Pokemon Go dan Clash Royale Menjadi Game Baru Dengan Pendapatan Terbesar di 2016

Diposting pada

Pokemon Go dan Clash Royale menjadi game mobile paling populer sepanjang tahun 2016. Tentu saja pendapatan kedua game tersebut juga sangat besar. Dua game tersebut menjadi game baru yang meraih pendapatan terbesar di tahun 2016. Tapi siapakah yang meraih pendapatan lebih besar antara Pokemon Go dan Clash Royale?

Mendengar pendapatan para developer game yang sangat besar memang bukan hal aneh. Wajar jika 90% pendapatan Google Play berasal dari game. Game mobile menopang bisnis play store milik Google ini. Demikian juga di Apple Store, lebih dari 80% total pendapatannya diperoleh dari game.

Bisnis game mobile game merupakan bisnis besar. Tak heran jika para pengembang aplikasi terus berlomba-lomba meluncurkan game yang mampu menarik minat banyak orang. Ujung-ujungnya tentu akan banyak orang juga yang membeli item premium di game tersebut.

Namun peroleh pendapatan sebuah game juga saling salip menyalip. Game yang meraih pendapatan paling besar tahun lalu belum tentu meraih penghasilan teratas juga di tahun ini. Uniknya, beberapa game yang baru dirilis bisa langsung melejit dan mendominasi pasar. Contohny adalah Pokemon Go dan Clash Royale.

Clash Royale memulai debut internasional pada 2 Maret 2016 yang tersedia pada perangkat iOS dan Android. Clash Royale dikembangkan oleh developer raksasa asal Finlandia bernama Supercell. Perusahaan sama yang meluncurkan Clash of Clans beberapa tahun lalu.

Seperti pada Clash of Clans, setiap orang dapat bermain Clash Royale secara gratis. Namun ketidaksabaran seseorang dalam bermain akan mengarahkannya membeli item premium untuk mempercepat permainan.

Demikian juga dengan Pokemon Go. Game yang baru diluncurkan pada 6 Juli 2016 ini juga dapat dimainkan oleh siapa saja secara gratis. Namun para pengguna game produksi Niantic ini akan tergoda untuk membeli item premium demi meningkatkan kualitas permainan.

Dua game tersebu bersaing ketat di Google Play Store. Begitu juga soal pendapatan, Pokemon Go dan Clash Royale hanya berselisih tipis. Menurut data Sensor Tower, Pokemon GO adalah permainan kelima paling menguntungkan tahun 2016.

Di urutan berikutnya setelah Pokemon Go adalah Clash Royale. Sedangkan yang menduduki urutan pertama adalah Monster Strike, kedua Clash of Clans, ketiga Game of War dan keempat Mobile Strike.

Dari sisi jumlah pengguna aktif kedua aplikasi game tersebut juga bersaing ketat. Pokemon Go memiliki jumlah tertinggi pengguna aktif bulanan di iOS dan Android. Sedangkan Clash Royale menempati tempat kelima pada iOS dan keenam pada Android.

Source: Sensortower

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *