7 Cara Share Lokasi Paling Akurat Melalui Ponsel Android

Diposting pada

Bersyukurlah. Teknologi telah memberikan kita segala kemudahan. Salah satunya adalah share location atau berbagi lokasi secara akurat agar orang bisa menemukan kita dengan mudah. Share lokasi dengan menggunakan ponsel android ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Sebenarnya fitur share lokasi ini tersedia di semua ponsel android. Sayangnya masih banyak orang tidak tahu  adanya fitur tersebut. Maka jangan heran karena masih banyak orang yang harus menelpon berkali-kali ketika ada janji ketemu dengan orang lain.

Ia harus memastikan lokasi yang dituju, petunjuk jalan beserta ancer-ancer dan lain-lain. Bayangkan berapa banyak pulsa yang terbuang sia-sia.

Di zaman android, rasanya hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Dengan catatan, Anda mengetahui cara melakukan share lokasi. Setelah itu, andalkan kemampuan dalam membaca peta dan lokasi secara benar.

Adanya fitur share lokasi pada beberapa aplikasi android memang memberikan banyak kemudahan. Terutama ketika kita harus memberitahukan sebuah lokasi kepada orang lain belum pernah berkunjung ke lokasi tersebut.

Dengan adanya fitur share lokasi, informasi bisa kita berikan secara tepat dengan peta dan lokasi GPS yang akurat. Dengan begitu keberadaan lokasi kita akan sangat mudah ditemukan oleh orang lain.

Fitur share lokasi sendiri sebenarnya mengandalkan kemampuan maps yang tersedia baik dari Google Maps atau aplikasi maps yang lain. Jadi informasi yang disajikan akurat serta dilengkapi dengan petunjuk jalan jika kita membutuhkannya.

Aplikasi maps tersebut kemudian diterapkan pada aplikasi pesan instan atau mesengger. Dari sana, pesan berisi share lokasi akan dibagikan kepada orang lain. Share lokasi bisa dibuka dan menjadi petunjuk penting bagi orang lain untuk menemukan lokasi yang dituju.

Ada banyak cara untuk melakukan share lokasi dengan menggunakan ponsel android. Berikut ini saya sajikan tujuh cara share lokasi paling akurat yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel android.

1. WhatsApp

WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia. Jika Anda menggunakan WhatsApp, share lokasi bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Langkah yang perlu dilakukan pertama kali adalah membuka pesan WhatsApp yang ditujukan pada orang yang akan diberikan informasi lokasi kita. Lalu di bagian atas percakapan ada gambar paperclip. Tap gambar paperclip tersebut.

Ada beberapa menu pilihan yang ditampilkan seperti dokumen, kamra, galeri, audio, lokasi dan kontak. Pilih Lokasi. Anda akan dibawa ke halaman maps. Pastikan GPS telah diaktifkan. Lalu pilih lokasinya dan tap Kirim lokasi Anda saat ini.

 

2. Line

Jika Anda menggunakan layanan pesan instan Line, share lokasi juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Caranya masuk ke menu percakapan dengan orang yang akan diberikan informasi lokasi Anda.

Di bagian pokok kira bawah, tap tanda + (plus). Tampilan layar akan menyajika menu seperti pilih perpustakaan, ambil gambar, pilih fil dari perpustakaan, ambil film, pesan suara, info kontak, berbagi lokasi, snap movie dan ailis.

Pilih menu Berbagi Lokasi. Setelah itu Anda dibawa masuk ke maps. Pilih lokasi yang dimaksud dengan cara tekan beberapa detik (pin). Lalu akan muncul tulisan Berbagi lokasi, tap tulisan tersebut. Share lokasi pun berhasil dilakukan.

 

3. BBM

Jika Anda menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), share lokasi juga bisa dilakukan sangat mudah. Caranya buka percakapan dengan orang yang akan dikirimkan lokasi Anda.

Lihat bagian paling bawah ada deret menu yang ditampilkan. Pilih tanda panah di pojok kanan untuk melihat menu lainnya. Lalu pilih lokasi. Anda masuk ke maps dan pilih lokasi yang sesuai dan kirimkan.


4. SMS

Jangan bilang layanan short message service (SMS) barang jadul ya. Kita bisa lo melakukan share lokasi dengan layanan SMS. Caranya juga cukup mudah.

Bukan pesan SMS, lalu pilih tanda paperclip di bagian pojok kiri bawah. Ada beberapa pilihan lampiran yang tersedia. Pilihah lokasi (maps). Kirimkan lokasi yang sesuai dengan posisi Anda saat ini.



5. Hangouts

Hangouts merupakan aplikasi pesan instan yang dimiliki oleh Google. Jika Anda menggunakan ponsel Android biasanya sudah tersedia aplikasi ini langsung dari pabrik. Maklum, Android merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Google. Jadi aplikasi yang dimiliki Google menjadi aplikasi wajib atau bawaan pabrik.

Untuk berbagi lokasi dengan orang lain juga bisa dilakukan dengan Hangouts. Caranya masuk ke pesan dengan orang yang akan diberi info lokasi. Di bagian pojok kanan bawah ada gambar titik fokus. Tap gambar tersebut dan Anda akan dibawa masuk ke maps. Pilih lokasi yang sesuai dengan cara tekan beberapa detik (pin), lalu kirimkan.


6. Google Maps

Google Maps juga aplikasi bawaan pabrik. Sama seperti Hangout, aplikasi ini hampir selalu tersedia di perangkat android. Share lokasi juga bisa dilakukan dengan sangat mudah lewat Google Maps.

Caranya buka aplikasi Google Maps. Cari lokasi di maps yang akan dibagikan. Tekan dan tahan selama beberapa detik pada peta yang dituju (pin). Setelah muncul icon pin atau tap gambar tersebut, dan pilih bagikan. Ada banyak pilihan untuk share lokasi yang tersedia termasuk layanan pesan instan yang sudah disebutkan di atas atau dengan email.




















7. Facebook Messenger

Anda juga bisa menggunakan Facebook Messenger untuk share lokasi. Caranya buka pesan pada orang yang dituju. Lihat di sisi kanan kotak pesan Anda akan melihat simbol lokasi GPS, tekan tombol tersebut.

Jika Facebook meminta Anda untuk mengubah lokasi untuk Messenger tekan “turn on”. Sekarang setiap kali Anda mengirim pesan, akan ada tanda lokasi Anda. Penerima pesan hanya perlu menekan pesan untuk melihat dari mana pesan itu dikirimkan. Lalu, dia dapat memilih “Lihat peta” di percakapan Messenger untuk tampilan yang lebih rinci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *