Step By Step Menghasilkan Jutaan Rupiah Lewat Aplikasi Jenius

Diposting pada

Sebuah terobosan berani dilakukan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk atau biasa disingkat BTPN. Di tengah ramainya perusahaan financial technology (fintech), lembaga keuangan konvensional ini tak mau kalah dengan meluncurkan Jenius, sebuah aplikasi bagi perangkat adroid dan iOS untuk kebutuhan transaksi secara elektronik.

Jenius dirancang dan dikembangkan untuk memudahkan masyarakat mengatur keuangannya lewat smartphone. Sebelum meluncurkan aplikasi ini, BTPN butuh waktu sekitar 18 bulan melakukan penelitian komprehensif tentang kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia.

Dari hasil penelitian itu, BTPN menyimpulkan bahwa masyarakat saat ini menginginkan praktek perbankan yang bisa dilakukan dengan mudah, cerdas dan aman hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar atau smartphone. Maka aplikasi fitur-fitur pada aplikasi Jenius dimaksimalkan untuk memenuhi keinginan masyarakat Indonesia di era digital seperti mengirimkan uang, membayar, dan menabung.

Profil BTPN Sebagai Penerbit Jenius

Sebelum menggunakan aplikasi Jenius, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dulu siapa penerbit aplikasi ini. Dengan begitu, kita bisa menilai aplikasi Jenius merupakan aplikasi terpercaya atau tidak. Ini juga sekaligus untuk menilai, apakah Jenius mampu membayar para pengguna aplikasi ini sesuai yang dijanjikan.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk atau biasa disebut BTPN merupakan perusahaan perbankan di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Awalnya BTPN didirikan oleh para pensiunan militer dengan nama Bank Pegawai Pensiunan Militer (BAPEMIL). Tujuannya untuk melayani tabungan dan pinjaman bagi para pensiunan militer.

Perubahan nama dilakukan pada tahun 1986 menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional hingga saat ini. BTPN kemudian menjual sahamnya ke publik lewat aksi initial public offering (IPO) pada tahun 2008. Namun dengan status BTPN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka sebagian sahamnya tetap dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

Eksistensi BTPN juga diakui secara internasional. Bank ini dinilai konsisten dalam melayani masyarakat berpenghasilan rendah seperti pensiunan, pelaku UMKM serta masyarakat prasejahtera produktif. Maka tidak heran jika BTPN masuk ke dalam daftar 50 perusahaan di seluruh dunia berkinerja baik dalam menyelesaikan masalah sosial sekaligus tetap memperoleh keuntungan.

Pengakuan tersebut diberikan oleh Majalah Fortune September 2016 lewat “Fortune Change the World”. Lewat BTPN Wow! bank ini dinilai berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di Indonesia. BTPN menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Soal kesehatan keuangannya juga tak diragukan. Pada kuartal III tahun 2016, BTPN berhasil meraih laba bersih Rp 1,4 triliun. Pada saat yang sama, BTPN mengelola dana tabungan dan deposito sebesar Rp 65,2 triliun.

Dengan melihat kondisi keuangan BTPN yang sangat kuat, maka bisa kita simpulkan bahwa aplikasi Jenius juga diluncurkan secara serius, alias bukan aplikasi main-main. Jika ada tawaran bonus atau peluang pendatapan yang dijanjikan lewat aplikasi Jenius, maka BTPN memiliki kemampuan untuk membayar bonus tersebut.

Apa Itu Jenius?

Aplikasi Jenius diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi hanya lewat smartphone. Aplikasi ini  diluncurkan secara resmi pada tanggal 11 Agustus 2016. Jenius dapat dipasang di ponsel berbasis android ataupun iOS.

NOTES: Jenius kini sudah tidak lagi membagikan bonus pendaftaran senilai Rp 50 ribu. Untuk menghasilkan uang dari aplikasi android atau iOS, kamu bisa membaca artikel berikut ini: Cara Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dengan Aplikasi Whaff Locker

Meski usianya belum genap setengah tahun, namun aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Hingga akhir Desember 2016, Google Play Store mencatat jumlah orang yang mengunduh aplikasi ini sudah mencapai 1 juta hingga 5 juta orang. Ini menunjukkan respons masyarakat yang sangat bagus pada Jenius.

Jenius memberikan berbagai macam fitur untuk memenuhi kebutuhan orang-orang dalam bertransaksi secara digital. Berikut ini fitur utama yang dimiliki oleh Jenius:

1. $Cashtag

Fitur ini memudahkan nasabah untuk memiliki nomor rekening yang unik sesuai nama atau kata yang disukainya. Sebagai contoh $Cashtag saya adalah $ideaku yang menjadi nomor rekening jika ingin menerima pembayaran atau membayar dengan menggunakan aplikasi Jenius.

2. Send it

Fitur ini memungkinkan kamu mengirimkan uang seperti ke rekening bank, nomor ponsel atau alat email. Dengan metode ini, pengiriman uang bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Oya jenius juga dapat dilakukan untuk melakukan berbagai macam pembayaran. Pada tahap awal, Jenius bekerjasama dengan sejumlah partner, yakni GoJek, Spotify, BrightSpot, The Goods Dept, Indosat, XL, Telkomsel, Elevenia, DinoMarket, dan Trafique Coffee.

3. Pay Me

Ini merupakan layanan yang diberikan Jenius untuk mengirimkan permintaan uang dari rekan, keluarga atau partner bisnis.

4. Split Bill

Fitur ini beguna untuk membagi tagihan dengan teman atau keluarga. Sehingga biaya yang harus ditanggung lebih ringan karena dijalankan dengan sistem tanpa ribet.

5. Dream Saver

Fitur ini memberikan kamu kemudahan dalam menabung hanya dengan menggunakan smartphone. Tidak perlu khawatir karena penggunaan Jenius sangat mudah. Aplikasi ini terkoneksi ke berbagai perbankan seperti BTPN, BRI, Mandiri dan BCA. Sehingga top up dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti transper mbanking atau lewat ATM.

Keunggulan Jenius

Dari pengalaman saya menggunakan Jenius, aplikasi ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya serta produk layanan bank konvensional. Berikut ini beberapa keunggulan Jenius:

1. Bunga tabungan seperti bunga deposito

Kita bisa menabung dengan menggunakan rekening Jenius. Dan ternyata keren banget fitur ini, karena memberikan bunga sebesar 5% per tahun. Bunga tersebut mirip dengan bunga deposito. Jika kamu menabung di bank manapun di Indonesia, tidak akan ada yang berani memberikan bunga tabungan sebesar 5%.

Jika saldo kamu dibiarkan saja dan tidak dimasukkan ke tabungan Jenius, kamu juga tetap akan mendapatkan bunga, yakni sebesar 1%. Lumayan kan?

2. Bebas biaya transfer antar rekening Jenius atau BTPN

Jika kamu melakukan transfer uang ke sesama rekening Jenius atau ke nomor rekening BTPN, maka tidak akan ada pungutan biaya sama sekali alias 0 rupiah.  

Sebaliknya jika kamu transfer uang dari rekening Jenius ke nomor rekening bank lain selain BTPN, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 3.000 per transaksi. Biaya transaksi itu sangat murah bila dibandingkan dengan biaya transfer antar bank lewat ATM yang sebesar Rp 6.500 per transaksi.

3. Top Up sangat mudah

Untuk mengisi saldo Jenius, pengguna aplikasi ini dapat melakukannya dengan mudah. Kamu bisa melakukan pengisian saldo Jenius lewat ATM, internet bankin atau mobile banking dari bank apapun.

Cara Daftar Jenius

Untuk mendaftar aplikasi Jenius, syaratnya kamu harus memiliki ponsel android atau iOS. Selanjutnya kamu harus download dan instal aplikasinya. Namun sebelum itu, catat dulu kode referral untuk mengisi saldo Jenius kamu pertama kalinya sebesar Rp 50.000, yakni $ideaku. Jika kode $ideaku tidak dimasukkan, maka kamu akan memulai aplikasi Jenius dengan saldo nol rupiah alias tidak mendapatkan bonus apa-apa.

1. Unduh dan instal aplikasi Jenius.

2. Setelah Jenius terinstal, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang diminta.

3. Kamu akan diminta untuk mengisi alamat email yang menjadi akun kamu saat masuk ke aplikasi serta nomor handphone.

4. Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran rekening Jenius, kamu harus mengirimkan foto KTP, selfie + KTP, tanda tangan dan NPWP. Jangan dibayangkan terlalu ribet, karena prosesnya bisa dilakukan secara cepat. Kamu tinggal siapkan KTP, dan tanda tangan di kertas putih serta NPWP jika ada, jika tidak ada NPWP centang “Saya sedang tidak membawa NPWP”.

Selanjutnya tap menu KTP maka akan muncul kamera dari aplikasi ini, kamu tinggal menempatkan KTP ke bidang yang tepat dan memotret. Foto otomatis akan tersimpan dan terkirim ke Jenius. Untuk proses foto Selfi + KTP, tanda tangan dan NPWP juga sama.

5. Setelah foto KTP dan NPWP terkirim, formulir berikutnya akan terisi secara otomatis. Kamu tinggal melengkapi beberapa kolom yang masih kosong saja.

6. Di bagian bawah formulir pendaftaran, ada pilihan pengiriman kartu VISA Jenius ke alamat sesuai KTP. Perlu kamu ketahui, saat ini pendaftaran Jenius bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi proses verifikasi dan pengiriman kartu VISA Jenius hanya bisa dilakukan untuk mereka yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang). Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan KTP dengan alamat daerah misalnya di Jawa Tengah, atau bahkan Papua.

Tapi untuk verifikasi, petugas BTPN akan mendatangi kamu untuk sementara ini hanya di alamat yang berada di Jabodetabek saja. Jadi jika alamat verifikasi dan pengiriman kartu tidak sama dengan alamat KTP, maka JANGAN CENTANG atau HAPUS CENANG pada pilihan “Gunakan alamat di atas untuk mengirim kartu saya”.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Aplikasi Jenius Bagi Warga Non Jabodetabek

Selanjutnya isi dengan alamat kamu di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) bisa alamat kantor, alamat kos atau tempat lain di mana kamu bisa ditemui secara langsung oleh petugas Jenius yang akan melakukan verifikasi. Proses verifikasi sendiri nantinya hanya akan berlangsung lima menit.

 7. Kamu akan diminta mengisi kata kunci atau password untuk masuk ke akun Jenius. Buatlah kata sandi dengan menggunakan kombinasi angka, huruf kecil, huruf kapital (besar) dan karakter khusus seperti @, $ dan lain-lain. Kata sandi minimal berisi 8 karakter.

 8. Kamu juga diminta membuat PIN perangkat. Yakni PIN untuk masuk ke aplikasi Jenius di ponsel yang saat ini kamu gunakan.

9. Kamu masih harus mengisi formulir berisi informasi seputar pekerjaan dan pendapatan.

9. Jika sudah diisi dengan benar, tap BUKA AKUN SEKARANG.

10. Proses pendaftaran tinggal sedikit lagi. Kamu diminta menyambungkan Jenius dengan handphone yang kamu gunakan saat pendaftaran. Akan ada sms berisi kode verifikasi berisi 6 angka. Isi angka tersebut ke kolom Kode Verifikasi, lalu tap sambungkan perangkat.

11. Langkah berikutnya, kamu akan mendapatkan pertanyaan, “Apakah kamu diajak oleh teman? Masukkan $Cashtag temanmu yang merekomendasikan Jenius”. Isi kolom tersebut dengan kode $ideaku agar kamu langsung mendapatkan saldo Rp 50.000. Jika tidak diisi dengan $ideaku maka kamu akan memulai aplikasi Jenius dengan saldo nol rupiah. Sayang banget kan.

12. Kini rekening Jenius kamu sudah berhasil dibuat. Kamu sudah bisa menggunakannya untuk menerima pembayaran. Namun proses verifikasi masih dibutuhkan.  Ga perlu khawatir, proses verifikasi hanya berlangsung lima menit. Petugas Jenius yang datang ke alamatmu akan meminjam KTP kamu buat difoto dengan handphone dia. Lalu kamu diminta tanda tangan dua kali. Setelah itu, akun Jenius kamu diaktifkan dan kartu VISA Jenius akan dikirimkan ke alamatmu. Setelah itu semua fitur di Jenius sudah bisa kamu manfaatkan. Selamat.

Cara Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah Lewat Aplikasi Jenius

Jika sudah berhasil mendaftar aplikasi Jenius, maka kamu berkesempatan mendapatkan tambahan pendapatan yang cukup besar dari aplikasi ini. Pendapatan jutaan rupiah per bulan bisa diperoleh jika kamu merekomendasikan aplikasi Jenius ke orang lain.

Untuk mendapatkan bonus, syaratnya orang yang menginstal aplikasi Jenius itu harus memasukan kode referral kamu ($Cashtag) sebagai perekomendasi saat mengisi formulir pendaftaran. Jika pendaftaran aplikasi Jenius atas rekomendasimu disetujui, maka kamu akan mendapatkan bonus sebesar Rp 50.000. Begitu juga dengan orang yang kamu rekomendasikan, dia akan mendapatkan saldo pertama sebesar Rp 50.000. Jadi sama-sama menguntungkan.

Semakin banyak orang yang menginstal dan mendaftar aplikasi Jenius dengan rekomendasi kamu, maka semakin besar pula pendapatan yang bisa diperoleh. Berikut ini ilustrasi pendapatan dari mereferensikan orang untuk menginstal Jenius:

1. Jika dalam sebulan, kamu bisa merekomendasikan 10 orang, maka pendapatan kamu sebesar 10 x Rp 50.000 = Rp 500.000.

2. Jika dalam sebulan, kamu bisa merekomendasikan 20 orang, maka pendapatan kamu sebesar 20 x Rp 50.000 = Rp 1.000.000.

3. Jika dalam sebulan, kamu bisa merekomendasikan 30 orang, maka pendapatan kamu sebesar 30 x Rp 50.000 = Rp 1.500.000.

4. Jika dalam sebulan, kamu bisa merekomendasikan 50 orang, maka pendapatan kamu sebesar 50 X Rp 50.000 = Rp 2.500.000.

5. Jika dalam sebulan, kamu bisa merekomendasikan 100 orang maka pendapatan kamu sebesar 100 X Rp 50.000 = Rp 5 juta.

Bukti pembayaran aplikasi Jenius dari Bank BTPN:

Sangat menggiurkan pendapatan yang bisa diperoleh dari aplikasi Jenius. Kamu bisa mengundang dan membagikan kode atau $Cashtag kamu ke orang lain lewat sms, email, media sosial atau blog.

Happy Cuan !

Disclaimer: Program dan promo dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Mohon untuk selalu memperhatikan program promo terbaru dan batas waktunya.

14 thoughts on “Step By Step Menghasilkan Jutaan Rupiah Lewat Aplikasi Jenius

  1. Akhir april kemarin program promo Rp 50 ribu sudah berakhir. Tapi informasinya akan segera disusul dengan program promo lain yang sejenis…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *