Kenali Fitur Khusus Google Yang Tersedia Selama Bulan Ramadan

Diposting pada

Di bulan Ramadan, banyak orang yang mencari konten bernuansa islami. Sebagai raksasa mesin pencari, Google Indonesia pun meluncurkan berbagai fitur baru untuk mendukung ibadah puasa. Dengan begitu, aktivitas menjelajahi dunia maya tetap selaras dengan puasa yang dijalankan.

Apalagi Google Indonesia mencatat, aktivitas mengakses internet di bulan puasa justru meningkat. Terutama, browsing dengan menggunakan smartphone naik hingga 28%. Akses internet dengan menggunakan ponsel sendiri mencakup 83% dari total pengguna internet di Indonesia.

Sejumlah fitur baru yang diluncurkan Google Indonesia akan berlangsung selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadan. Fitur tersebut meliputi lini bisnis utama Google yakni Google Search, Google Maps dan Youtube dan Google Photos.

Untuk penggunaan Google Search, pengguna yang mencari informasi tertentu terkait Ramadan, cukup hanya dengan memasukkan kata kunci Ramadan. Maka sejulah konten terkait Ramadan seperti menu berbuka puasa, jam buka puasa, jam imsak akan tersaji secara cepat. Pencarian juga bisa dilakukan dengan menggunakan perintah suara “OK Google”.

Untuk mendukung pencarian lokasi di bulan puasa, Google Maps akan menyajikan informasi akurat tentang lokasi masjid, restoran dan lain-lain. Untuk pencarian restoran untuk berbuka puasa misalnya, Google bekerjasama dengan Qraved dan Chope menghadirkan informasi lokasi dan reservasi secara cepat.

Fitur ini memberikan kemudahan orang untuk melakukan reservasi hingga memilih meja makan di restoran tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu terburu-buru menuju restoran untuk mengejar waktu berbuka puasa.

Untuk jejaring berbagi video Youtube, ada fitur Ramadan Shift. Fitur ini berisi konten yang sesua dengan tema bulan Ramadan. Jadi Anda bisa terhindar dari konten video yang bisa membatalkan ibadah puasa. Selain itu Youtube juga menghadirkan youdle seperti doodle pada Google Search dengan tema Ramadan.  

Untuk fitur Google Photos, pengguna dapat membuat album bersama dengan anggota keluarga atau rekan kerja yang bisa disimpan di smartphone dan dibagikan lewat media sosial. Ini bisa menjadi album untuk menyimpan memori ibadah puasa yang berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *