Jangan Asal Gabung BBM Channel, Ini Bahayanya

Diposting pada

Beberapa hari terakhir, pengguna aplikasi layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) banyak yang menerima undangan untuk bergabung dengan BBM Channel. Undangan tersebut seolah dikirimkan oleh teman Anda. Namun waspada lah, undangan BBM Channel tersebut spam.

Sebenarnya kita bisa sedikit lebih kritis ketika menerima undangan BBM Channel tersebut. Pertama tidak adanya nama channel yang dibagikan. Sangat tidak wajar, jika ada orang membuat sebuah BBM Channel tanpa memiliki nama. Lantas bagaimana orang bisa mengetahui channel yang kita bikin?

Keluhan mengenai undangan BBM Channel itu rupanya banyak dijumpai di internet. Saya sendiri mendapatkan beberapa undangan BBM Channel dari teman dekat. Tapi ketika saya tanyakan, dia merasa tidak mengirimkan pesan tersebut. Dan tidak sedang membuat BBM Channel.

Ada juga yang menerima undangan BBM Channel seolah-olah update BBM ke versi terbaru agar bebas kuota. Padahal, update aplikasi BBM hanya bisa dilakukan lewat Google PlayStore. Jadi sudah pasti informasi itu palsu.

Sebaiknya jika Anda menemukan pesan undangan BBM Channel tersebut, abaikan saja. Saya yakin tidak ada manfaatnya bagi Anda untuk menuruti undangan tersebut untuk bergabung dengan channel yang ditawarkan.

Orang yang menyebarkan spam undangan BBM Channel kemungkinan sedang membangun channel dengan anggota sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, channel tersebut bisa dijual ke pihak-pihak yang membutuhkannya untuk berpromosi misalnya orang yang berbisnis online atau bahkan partai politik yang tengah mengusung calon di Pilkada. Jika demikian, BBM kita bakal menerima pesan-pesan iklan yang tak diharapkan.

Lewat akun Twitter resmi BBM, admin sudah memberikan peringatan yang berbunyi: Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung dan menyebarkan akun channel palsu C0035E285, seperti pada gambar di bawah ini.

Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung dan menyebarkan akun channel palsu C0035E285, seperti pada gambar di bawah ini. Terima kasih. pic.twitter.com/DzT6vN4Xld

— BBM (@BBM) January 20, 2017

Di forum-forum memang jamak ditemui orang yang menjual BBM Channel dengan tarif tertentu. Semakin banyak anggota BBM Channel yang dimiliki semakin mahal pula harganya.

Sebenarnya kasus seperti ini bukan hanya terjadi di BBM. Di Facebook undangan bergabung dengan grup tertentu sangat sering kita temui. Parahnya, orang bisa menambahkan begitu saja akun kita ke grup Facebook tertentu tanpa perlu melakukan izin atau konfirmasi.

Ada juga orang membuat akun Facebook personal dengan foto cewek seksi atau cowok super ganteng lalu melakukan undangan ke banyak orang. Dengan foto yang sangat menarik, ia dengan segera mendapatkan konfirmasi pertemanan.

Setelah jumlahnya mencapai maksimal 5.000 teman, dia akan membuat akun berbeda dengan foto orang lain yang berbeda pula hingga jumlahnya mencapai maksimal 5.000 teman. Beberapa akun Facebook yang sudah memiliki teman masing-masing 5.000 orang kemudian digabungkan menjadi satu dan diubah menjadi grup atau fanspage yang bisa dijual ke pihak-pihak yang membutuhkannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *