Cara Menghapus Cache di Android Agar Tersedia Ruang Memori Untuk Instal Aplikasi

Diposting pada

Anda mungkin sering mengalami kegagalan saat akan menginstal aplikasi baru di Google Play Store karena memori smartphone yang penuh. Biasanya ada permintaan untuk menghapus data atau aplikasi yang tidak perlu. Tapi Anda pasti akan berpikir dua kali jika ingin menghapus file, foto, video atau aplikasi penting.

Solusi yang biasa dicari adalah menggunakan aplikasi android yang menjanjikan dapat membersihkan smarphone dari data tidak penting sehingga ruang di memori penyimpanan menjadi lebih longgar. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menjanjikan hal tersebut.

Sayangnya, berdasarkan pengalaman saya, kemampuan aplikasi tersebut tidak seindah apa yang dijanjikan. Alih-alih membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan, kehadiran aplikasi tersebut malah menambah beban dan memunculkan banyak iklan-iklan yang tak perlu.

Bagi saya, solusi terbaik untuk mengatasi persoalan memori penyimpanan yang kurang adalah dengan menghapus cache, history, file dan data lainnya.

Penggunaan tempat penyimpanan data di smartphone pada setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang memori ponselnya penuh karena berisi file MP3 lagu-lagu dan video K-Pop. Para pehobi selfie mungkin memenuhi penyimpanan smartphone dengan foto-foto diri dengan resolusi tinggi.

Ada juga para gamers yang memenuhi smartphone dengan berbagai macam game, sehingga tidak tersisa lagi ruang untuk menginstal aplikasi tambahan.

Jika ingin memberikan ruang yang cukup mau tidak mau kita harus menyeleksi file, foto, video atau aplikasi yang jarang dipergunakan dan tidak terlalu penting. Artinya, harus ada prioritas mana yang akan dipertahankan dan mana yang sebenarnya tidak perlu lagi.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memberikan ruang yang cukup di memori adalah dengan memberihkan aplikasi-aplikasi yang dimiliki dengan cache.

Cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Singkatnya, cache dimaksudkan akan menyimpan data yang pernah diakses sehingga apabila ada data sama yang ingin diakses maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.

Menghapus cache akan memberikan manfaat jangka pendek bagi tersedianya ruang penyimpanan di smartphone. Cara menghapus cache adalah dengan masuk ke daftar aplikasi dengan banyak data.

Caranya masuk ke Menu Pengaturan
Klik pada aplikasi
Menemukan semua tab
Pilih aplikasi yang mengambil banyak ruang
Klik tombol Hapus Cache

Cara tersebut hanya dilakukan pada satu aplikasi. Sedangkan untuk membersihkan cache semua aplikasi sekaligus, ikuti langkah berikut ini:

Masuk ke Pengaturan
Klik pada Storage> Cache Data atau Data yang disimpan
Layar akan meminta konfirmasi untuk menghapus semua yang disimpan dalam cache. Konfirmasi dan save untuk menghapus konten tersebut.

Dengan menghapus Cache, setidaknya akan tersedia tambahan ruang di memori ponsel. Anda juga dapat membaca cara lain untuk mengurangi memori dan mempercepat kinerja smartphone di sini: Cara Stop Update Aplikasi Secara Otomatis Agar Android Tidak Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *