.

Di cara ini kita akan memperoleh penghasilan dalam bentuk bitcoin gratis. Tapi sebenarnya tidak benar-benar gratis karena modal untuk membuat komputer tersebut cukup mahal. Selain itu, kita juga harus membayar biaya yang mahal untuk listrik dan air conditioner yang menyala sepanjang hari.

Jadi untuk mencapai break event point dari mining dengan komputer ini membutuhkan waktu yang cukup lama bisa lebih dari setahun. Wajar karena modal awalnya memang sudah gede.

Selain mining dengan komputer, kita juga bisa menggunakan cara cloud mining. Dalam hal ini, kita menyewa server pada pihak ketiga atau istilahnya kita diminta untuk deposit terlebih dahulu. Dengan demikian, ada biaya yang harus dikeluarkan dalam jumlah lumayan juga jika ingin mendapatkan bitcoin gratis dengan cara ini.

Selain mining cara kedua untuk mendapatkan bitcoin gratis adalah dengan metode faucet. Banyak web-web penyedia layanan seperti ini. Salah satu yang paling populer adalah Raiblock Community. Singkatnya, kita disuruh mengisi chaptca. Setiap kali mengisi captcha akan ada iklan yang muncul di halaman tersebut. Jadi sebenarnya kita dibayar karena ada iklan yang tayang.

Nah selain dengan dua cara tersebut ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan bitcoin secara gratis. Cara ini saya rasa sangat cocok terutama untuk pemula yang belum memiliki modal cukup untuk mining baik dengan komputer atau cloud mining.

Kali ini kita akan mendapatkan bitcoin gratis dengan aplikasi android bernama Whaff Locker. Ini merupakan program lanjutan dari aplikasi penghasil uang yang sudah eksis lebih dulu yakni Whaff Rewards. Jadi reputasinya tidak perlu diragukan, tak akan rugi Anda download dan instal aplikasinya. Whaff Locker akan memberikan kita pendapatan yang bsa ditarik dalam bentuk bitcoin.

Selain dicairkan dalam bentuk bitcoin, pendapatan kita dari Whaff Locker juga bisa dicairkan dalam bentuk uang cash. Terserah agan lebih suka yang mana apakah akan menerima bitcoin atau cash. Berikut ini bukti pembayaran Whaff Locker terbaru dalam bentuk cash ke rekening PayPal yang selanjutnya ditransfer ke rekening bank lokal:

http://www.whaffindonesia.com/2016/04/whaff-locker-senjata-baru-bagi-pemburu.html
http://www.whaffindonesia.com/2016/04/whaff-locker-senjata-baru-bagi-pemburu.html

INFO UPDATE DARI REDAKSI: Sejak Mei 2018, Whaff Rewards dan Whaff Locker sudah tidak lagi membayar. Mohon tidak menginstal aplikasinya lagi. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *