Berkesan Menolong, 5 Aplikasi Android Ini Justru Wajib Dihapus

Diposting pada

Sejumlah aplikasi android tanpa kita sadari telah mengambil sebagian ruang penyimpanan dan mempengaruhi kinerja baterai. Aplikasi-aplikasi tersebut terkesan sebagai aplikasi wajib instal untuk menolong pengguna smartphone dari sejumlah masalah. Tapi fakta yang terjadi malah sebaliknya dan aplikasi tersebut sebaiknya Anda uninstal sekarang juga.

Sejumlah persoalan justru timbul saat kita menggunakan aplikasi tersebut. Selain memakan ruang dan mengurangi kinerja baterai, aplikasi tersebut juga membutuhkan data untuk menjalankannya.

Bukan cuma itu, seringkali aplikasi android yang kita pasang itu juga memberikan pop up iklan yang tidak kita inginkan. Yang paling parah, imbas dari semua itu adalah performa ponsel secara keseluruhan merosot.

Anda mungkin masih sayang untuk menghapus aplikasi tersebut karena janji sejumlah manfaat yang akan diperoleh, tapi percayalah Anda tak rugi ketika mencopot aplikasi tersebut.

Berikut ini lima aplikasi android yang wajib diuninstal sekarang juga:

1. Aplikasi yang menjanjikan dapat memberikan ruang lebih longgar pada RAM

Sebuah aplikasi yang kita pasang di perangkat android tentu saja akan memakan ruang RAM serta membutuhkan energi baterai, bahkan jika dalam kondisi siaga. Alasan itulah yang menjadi ide kemunculan aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan ruang penyimpanan secara sistematis. Sayangnya, aplikasi ini justru memperburuk masalah.

Aplikasi tersebut bekerja dengan cara me-restart aplikasi-aplikasi yang ada. Memori dan baterai digunakan untuk me-restart aplikasi. Tindakan secara konstan untuk menutup dan restart aplikasi tersebut dapat membuat telepon Anda tidak stabil.

Padahal sebenarnya, sistem android mampu mengelola penggunaan RAM secara otomatis dan tahu kapan untuk menjalankan sebuah aplikasi atau tidak. Sehingga aplikasi pihak ketiga sebenarnya tidak diperlukan.

2. Aplikasi untuk membersihkan atau Clean Master

Aplikasi pembersihan ini menjanjikan dapat membersihkan telepon Anda agar performanya meningkat. Sementara benar bahwa aplikasi dihapus kadang-kadang meninggalkan beberapa cached data, tapi sebenarnya tidak perlu menginstal aplikasi pembersih. Caranya cukup menuju ke pengaturan atau Setting ponsel > penyimpanan > sentuh data cache. Pada prompt, Hapus cache data, tekan OK.

Atau, Anda dapat menghapus cache setiap aplikasi dengan cara masuk ke pengaturan > Apps > diunduh dan menekan pada aplikasi. Di halaman berikutnya, tekan Hapus Cache.

Aplikasi Clean Master dan sejenisnya seringkali memerlukan banyak daya baterai, dan iklan di aplikasi mereka memiliki potensi untuk mengerogoti pake data internet. Segera hapus aplikasi tersebut demi kenyamanan Anda.

3. Aplikasi Antivirus

Perangkat Android dan Play Store sudah dapat melakukan segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah aplikasi antivirus. Untuk perlindungan pencurian, Android Device Manager juga bekerja dengan aman tanpa memerlukan sebuah aplikasi tambahan.

Lagipula jika sebuah aplikasi menyimpan sebuahmalware, Google akan melalukan pengecekan secara otomatis melalui Play Store.

Jadi aplikasi Android antivirus hanya berguna jika Anda sering men-download dan menginstal file APK yang diperoleh di luar Play Store.

4. Baterai savers

Serupa dengan aplikasi penguat RAM, aplikasi yang menjanjikan dapat menghemat penggunaan baterai sebenarnya tidak berguna. Aplikasi ini menawarkan solusi untuk salah satu masalah smartphone paling dibenci di dunia dan janji mukjizat. Padahal sebenarnya aplikasi tersebut hanya sebuah papan reklame yang akan menyajikan beragam iklan ke ponsel Anda.

Untuk benar-benar meningkatkan masa pakai baterai, Anda harus mengurangi permintaan energi dari sistem operasi dan semua menjalankan layanan dan aplikasi.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai yang benar adalah buka pengaturan baterai. Temukan aplikasi dengan konsumsi tertinggi dalam daftar tersebut dan menghapusnya. Pertimbangkan prioritas dalam menentukan mana aplikasi yang akan dipertahankan dan harus dihapus.

5. Aplikasi bloatware dari produsen

Sejumlah smartphone memiliki banyak aplikasi pra-instal yang merupakan bawaan pabrik. Kadangkala aplikasi tersebut tidak kita perlukan tapi tetap tak dapat dihapus. Padahal mereka memakan ruang penyimpanan dan menyedot data internet.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan uninstal jika memungkinkan. Hal tersebut bisa dilakukan pada ponsel Huawei dan Honor. Sedangkan pada ponsel lain, Anda dapat masuk ke pengaturan, manajer aplikasi, piliha aplikasinya. Lalu hapus update aplikasi dan hapus data pada alikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *