Trik Rahasia Jawara dalam Memenangkan Permainan Mobile Legends (ML)

Diposting pada

IDRbizz.comMobile Legends (ML) tengah menjadi game android paling populer saat ini. Meski usianya masih sangat muda, Mobile Legends mampu mengalahkan dominasi game yang sudah lebih dulu hadir seperti Clash of Clans (CoC). Game kategori action ini kini bertengger di jajaran teratas.

Jika kita mencermati Google Play Store selama beberapa bulan terakhir. Di bagian aplikasi game gratis terpopuler, Mobile Legends selalu memimpin paling tidak di urutan lima besar. Bahkan kini, Mobile Legends sudah berada di urutan pertama mengalahkan Ludo King dari Gamotronix, Garena AOV dari Moba Games Private Ltd, 8 Ball Pool dari Miniclip, Top Speed dari T Bull, Subway Surver dari Kiloo dan Clash of Clans (CoC) dari Supercell.

Hingga pertengahan Agustus 2017 ini, Mobile Legends tercatat sudah diinstal 50 juta hingga 100 juta kali. Ini sungguh angka download yang fantastis untuk game berkategori muliplayer online battle arena (MOBA). Apalagi dengan melihat peluncuran game ini yang terbilang belum terlalu lama.

Mobile Legends (ML): Bang Bang saat ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Game ini baru diluncurkan oleh Moonton, sebuah developer yang berbasis di Hong Kong pada 14 Juli 2016. Jadi usianya saat ini terbilang masih sangat muda, yakni sekitar satu tahun lebih sedikit. Sementara itu, peluncuran Mobile Legends bagai para pengguna perangkat iOS (iPhone) baru  dilakukan pada tanggal 9 November 2016.

Moonton bisa dibilang sebuah perusahaan pengembang aplikasi androdi baru. Namanya baru muncul dengan mengusung game Mobile Legends tersebut. Dan sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa, game mobile ini langsung melejit di pasar game mobile.

Dengan melihat kesuksesan yang diraih saat ini, Moonton kini boleh percaya diri untuk berdiri berdampingan dengan developer raksasa seperti Supercell yang merilis Clash of Clans (CoC) dan Clash Royale, Niantic yang merilis Pokemon Go atau Nintendo yang merilis Super Mario Run.

Yang perlu kamu ketahui, Mobile Legends adalah game pertama dan satu-satunya yang dimiliki ole Moonton  hingga saat ini. Moonton saat ini berkantor di Unit 17, 9/F, Tower A, New Mandarin Plaza, No. 14 Science Museum RD, TST, KL.

Kesuksesan sebuah tentu bisa dilihat dari pendapatan yang diperoleh. Sebagai gambaran saja, menurut Prioridata.com, Mobile Legends selama bulan Juli 2017 saja mampu memberikan pendapatan sebesar US$ 4 juta atau sekitar Rp 52 miliar.

Mobile Legends Versus League of Legends

Sejak pertama kali diluncurkan Mobile Legends sebagai sebuah game strategi telah memunculkan perdebatan. Maklum game MOBA yang pertama kali diusung di ranah mobile ini sangat mirip dengan League of Legends yang merupakan jenis PC Moba games.

Permainan dengan tema epic Mobile Legends  ini sekilas memang terlihat sebagai prototype League of Legends. Pada awalnya, Tencent yang merupakan developer League of Legends tak terlalu serius menanggapi kehadiran Mobile Legends.

Namun belakangan dengan melihat kesuksesan Mobile Legends, perusahaan asal China tersebut, merasa game mobile tersebut sudah menjadi ancama serius bagi League of Legends. Tentu saja, jika dibiarkan berlarut-larut, pasar League of Legends akan tergerus meskipun perangkat yang digunakan untuk memainkan kedua game tersebut berbeda.

Tencent pun tidak ragu-ragu untuk menggugat Moonton sebagai pengembang Mobile Legends. Ia mengklaim bahwa Mobile Legends: Bang Bang telah meniru elemen-elemen penting dalam permainan League of Legends.

Tindakan tegas Tencent sangat beralasan karena League of Legends selama ini menjadi penyumbang utama pendapatan perusahaan. Pada tahun 2016 saja, pendapatan League of Legends mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 22,1 triliun.

Mobile Legends memang mengusung game MOBA pertama kalinya ke ranah mobile. Kala itu, orang-orang menilai mobile gaming akan sangat berbeda dengan console games. Maka muncul banyak keraguan jika Mobile Legends mampu memberikan kenyamanan bermain mobile game seperti console games. Salah satu alasannya, grafis yang berat pada Mobile Legends dapat mempengaruhi performa permainan pada ponsel.

Untunglah, Moonton memberikan bukti kesuksesan. Mobile Legends terbukti bisa dimainkan secara nyaman di perangkat mobile dan mampu menyedot jutaan orang untuk memainkannya.

Berkaca dari kesuksesan Mobile Legends, sejumlah developer ikut-ikutan menghadirkan game bergenre MOBA. Salah satunya adalah pengembang game terbesar di dunia saat ini, Supercell yang meluncurkan game bernama Brawl Stars pada Juni 2017.

Brawl Stars merupakan game 3 melawan 3 atau 3v3 dalam sebuah arena permainan. Dalam permainan ini, mereka harus bekerjasama dalam sebuah tim untuk mendapatkan crystal sebanyak-banyaknya dari lawan yang dikalahkan. Brawl Stars merupakan permainan MOBA yang memang disiapkan untuk menyaingin Mobile Legends.

Selain Supercell, Garena Indonesia beberapa waktu yang lalu juga meluncurkan game mobile MOBA bernama Mobile Arena. Game ini juga digadang-gadang menjadi pesaing utama Mobile Legends.

Beberapa game MOBA lain yang tersedia di perangkat mobile di antaranya Heroes Storm, Vainglory, Ace of Arenas, Bug Heroes 2, Plants War, Heroes of Order & Chaos, Heroes of Destiny, Soul of Legends, Void Goes Farmin, We Heroes – Born to Fight, Heroes of SoulCraft dan Legendary Heroes.

Strategi Mobile Legends Biar Menang Terus

Sebagai sebuah game online yang bisa dimainkan secara berkelompok, Mobile Legends telah menciptakan kecanduan tersendiri bagi para pemainnya. Selalu ada kepuasan jika berhasil memenangkan laga, namun kekalahan juga kadang tak bisa dihindari. Tapi inilah seni bermain game online.

Tapi setidaknya ada sejumlah strategi yang biasa diterapkan oleh para gamer dalam bermain Mobile Legends agar bisa berjaya. Strategi yang bisa saya rangkum di antaranya adalah wajib membeli item tertentu seperti item serangan (attack), item kecepatan bergerak (moving speed) dan lain-lain.

Strategi lainnya yang bisa diterapkan yakni memilih hero yang tepat dengan lawan. Dalam permainan Mobile Legends, pembentukan formasi dalam sebuah tim sangat penting. Maka disarankan, dalam sebuah tim Mobile Legends harus ada 1 tanker, 1 support, 1 marksman, 1 nuker/magic, 1 ganker/assasin/fighter.

Untuk sebuah game MOBA, sebuah kemenangan akan diraih jika ada kerjasama tim yang bagus. Tanpa itu, jangan berharap bisa memenangkan laga dengan mudah. Jadi kesampingkan dulu sikap individualis dan bekerjasama lah dengan tim demi meraih kemenangan.

Sedangkan dalam melakukan penyerangan, harus diingat bahwa fokusnya adalah untuk menghancurkan tower dan minions musuh. Jangan sampai terlalu asyik memburu dan membunuh lawan tapi melupakan tugas utama untuk memenangkan permainan.

Selain strategi tersebut tentu saja masih banyak strategi lain yang bisa diterapkan untuk memenangkan permainan Mobile Legends. Semakin sering memainkan game ini, kemampuan menyerang dan bekerjasama dengan tim juga akan semakin terasah. Dari sana, skill bermain Mobile Legends akan terbangun secara alamiah.

Item Premium Mobile Legend Yang Wajib Dimiliki

Salah satu strategi penting dalam bermain Mobile Legends adalah membeli item premium yang tepat agar hero menjadi lebih kuat dan bisa mengalahkan musuh yang dihadapi. Mobile Legends sendiri menyediakan sejumlah item premium yang bisa dimiliki oleh setiap orang yang bermain game ini.

Sejauh ini ada lima item premium utama yang dimiliki oleh Mobile Legends sehingga permaian strategi ini menjadi lebih menarik. Item premium tersebut adalah Serangan (Attack), Pertahanan (Defence), Kelincahan (Movement), Sihir (Magic) dan Hutan (Jungle).

Item Attack tentu saja cocok bagi Anda yang senang menggunakan hero dengan karakter attack yang kuat. Item attack akan membuat daya serangan semakin dahsyat. Mobile Legends menyediakan sejumlah item Attack yang bisa dibeli yaitu pisau sihir (magic blade), pedang jatuh (fallen sword), pisau mematikan (deadly blade), kekuatan es (ice force), pemburu angin (wind chaser).

Ada juga gigi keserakahan (tooth of greed), pertarungan tanpa akhir (endless battle), sengatan berduri (thor’s sting), hantu merah (scarlet phantom), sabit penggila (crazed reaper), pisau keputusasaan (blade of despair) dan serangan pemburu (hunter strike).

Selanjutnya adalah item Defence yang sangat cocok untuk hero berbasis defence. Ada sejumlah item premium pertahanan yang bisa dimiliki di Mobile Legends yaitu benteng keberanian (courage bulwark), pisau armor (blade armor), sayap setan (demon wings), helm terkutuk (cursed helmet), raja haus  darah (bloddthirsty king), mendatangkan setan (demon’s advent).

Ada juga peramal (oracle), perlindungan suci (saint’s refuge), dominasi es (dominance ice), keabadian (immortality), kekuatan dada pembabi buta (brute force breastplate) dan hati baja (heart of steel)

Item selanjutnya yang bisa dimiliki adalah Movement. Item premium ini sangat cocok untuk Anda yang suka menggunakan hero dengan gerak lincah. Ada sejumlah item yang bisa ditambahkan untuk menambah daya movement dan kekuatannya yaitu sepatu prajurit (warrior boots), sepatu intelijen (tough boots), sepatu sihir (magic shoes), sepatu misterius (arcane boots), sepatu tangkas (swift boots) dan sepatu cepat (rapid boots).

Bagi yang lebih menyukai penggunaan hero penyihir, maka item Magic sangat perlu untuk ditambahkan. Ada sejumlah item Magic yang harus dimiliki agar daya sihir semakin kuat yaitu jimat mempesona (enchanted talisman), tongkat matahari (sun scepter), bulu surga (feather of heaven), togkat astral (astral wand).

Ada pula peninggalan malaikat (guardian relic), energi terkonsentrasi (concentrated energy), embun beku (frost), api kemarahan (flame of fury), sabit pembawa bencana (celemity  scythe), tongkat kekekalan (eternal scepter), sayap berdarah (blood wings) dan sekilas waktu (fleeting time).

Item berikutnya Jungle sangat cocok untuk Anda yang suka menggunakan hero berbasis penjelajah hutan. Sejumlah item yang wajib ditambahkan yakni pecahan bintang (star shard), pembunh monster (beast killer) dan perang pemangsa (raptor machete).

Cara Mendapatkan Diamond Mobile Legends

Untuk membeli item premium Serangan (Attack), Pertahanan (Defence), Kelincahan (Movement), Sihir (Magic) dan Hutan (Jungle) pada Mobile Legends, Anda harus melakukan pembelian diamond terlebih dahulu. Pembelian diamond Mobile Legends dapat dilakukan dengan menggunakan pulsa berbagai operator seluler. Tapi tentu saja, Anda harus merogoh uang dalam jumlah tidak sedikit untuk membeli pulsa.

Berikut ini harga diamond Mobile Legends
50 diamonds = Rp.15.000
250 diamonds = Rp.75.000
500 diamonds = Rp.149.000
1000 diamonds = Rp.299.000
1500 diamonds = Rp.439.000
2500 diamonds = Rp.740.000
5000 diamonds = Rp.1.499.000

Nah sebenarnya ada cara mendapatkan diamond gratis. Jadi tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, mereka bisa menjadi jawara di berbagai game termasuk Mobile Legends. Caranya dengan menginstal aplikasi yang memberi rewards berupa Google Play Giftcard. Namun, Anda harus jeli dalam memilih aplikasi rewards yang betul-betul membayar.

Hobi bermain game adalah sebuah hiburan, jangan sampai membebani keuangan.

Happy Gaming !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *