Google Doodle Hari Ini Merayakan Hari Ulang Tahun Pramoedya Ananta Toer ke-92

Diposting pada

Hari ini, Senin 6 Februari 2017, Google Doodle Indonesia merayakan hari ulang tahun penulis Pramoedya Ananta Toer. Google Doodle berupa gambar bergerak dengan format GIF itu menggambarkan Pramoedya tengah mengetik naskah novel dengan mesin ketik lama.

Google menandai hari lahir Pramoedya sebagai hari yang bersejarah bagi lahirnya seorang patriot bangsa. Hingga akhir hayatnya pada 30 April 2006, Pramoedya telah menulis lebih dari 50 karya.

Loading...

Salah satu masterpiece Pramoedya adalah Bumi Manusia yang merupakan novel pertama dari Tetralogi Pulau Buru. Karya-karya Pramoedya bukan hanya dinikmati oleh penggemar sastra Tanah Air bahkan internasional. Setidaknya, novel Pramoedya telah diterjemahkan ke dalam 41 bahasa asing.

Pramoedya lahir di Blora Jawa tengah pada 6 Februari 1925. Ia mengalami secara langsung masa kolonial Belanda dan Jepang. Hal itulah yang menginspirasi cerita utama dalam novel-novelnya selama ini.

Pramoedya pernah mengikuti kelompok militer para masa kemerdekaan. Ia pernah di penjara oleh Belanda pada tahun 1948-1949. Selama masa itu, ia tetap produktif menulis.

Selanjutnya pada masa pemerintahan Presiden RI Soeharto, Pramoedya dipenjara tanpa proses pengadilan di Nusakambangan dan dipindahkan ke Pulau Buru. Ia dipenjara karena karya tulisnya dianggap berhaluan komunis. Karya-karya Pramoedya juga dilarang beredar dan dibakar.

Pramoedya dibebaskan pada 21 Desember 1979 namun masih dikenakan tahanan rumah hingga 1992 dan tahanan kota hingga 1999.

Pada tahun 1995, Pramoedya mendapatkan Ramon Magsaysaya Award. Meskipun, penghargaan ini sempat diprotes oleh kalangan sastrawan Indonesia seperti Taufik Ismail.

Berikut ini Google Doodle Ulang Tahun Pramoedya Ananta Toer

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *