Cara Mudah Keluar dari Percakapan Grup WhatsApp

Diposting pada

Kadangkala tanpa sepengetahuan kita, ada teman yang memasukkan nomor ponsel kita ke grup WhatsApp tertentu. Setelah itu, pesan obrolan di grup WhatsApp akan membanjiri smartphone kita. Obrolannya seringkali tidak penting dan cenderung mengganggu. Solusi paling bijak yang bisa kita tempuh adalah keluar dari grup WhatsApp tersebut.

Saat ini, WhatsApp messenger memang menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer. Setelah diakuisisi oleh Facebook, jumlah pengguna WhatsApp berkembang sangat cepat. Saat ini, jumlah pengguna aplikasi ini sudah mencapai 1 miliar hingga 5 miliar.

Loading...

Tentu saja dengan jumlah pengguna sebanyak itu menempatkan WhatsApp di atas aplikasi sejenis yang eksis saat ini seperti BlackBerry Messenger (BBM), Line, WeChat dan Kakao Talk.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp sehingga bisa mengungguli layanan pesan instan lainnya. Pertama, aplikasi WhatsApp bisa dipergunakan diberbagai perangkat dari mulai feature phone, smartphone berbasis android, iOS hingga personal computer (PC). Ini sangat memudahkan orang untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan kebutuhannya.

Kedua, untuk menggunaan WhatsApp seseorang tidak memerlukan pendaftaran terlebih dahulu. Begitu aplikasi diinstal, WhatsApp langsung akan mendeteksi nomor ponsel dalam perangkat tersebut. Akun WhatsApp di satu perangkat juga tidak berubah meskipun nomor ponsel berganti.

Ketiga, WhatsApp memberikan kesempatan pada kita untuk menikmati berbagai layanan komunikasi dengan biaya murah. Hanya dengan tersambung dengan internet, kita bisa mengirimkan pesan teks, menelepon bahkan video call dengan aplikasi ini. Biaya data yang dibutuhkan jauh lebih murah ketimbang kita menggunakan pulsa untuk menelpon.

Dengan berbagai keunggulan itu, wajar jika pengguna WhatsApp terus berkembang dari waktu ke waktu. Di mana-mana, ketika orang-orang banyak berada di sebuah tempat yang sama termasuk di sebuah layanan pesan instan WhatsApp, orang cenderung membentuk kelompok-kelompok atau grup.

WhatsApp sejak awal sudah memberikan fitur WhatsApp grup untuk menampung kebutuhan tersebut. Ada banyak manfaat dari grup ini. Di kantor saya misalnya, grup WhatsApp menjadi media komunikasi dan koordinasi utama di mana pekerjaan-pekerjaan dibahas, dibagikan dan dievaluasi. Grup WhatsApp membuat koordinasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Berbagai organisasi dan komunitas juga menggunakan grup WhatsApp untuk menghubungkan antara anggota. Demikian juga dengan alumni sekolah-sekolah, bisa memanfaatkan grup WhatsApp untuk berkumpul kembali.

Bayangkan saja, jika Anda terlibat dalam beberapa organisasi dan semuanya membuat grup WhatsApp. Lalu alumni sekolah dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi membuat grup WhatsApp juga.

Awalnya mungkin berkesan fun. Tapi ketika percakapan di grup WhatsApp tidak sesuai dengan minat dan kebutuhan kita, maka pesan yang membanjiri smartphone kita akan sangat mengganggu. Ponsel kita akan berbunyi terus memberi tanda adanya pesan WhatsApp yang masuk. Meskipun sudah diatur agar silent, tetap saja pesan yang masuk akan mengganggu.

Belum lagi, kapasitas memori smartphone kita akan semakin gemuk karena menampung rekaman percakapan, foto, video yang dibagikan di grup WhatsApp. Maka, langkah untuk keluar dari grup WhatsApp yang mengganggu tersebut adalah sebuah keputusan yang tepat.

Jika tidak mau terlalu ekstrem dengan langsung keluar dari grup Anda bisa melakukan cara mematikan bunyi notifikasi, menghapus chat dan yang paling akhir bisa keluar dari grup.

Cara mematikan bunyi notifikasi grup WhatsApp cukup dengan masuk ke aplikasi WhatsApp. Buka percakapan grup WhatsApp, tap nama grup WhatsApp di bagian paling atas sehingga muncul profil grup dan pengaturannya. Di bagian paling atas, aktifkan Bisu. Ada pilihan 8 jam, 1 minggu, 1 tahun, pilih saja yang paling lama. Setelah itu, semua pesan yang masuk dari grup tersebut tidak akan memunculkan suara notifikasi.

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-mudah-keluar-dari-percakapan-grup.html

Cara menghapus chat agar tidak membebani memori ponsel. Masuk ke percakapan WhatsApp yang akan dihapus. Pilih tombol dengan tanda tiga titik di bagian kanan atas. Pilih lainnya, lalu Bersihkan Chat. Semua pesan lama di percakapan tersebut akan terhapus. Tapi pesan baru masih akan mengisi. Jika sudah pesan sudah menumpuk lagi, hapus chat lagi.

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-mudah-keluar-dari-percakapan-grup.html

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-mudah-keluar-dari-percakapan-grup.html

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-mudah-keluar-dari-percakapan-grup.html

Cara keluar dari grup WhatsApp. Masuk ke grup WhatsApp, tap di nama grup tersebut seperti pada cara mematikan suara notifikasi. Lalu akan muncul profil grup WhatsApp di bawahnya ada daftar nama-nama anggotanya. Geser ke bagian paling bawah, ada pilihan Keluar dari Grup. Pilih keluar dari grup dan Anda sudah terbebas dari grup tersebut.

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-mudah-keluar-dari-percakapan-grup.html
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *