Cara Menjaga Agar Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Diposting pada

IDRbizz.com | Baterai pada sebuah perangkat smartphone memegang peranan sangat penting. Sumber energi ini akan menjamin Anda bisa menggunakan perangkat pintar ini untuk kebutuhan berkomunikasi. Untuk itu, dibutuhkan baterai yang tahan lama agar aktivitas kita tak terganggu. Beberapa langkah mudah menjaga agar baterai smartphone bisa bertahan lama ini bisa dicoba.

Layar smartphone yang terus menyala menyedot energi pada baterai sangat cepat. Apalagi pada AMOLED dan LCD serta penggunaan berbagai aplikasi lain. Tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar Android Anda bertahan lebih lama. Mari kita menjelajahi cara meningkatkan baterai pada smartphone Anda.

Cara Kerja Baterai Android

Kebanyakan smartphone menggunakan baterai lithium-ion atau baterai lithium polymer. Anda dapat mengisi baterai dari setiap tingkat tanpa perlu melakukan pengisian 100 persen.

Tapi pada kenyataannya, jenis baterai ini sering menghadapi masalah tegangan rendah. Sehingga sebenarnya akan lebih baik jika Anda melakukan pengisian secara bertahap misalnya dari 20 persen 90 persen daripada langsung mengisinya penuh. Meskipun ini masih jadi perdebatan.

Sebagian besar perangkat unggulan yang dirilis pada tahun 2016 tidak memiliki baterai yang bisa dilepas. Dan meskipun sebagian besar dari baterai tersebut berkekuatan mendekati 3.000 mAh, tapi masih perlu dioptimalkan, terutama untuk bermain game besar seperti Pokémon Go.

Wallpaper Hitam Dapat Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Piksel hitam gelap, sehingga piksel lebih hitam yang Anda miliki, atau piksel lebih gelap, semakin sedikit kekuatan yang diperlukan untuk menerangi layar. Sekarang, menyimpan gambar dan pergi ke pengaturan ponsel. Dari sana pilih Wallpaper memukul pilih wallpaper dan pilih wallpaper hitam.

Doze Mode

Doze mode telah ada sejak Android Marshmallow, tetapi dengan Nougat, ini telah jauh lebih ditingkatkan. Sebelumnya, doze hanya akan bekerja ketika smartphone telah diam untuk sementara. Tapi sekarang, itu juga dapat bekerja ketika sedang dipindahkan ke tempat seperti tas atau saku. Maka cahaya layar akan berhenti berjalan.

Doze mode pada dasarnya hanya menghemat baterai saat  Anda tidak menggunakannya. Hubungan jaringan putus dan sinkronisasi hanya terjadi selama interval tertentu. Saat Anda jauh dari ponsel bahkan lebih lama, lebih banyak hal yang berhenti, seperti GPS, Wi-Fi pemindaian dan semua sinkronisasi.

Kurangi Gunakan OK Google

Berhenti menggunakan telepon yang dengan cara selalu mendengarkan. Misalnya dengan pencarian suara OK Google. Google adalah fitur fantastis dan sering sangat fungsional. Masalahnya adalah bahwa hal itu dapat mendatangkan malapetaka dengan baterai Anda. Terutama jika Anda tidak benar-benar menggunakannya atau hanya menggunakannya kadang-kadang.

Pergi ke pengaturan Google dari laci app Anda dan tekan menuju suara. Pada halaman berikutnya, pilih OK Google deteksi. Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk baterai akan untick semua kotak, tetapi jika Anda seorang penggemar dari OK Google, hanya centang kotak app dari Google untuk memastikan perangkat Anda hanya mendengarkan ketika Anda di Google app.

Gunakan Aplikasi Seperlunya

Ada alasan pengembang terus-menerus memperbarui aplikasi, dan sebagian besar waktu itu adalah untuk optimasi memori atau baterai. Menjaga aplikasi Anda diperbarui juga berarti Anda memiliki optimasi terbaik yang tersedia. Demikian juga, menghapus aplikasi lama Anda tidak lagi menggunakan untuk mengurangi penggunaan RAM dan masa pakai baterai.

Jangan Gunakan Auto Adaptif/Kecerahan

Jangan menggunakan auto-kecerahan layar. Kedengarannya berguna, tetapi otomatis kecerahan biasanya lebih terang daripada yang dibutuhkan. Lebih baik untuk secara manual mengatur kecerahan dengan tingkat yang rendah namun nyaman. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya hidup baterai Anda, karena layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar.

Untuk memastikan Anda/auto adaptif kecerahan adalah pergi ke pengaturan cepat di banyak perangkat dan Anda akan melihat Auto dengan kotak di atas dan tanda cek di dalamnya. Tidak mencentang kotak ini dan mobil Anda akan pergi. Dengan beberapa perangkat Anda mungkin perlu untuk pergi ke pengaturan, kemudian ketuk layar. Dari sana Anda akan melihat kecerahan tingkat dan di dalamnya Anda akan menemukan pengaturan otomatis.

Matikan Getar dan Umpan Balik Haptic

Switch off bergetar untuk panggilan yang masuk. Kecuali jika Anda benar-benar perlu. Mematikan umpan balik haptic.

Mengatur Jadwal ‘Jangan Diganggu’ atau ‘Tidur’

Menyetel waktu tidur atau memblokir mode untuk menonaktifkan Wi-Fi dan mobile data ketika Anda tidak membutuhkannya. Jika telepon Anda pada dasarnya adalah terlarang di tempat kerja, mengatur perangkat Anda tidak berdering, bergetar atau terhubung ke internet saat Anda berada di tempat kerja. Banyak telepon memiliki suasana jangan diganggu untuk tujuan ini.

Demikian juga, Anda dapat mengatur telepon Anda ke modus pesawat ketika Anda sedang tidur atau menggunakan tidur atau memblokir mode untuk mengatur batas-batas untuk apa telepon Anda selama waktu-waktu tertentu hari, baik itu sementara kau tertidur, di tempat kerja atau dalam pertemuan.

Tidak Perlu Aktifkan Koneksi Internet 24/7

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan mobile data setiap kali Anda tidak membutuhkannya. Mematikan data lokasi, atau mengubah setelan lokasi untuk menggunakan WiFi atau 3G data daripada GPS bekerja dengan baik. Ini akan meningkatkan baterai pada perangkat Android Anda.

Hanya menghidupkan Bluetooth dan NFC selama yang Anda butuhkan mereka (meskipun mereka mengkonsumsi sangat sedikit daya), dan ada tidak perlu untuk memiliki Wi-Fi dan data mobile diaktifkan pada setiap waktu, terutama jika Anda tahu persis ketika Anda akan membutuhkan satu atau yang lain.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi banyak meskipun, mengatakan di rumah dan di tempat kerja, maka itu membuat akal sehat untuk tetap mengatur Anda Wi-Fi ‘Selalu pada saat tidur’ sebagai ini menggunakan lebih sedikit daya dibandingkan untuk memiliki Anda Wi-Fi menghubungkan kembali setiap kali Anda bangun telepon Anda. Sebagian besar ini dapat ditemukan di pengaturan cepat.

Jangan Terjebak oleh Widget

Selokan widget Anda tidak perlu, terutama yang terhubung ke internet, seperti cuaca widget. Jika Anda memiliki beberapa widget di layar rumah beberapa, yang terus-menerus sinkronisasi dan memperbarui (Twitter, reddit, cuaca, Gmail dan sejenisnya), Anda tidak melakukan baterai Anda bantuan apapun.

Jangan Gunakan Auto-Sync

Menonaktifkan auto-sinkronisasi untuk akun Google. Jika Anda tidak perlu setiap satu account Google yang diperbarui setiap 15 menit, hanya pergi ke pengaturan dan Google account dan menonaktifkan auto-sync untuk aplikasi tersebut Anda tidak perlu terus-menerus diperbarui.

Beberapa aplikasi – seperti email-membiarkan Anda secara manual me-refresh ketika Anda meluncurkan mereka, bukan berjalan auto-refresh beberapa sepanjang hari ketika Anda mungkin tidak membutuhkan mereka. Sama berlaku untuk berkicau, Reddit dan Co kecuali Anda memerlukan konstan update atau mendorong sync hanya pemberitahuan (seperti Facebook atau kalender) ketika Anda benar-benar menggunakan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *