Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Smartphone Android

Diposting pada

Semua kamera smartphone menghasilkan suara shutter seolah-olah jepretan kamera profesional. Satu sisi, suara shutter memberikan nuansa dan kepuasan tersendiri ketika memotret. Tapi di sisi lain, kadang kala suara shutter cukup mengganggu terutama ketika kita berada di ruang yang mengharuskan keheningan, misalnya saat menonton pentas teater.

Nah agar suara shutter tidak mengganggu, kita bisa mematikan sementara suara shutter kamera ponsel. Dengan begitu, pemotretan kamera tetap bisa dilakukan diam-diam atau dalam hening.

Loading...

Dalam beberapa situasi memang penggunaan kamera di batasi baik penggunaan flash dan juga suara shutter kamera. Biasanya tempat-tempat yang menjadikan dua hal itu ilegal di bioskop, studio atau ruang teater atau tentu saja tempat peribadatan seperti masjid.

Setiap ponsel memiliki pengaturan suara shutter kamera. Namun bentuk pengaturannya mungkin berbeda-beda.

1. Nexus 5 X dan Pixel

Smartphone Nexus 5 X dan Pixel tidak memiliki pengaturan kamera untuk menonaktifkan suara shutter kamera. Jadi untuk menghilangkan sementara suara shutter, Anda bisa mengubah profil pemberitahuan peringatan ke sunyi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan tombol volume pada sisi perangkat yang bertindak sebagai kontrol volume.

2. Sony

Untuk mengubah pengaturan suara shutter pada ponsel Sony Xperia caranya adalah masuk ke aplikasi kamera, ketuk menu ikon tiga titik, kemudian roda gigi, dan menetapkan slider suara ke mati untuk menonaktifkan shutter suara.

3. OnePlus

Bagi pengguna smartphone OnePlus, pengaturan shutter kamera dapat dilakukan dengan mengusap dari sisi kiri dari layar ponsel dan kemudian ketuk roda gigi yang berada di sebelah kanan baik di atas atau di bawah. Di sana, akan muncul opsi suara shutter. Ubah pengaturannnya menjadi Off.

4. LG

Pada LG Lollipop tidaka ada pengaturan suara shutter pada kameranya. Maka yang hrus dilakukan adalah mengubah profil suara. Ada tiga pilihan pengaturan suara yakni on, priority dan off. Pilih off untuk sementara.

5. Samsung

Untuk perangkat Samsung, cara mengubah pengaturan suara shutter cukup dengan masuk ke aplikasi kamera. Selanjutnya tap ikon roda gigidan cari opsi shutter. Lalu ubah pengaturannya menjadi Off.

Sedangkan pada perangkat Samsung terbaru seperti S7 atau S7 Edge, Anda cukup mengubah pengaturan volume ke level terendah alias diam.

6. HTC

Bagi Anda yang menggunakan ponsel HTC, cara  menonaktifkan suara shutter kamera dapat dilakukan dengan masuk ke aplikasi kamera. Lalu tekan ikon tiga titik. Pilih ikon roda gigi dan masuk ke pengaturan umum lalu shutter suara kamera. Untick atau hapus centang pada kotak tersebut.

7. Huawei

Untuk menonaktifkan suara shutter kamera pada perangkat Huawei masuk ke aplikasi kamera. Lalu tekan ikon menu tiga baris, pilih pengaturan. Selanjutnya pilih bisu. Untuk perangkat Honor 8 cukup dengan menurunkan tombol volume suara ke level terendah atau diam.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *