Cara Memblokir Nomor Telepon Yang Mengganggu Pada Ponsel Android

Diposting pada

Kamu mungkin kerap terganggu dengan panggilan telepon dari sales asuransi di sela-sela deadline pekerjaan. Atau barangkali mantan pacar yang belum bisa move on masih terus menelpon. Tak perlu risau, ada cara mudah untuk memblokir panggilan telepon yang tidak kita inginkan.

Jika kita pernah mendaftar kartu kredit, entah kenapa telepon dari berbagai sales layanan keuangan terus menerus datang. Ada yang menawarkan asuransi, kartu kredit, KTA, pinjaman dengan jaminan BPKB dan lain-lain.

Gosip yang beredar data kita dijual oleh pihak marketing. Meski hal tersebut sulit dibuktikan karena hal tersebut sejatinya melanggar aturan. Data yang disampaikan nasabah bank tidak boleh dibagikan ke pihak lain di luar perjanjian yang disepakati.

Nah jika nomor handphone kita sudah tersebar kemana-mana, telepon yang datang sangat mengganggu. Mereka bisa menelpon pagi, siang atau sore saat kita sedang dikejar deadline.

Adakalanya kita menyampaikan maaf karena sedan sibuk, tapi mereka akan mencoba menelpon lagi di lain waktu. Yang paling menyebalkan adalah meski kita sudah menolak, mereka tetap nerocos dan memaksa kita untuk mendengarkan penjelasan mereka tentang produk yang ditawarkan terlebih dahulu.

Maaf saja, kalau sudah menolak secara baik-baik, tapi tetap maksa, biasanya saya langsung tutup telepon tanpa bicara apa-apa lagi. Meskipun saya juga menghargai profesi sales memang mengharuskan mereka melakukan trik-trik untuk menjaring nasabah.

Nah soal mantan pacar yang masih sering menelpon tentu juga sangat mengganggu. Ketika putus jalinan komunikasi memang harus tetap dijaga tapi bukan berarti tetap intens, sudah bukan waktunya lagi.

Penolakan-penolakan terhadap telepon seseorang yang tidak kita inginkan kadangkala tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kita sudah mencapai titik yang tidak bisa ditolerir lagi, mau tidak mau, kita harus melakukan pemblokiran telepon yang masuk dari nomor tertentu.

Pada ponsel android, pemblokiran telepon masuk bisa dilakukan lewat berbagai cara. Tapi pada jenis dan tipe smartphone tertentu, caranya mungkin berbeda-beda. Berikut ini cara memblokir panggilan telepon yang masuk sesuai jenis ponsel yang dimiliki:

1. Google Dialer (Nexus, Google Pixel)

Google memberikan kemudahan bagi seseorang untuk memblokir panggilan telepon spam melalui Google Dialer. Tetapi, fitur ini hanya tersedia jika kamu memiliki smartphone Nexus atau Google Pixel.

Dialer app mungkin sudah tersedia di Play Store, tapi layanan tersebut tidak berlaku bagi merek ponsel lain.  Tapi bukan tidak mungkin, aplikasi ini juga tersedia bagi perangkat android lain di kemudian hari.

Untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal aplikasi Google Dialer terlebih dahulu. Instal di sini: Google Dialer
Untuk memblokir setiap nomor, cukup ikuti langkah-langkah sederhana:

1. Buka Google Dialer
2. Tekan tombol menu di sebelah ikon mikrofon di  bagian atas aplikasi
3. Sentuh Pengaturan/Setting
4. Tekan memblokir panggilan/Call blocking
5. Sentuh tambahkan nomor handphone/Add a number
6. Masukkan nomoryang ingin diblokir.

Kamu juga dapat memblokir nomor dengan hanya memilih  dari daftar panggilan telepon yang masuk terakhir. Lalu pilih blok.

2. Samsung (S4 Galaxy S5, S6, Note 4)

Berikut ini cata untuk memblokir semua panggilan dari nomor telepon pada perangkat Samsung Lollipop:

1. Sentuh Phone app, Call Log, kemudian nomor Anda ingin diblokir.
2. Selanjutnya, tekan More di bagian kanan atas, kemudian Add to auto reject list.
3. Jika suatu saat ingin mengubah pemblokiran, tekan Remove from auto reject list

3. Stock Android (Nexus 5, Nexus 6, Moto X, Moto G)

Android Lollipop maupun Marshmallow memiliki fitur blocking panggilan yang terintegrasi. Namun mungkin fitur blocking terintegrasi ini akan tergantung pada operator selulernya juga.

Untuk memeriksa jika kamu memilikinya, membuka aplikasi telepon, ketuk nomor yang ingin diblokir, kemudian ketuk rincian, dan kemudian tombol Menu di bagian kanan atas. Jika operator kamu mengizinkan memblokir telepon, maka akan muncul keterangannya Add to blacklist atau Reject call.

Ada solusi lain untuk memblokir nomor telepon pada pengguna Lollipop atau Marshmallow. Proses ini pada dasarnya juga sama untuk KitKat.

1. Simpan nomor yang ingin diblokir sebagai kontak.
2. Selanjutnya, masuk ke aplikasi telepon, tekan Contacts, lalu ketuk nama mereka.
3. Ketuk ikon pensil di samping ikon menu, kemudian di depan layar ketuk ikon menu di bagian kanan atas dan All calls to voicemail. Maka panggilan dari nomor tersebut akan selalu masuk ke voicemail.

Alternatif lainnya adalah dengan menginstal aplikasi Call Blacklist – Call Blocker di sini: Call Blacklist

4. HTC (One M7, One M8, One M9)

Seperti Samsung, HTC telah membuat cara super mudah untuk memblokir panggilan, dan mengelola nomor diblokir. Untuk memblokir panggilan dari nomor telepon HTC caranya:

1. Masuk ke aplikasi telepon, kemudian masuk ke Call History atau ketuk ikon pencarian untuk menemukan nomor yang Anda inginkan untuk diblokir.
2. Tap agak lama pada nomor yang ingin diblokir, kemudian ketuk memblokir penelpon.
3. Untuk mengelola kontak yang diblokir, ketuk ikon menu di bagian atas kanan dari aplikasi telepon. Di sini kamu dapat menambahkan atau menghapus kontak yang diblokir, dan bahkan melihat kapan telepon kamu memblokir pesan dan panggilan dari kontak ini.

5. Sony (Xperia Z2, Xperia Z3, Xperia Z3 Compact)

Seri Xperia Z tidak memiliki fitur memblokir panggilan secara built-in. Jadi kamu harus menggunakan solusi Lollipop untuk memblokir nomor. Caranya dengan mengnduh Call Blacklist di sini: Call Blacklist.

Atau bisa juga dengan mengirim nomor yang tidak diinginkan langsung ke voicemail. Untuk melakukan hal ini:

1. Tekan semua aplikasi > kontak kemudian nama kontak yang kamu ingin diblokir.
2. Setelah Anda sudah mengetuk nama kontak, tekan ikon Edit, kemudian Menu, kemudian mengalihkan semua panggilan ke Voicemail.

6. LG (G2, G3, G4)

Ponsel LG memiliki beberapa alat yang bagus untuk memblokir nomor telepon. Jika LG kamu berjalan pada Lollipop dan menerima panggilan dari nomor yang ingin diblok, cukup dengan mengeser jari kamu dari tengah menuju ikon merah ponsel, seret ikon telepon merah ke pusat sebaliknya. Ini akan menambah nomor tersebut ke dalam ‘Call reject list’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *