Sudah Teruji, Inilah 10 Antivirus Terbaik Untuk Perangkat Android

Diposting pada

Saat ini, smartphone bukan hanya sebuah alat komunikasi. Lebih dari itu, perangkat ini telah menjadi tempat menyimpan beragam data penting. Bayangkan jika tiba-tiba, ponsel tersebut terkena virus dan semua data tidak dapat diakses. Celakalah. Untuk itu, keberadaaan antivirus sangat penting bagi pengguna android.

Penggunaan smartphone memang kadang kala bisa memancing virus tak diinginkan masuk. Biasanya virus masuk melalui situs-situs yang kita kunjungi saat berselancar. Tanpa sadar, saat kita mencari informasi tertentu, ternyata ada virus-virus yang disematkan untuk menjebak pengguna android.

Atau bisa jadi virus disebarkan melalui file sharing. Berbagi file dengan orang lain memang menyenangkan, tapi ini bisa menjadi musibah jika ada virus pada file yang dibagikan. Untuk itu, jangan mudah menerima apa saja yang dibagikan teman, apalagi jika ada orang yang tidak kita ketahui mengirim file tertentu.

Virus bisa juga masuk lewat aplikasi yang kita instal. Untuk itu, perangkat android kita sudah mencoba melindungi pengguna android dengan membuat pengaturan agar tidak menginstal aplikasi di luar Google Play Store. Pengguna android dapat mengubah pengaturan itu, tapi tentu saja ada risiko yang ditanggung.

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store pun tak selamanya aman. Saya pernah menginstal aplikasi dari Google Play Store tapi ternyata berisi virus juga. Mau tidak mau saya harus uninstal. Tapi biasanya, aplikasi berisi virus tak mudah dicopot juga, jadi cukup merepotkan.

Jika sudah terserang virus, kinerja smartphone kita akan terganggu. Ada banyak tanda virus sudah menjangkiti perangkat android. Misalnya, performa smartphone menjadi lambat ketika dioperasikan, smartphone tiba-tiba mati sendiri dan nyala sendiri dan lain-lain.

Tentu saja, virus akan menghambat kerja-kerja kita. Apalagi bagi seseorang yang membutuhkan kecepatan untuk merespons dengan smartphone, ketika perangkatnya menjadi lambat tentu sangat mengganggu.

Begitu juga bagi seseorang yang menjalankan beberapa pekerjaan sekaligus atau multitasking, perangkat yang terserang virus sangat menghambat pekerjaannya.

Untuk mencegah masuknyan virus ke perangkat android, aplikasi antivirus bisa menjadi solusi. Setidaknya ada benteng yang harus dilewati ketika ada virus tak diinginkan ingin menerobos masuk ke ponsel kita.

Berikut ini 10 antivirus terbaik untuk android yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Avast Mobile Security & Antivirus

Avast antivirus telah digunakan antara 100 juta hingga 500 juta kali sejauh ini. Jadi tidak berlebihan jika Avast Mobile Security & Antivirus disebut sebagai salah satu aplikasi antivirus yang paling populer untuk Android saat ini.

Aplikasi ini dilengkapi dengan mesin antivirus yang akan menscan ponsel dari berbagai malware apps, aplikasi tanpa  izin dan lain-lain. Avast juga dilengkapi dengan fitur ‘Web Shield’ yang memindai dan memblok link yang terinfeksi malware, Trojan, adware dan spyware.

Unduh di sini: Avast Mobile

2. Kaspersky Antivirus & Security

Kaspersky juga menjadi aplikasi antivirus yang sangat populer. Aplikasi ini bebas untuk digunakan. Antivirus ini memberikan perlindungan dengan menscan perangkat dari virus, malware, spyware, dan Trojan serta jaminan menyimpan data secara aman.

Kaspersky juga dapat memblokir panggilan yang tidak diinginkan dan SMS. Selain itu, antivirus ini juga berfungsi melindungi jika ponsel tersebut hilang. Ia akan memberikan sinyal sehingga perangkat dapat diketahui keberadaannya.

Unduh di sini: Kaspersky

3. AVG Antivirus

AVG Antivirus juga telah diunduh lebih dari 100 juta kali sejauh ini. Tak hanya populer di Android, antivirus ini sudah lebih dulu populer di PC desktop. Aplikasi ini akan melakukan scan aplikasi, permainan, dan file untuk menjaga perangkat tetap aman.

Selain itu, AVG juga mengawasi setiap website yang dibuka. Aplikasi ini juga memiliki built-in kinerja monitor, dan sistem anti pencurian juga.

Unduh di sini: AVG Antivirus

4. ESET Mobile Security & Antivirus

ESET adalah solusi antivirus dan mobile keamanan lain yang tersedia untuk android. Aplikasi ini menawarkan desain yang benar-benar baik, dan fitur yang lengkap hahkan dalam varian gratis yang tersedia.

Aplikasi ini akan secara otomatis memindai setiap kamu melakukan download aplikasi atau file, dan mengkarantina ancaman yang muncul.

Sementara itu, kamu juga akan mendapatkan perlindungan anti-pencurian. Pemberitahuan dapat diterima melalui SMS. Untuk model berbayar tentu saja menawarkan, perlindungan yang jauh lebih baik dan lebih banyak pilihan.

Unduh di sini: ESET Mobile

5. CM Security & Antivirus

Aplikasi ini merupakan aplikasi kunci dan antivirus sekaligus dalam satu aplikasi. CM Mendukung penguncian menggunakan scanner sidik jari, dan memiliki built-in mesin antivirus.

CM juga menawarkan perlindungan multilayer akibat dari sistem kerentanan, file sistem dan situs web. Kamu juga bisa mendapatkan segala macam fitur tambahan sebagai bagian dari paket ini, termasuk scan berjadwal, perlindungan anti-pencurian dan lain-lain.

Unduh di sini: CM Security

6. 360 Security – Antivirus Boost

Security 360 memiliki lebih dari 200 juta pengguna saat ini dan telah diberi rating oleh lebih dari 15 juta orang  di Google Play Store dengan rating sangat bagus yakni bintang 4,6.

Aplikasi ini dilengkapi dengan UI yang bersih, dan sejumlah pilihan, termasuk perlindungan antivirus penuh, pemberish arsip sampah, meningkatkan memori, penghemat daya, anti-pencurian dan lain-lain.

Unduh di sini: 360 Security

7. Clean Master (Boost & AppLock)

Clean Master adalah mungkin lebih dikenal sebagai pemeliharaan aplikasi smartphone, daripada sebuah aplikasi antivirus. Tetapi aplikasi ini nyata-nyata memiliki mesin antivirus yang bisa diandalkan.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store. Pengembang aplikasi ini, bahkan mengklaim Clean Master telah diinstal lebih dari 740 juta kali sejauh ini. Selain mesin antivirus, kamu akan mendapatkan fungsi kunci aplikasi, baterai saver, app manager, meningkatkan memori, pembersih file sampah bersih dan lain-lain.

Unduh di sini: Clean Master

8. Lookout Security & Antivirus

Lookout adalah salah satu aplikasi dengan tampilan menarik. Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai aplikasi antivirus dan keamanan. Aplikasi ini juga memiliki beberapa opsi tambahan, seperti menemukan telepon Anda jika kehilangan, dan memback up nomor kontak.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk dua minggu percobaan gratis. Fitur-fitur premium tetap bisa dinikmati jika kamu melakukan pembelian.

Unduh di sini: Lookout Security

9. BitDefender Antivirus Free

BitDefender adalah salah satu aplikasi yang ringan pada daftar ini. Sebuah hal yang wajar karena fokus aplikasi ini hanya pada masalah keamanan sehingga tidak memasukkan fitur-fitur lain di luar itu.

BitDefender otomatis akan melakukan scan aplikasi yang baru kamu download, termasuk beragam file yang didownliad. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan gratis untuk pengunaan 14 hari pertama.

Unduh di sini: BitDefender

10. Comodo Mobile Security

Dalam daftar ini, Comodo mungkin paling tidak populer. Tapi sebenarnya Comodo memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat, termasuk perlindungan real-time cloud scan, SD scan, scan berjadwal, Wi-Fi yang aman, browsing aman dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengontrol smartphone dari jarak jauh melalui aplikasi ini. Ada aplikasi penguncian yang disertakan di aplikasi sini. Comodo juga terlihat benar-benar baik dalam hal desain UI serta tampilan yang menarik.    

Unduh di sini: Comodo Mobile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *