10 Alasan Yang Menjadikan Android Lebih Baik dari iOS

Diposting pada

Hingga saat ini, Android dan iOS menjadi sistem operasi mobile paling banyak dipergunakan di dunia. Keduanya memiliki sejumlah kelebihan dan tentu saja kekurangan. Namun ulasan berikut ini akan menempatkan android sebagai sistem operasi yang lebih baik ketimbang iOS. Ini juga bisa menjadikan pertimbangan ketika kamu akan memilih handphone berbasis android atau iOS.

Sistem operasi merupakan software utama untuk mengatur dan mengontrol perangkat mobile. Sebelum android dan iOS menjadi jawara tak terkalahkan, sejumlah sistem operasi pendahulunya lebih dulu populer.

Beberapa tahun silam sistem operasi symbian merajai pasar. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Symbian Ltd yang merupakan hasil kolaborasi perusahaan-perusahaan raksasa seperti Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion. Di masa keemasannya, mayoritas handphone yang saat ini disebut dengan feature phone menggunakan sistem operasi symbian.

Sistem operasi mobile lainnya yang juga pernah menduduki peringkat teratas adalah BlackBerry. Ini merupakan sistem operasi ekslusif yang dimiliki oleh perangkat BlackBerry. Dengan ekslusifitasnya, BlackBerry sempat menjadi primadona. Sayangnya, popularitas sistem operasi dan perangkatnya terus memudar dan tak mampu bersaing di pasar.

Ada juga Windows Mobile yang dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan adaptasi sistem opersi Windows 8. Sejumlah smartphone mengusung sistem operasi ini, tapi kalah bersaing dengan android dan iOS.

Sedangkan android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux yang dikembangkan oleh Android Inc dengan pendanaan daro Google. Android kemudian dibeli sepenuhnya oleh Google. Sistem operasi ini dirilis resmi pertama kali pada tahun 2007.

Instagram Android

Selanjutnya iOS atau sempat dikenal dengan nama iPhone OD adalah sistem operasi ekslusif untuk perangkat Apple. Sistem operasi ini juga diluncurkan pertama kali pada tahun 2007.

Seiring berjalannya waktu, android dan iOS menempati posisi teratas. Dua sistem operasi tersebut paling diminati oleh pasar. Namun dengan mempertimbangkan sejumlah alasan, android layak menjadi pemenang dalam persaingan ini.

Berikut ini alasan kenapa android lebih baik daripada iOS:

1. Android memiliki lebih banyak aplikasi

Di Google Play Store, kamu dapat menemukan beragam aplikasi untuk perangkat android yang sebagian besar di antaranya merupakan aplikasi gratis. Sedankan App Store adalah pasar aplikasi untuk perangkat Apple (iOS).

Ada lebih banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store daripada di App Store. App Store saat ini memiliki sekitar 2 juta aplikasi, sedangkan Google Play Store memiliki 2,5 juta aplikasi.

Selain lebih banyak aplikasi di Google Play Store, secara umum, aplikasi yang digtawarkan gratis. Dari total 2,5 juta aplikasi untuk Android, sekitar 2,3 juta di antaranya tersedia gratis.

2. Android lebih mudah disesuaikan

Beberapa orang cukup puas dengan keseragaman yang ditawarkan oleh iOS. Sedangkan di perangkat android, kamu bisa melakukan banyak perubahan termasuk mengganti software.

3. Android memberikan lebih banyak pilihan

Smartphone berbasis android memiliki pilihan yang lebih beragam. Jika ingin naik gunung atau memanjat tebing, Galaxy S7 Active dapat menjadi pilihannya. Ingin ponsel high-end yang berkinerja baik? OnePlus 3T bisa dibeli. Jika ingin ponsel dengan kamera mumpuni? Huawei P9.

Android memberikan sangat banyak pilihan. Pada tahun 2016, ada lebih dari 24.000 perangkat dari 1.300 merk ponsel berbasis android.

Sedngkan setiap generasi perangkat Apple, pada dasarnya hanya menawarkan tiga berbeda pilihan (kadang-kadang hanya dua) yaitu kecil, menengah dan besar. Ukuran pada dasarnya adalah perbedaan terbesar dalam perangkat. Meskipun juga terdapat variasi dalam tampilan atau hardware tapi pada dasarnya ponselnya sama.

4. Memiliki rentang harga yang lebih lebar

Mari melihat fakta di pasar. Salah satu pertimbangan utama orang dalam membeli sebuah ponsel adalah harga. Jika kamu ingin upgrade perangkat iOS ke generasi berikutnya, maka hanya ada beberapa pilihan yang berbeda dan harganya selalu lebih mahal. Yang pasti, Apple tidak peranh merilis sebuah ponsel di bawah harga US$ 500.

Sedangkan pada ponsel android, pilihannya lebih beragam dengan rentang harga yang lebih lebar. Kamu bisa membeli ponsel android murah seharga US$ 20 untuk Alcatel Pixi Glitz. Sebaliknya ada pilihan membeli perangkat seharga US$ 800 untuk Samsung Galaxy S7 Edge. , sehingga Anda cukup terbatas.

5. Anda tidak perlu menggunakan iTunes

Apple adalah pelopor dalam desain hardware dan software, tapi iTunes yang diperlukan untuk mentransfer musik antara iPhone dan komputer adalah salah satu yang buruk. Mencopot instalasinya adalah mimpi buruk juga dan tak akan mudah.

Sedangkan pengguna Android tidak perlu sejenis iTunes. Ada banyak pilihan lain untuk layanan musik dan pembelian secara umum. Lebih dan lebih banyak layanan juga berkembang untuk Android dan bukan hanya untuk musik tetapi film, acara TV, Permainan, dan banyak lagi.

6. Terintegrasi dengan Google

Android adalah sebuah proyek open source yang disebut AOSP (Android Open Source Project) yang dipimpin oleh Google. Google telah mampu membuat versi Android, yang kemudian digunakan oleh produsen lain. Layanan Google di perangkat android pun berlimpah seperti Google Maps, Gmail, Google Drive, Google Docs, Google musik atau Google Chrome.

7. Perkembangan teknologi android lebih cepat

Apple bergerak lambat. Sementara perangkat android maju dengan kecepatan penuh. Masing-masing inovasi teknologi perangkat android jauh di depan Apple. Apple lebih sering mengikuti android. Sebagai contoh, Huawei P9 dirilis dengan sistem dual kamera belakang awal tahun ini dan sekarang iPhone 7 Plus memilikinya.

Jika tertarik dengan inovasi baru, maka android adalah pilihannya. Produsen perangkat Android memberi banyak pilihan segar untuk teknologi baru. Jika Anda ingin inovasi tahun lalu campur aduk ke dalam satu perangkat, maka Apple adalah pertaruhan terbaik.

Ingat, banyak fitur baru Apple Calo yang sudah ada di perangkat Android. IPhone 7 sekarang tahan air, tapi Android melakukannya pertama dua tahun yang lalu, dan Galaxy S7 masih memiliki sertifikasi IP68 lebih tinggi dari sertifikasi IP67 iPhone 7. Android mulai menggunakan umpan balik haptic dua tahun yang lalu juga.
Banyak orang bilang keunggulan Apple berada di strategi pemasarannya saja. Tak heran jika banyak orang yang masih percaya bahwa penemu smartphone adalah Apple.

8. Android mendukung kartu microSD

Jika menginginkan lebih penyimpanan internal pada perangkat Apple, kamu perlu menghapus barang-barang Anda atau membeli ponsel lain. Tapi lihat selisih harganya antara iPhone 7 32 GB dan versi 256 GB mencapai US$ 200.

Perangkat Apple tidak memberikan pilihan untuk memperluas penyimpanan dengan kartu microSD. Tetapi banyak smartphone Android dilengkapi dengan akses kartu microSD. Harga kartu microSD SanDisk Ultra 200 GB kartu microSD misalnya hanya biaya US$ 72. Itu adalah penghematan besar.

9. Baterai Android bisa dilepas

Ketika iPhone telah berusia tua dan baterainya tak bisa lagi di-charge, kamu tak punya pilihan selain untuk mengganti ponsel atau plug in dengan jaringan listrik terus-menerus. Dengan Android, banyak ponsel yang baterainya dapat dilepas, sehingga dapat diganti dengan baterai baru.

10. Android benar-benar multitasking

Tentu, kamu dapat beralih antara aplikasi dan menyebutnya multitasking pada iOS, tapi riil multitasking tersedia di Android. Sebagai contoh, Samsung telah memiliki fitur multi-jendela. Hal ini memungkinkan kita menampilkan dua aplikasi pada layar secara bersamaan sehingga kita dapat melakukan lebih dari satu hal pada suatu waktu.

Source: Androidpit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *