Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Facebook Live atau Siaran Langsung

Diposting pada

Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif lebih dari satu miliar, Facebook terus melengkapi diri dengan fitur-fitur yang menakjubkan. Salah satu fitur yang kaya manfaat adalah siaran langsung Facebook atau Facebook Live.

Fitur siaran langsung ini memang tak cukup populer bagi para remaja yang menggunakan Facebook hanya untuk bersenang-senang. Tapi bagi para pebisnis, fitur Facebook Live telah memberikan ruang baru bagi mereka untuk berpromosi memperkenalkan sebuah brand secara efektif.

Facebook sebagai media promosi memang bukan hal baru. Seorang internet marketer menjadikan media sosial sebagai sarana memasarkan produk. Dengan jangkauan ke masyarakat yang lebih luas, Facebook sangat efektif untuk berpromosi.

Cara berpromosi konvensional akan memanfaatkan Facebook Ads atau layanan resmi iklan Facebook. Di luar itu, Facebook sejatinya menyediakan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi secara gratis. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menulis status Faceboook atau menulis materi iklan di grup Facebook.

Nah kehadiran fitur siaran langsung di Facebook, telah menambah alternatif cara untuk berpromosi lewat media sosial. Dengan Facebook Live, seseorang dapat menyiarkan secara langsung peluncuran sebuah produk baru melalui video live steaming.

Para pengguna Facebook yang menjadi viewers juga bisa memberikan respons secara lansung melalui komentar-komentar. Ini terobosan cara berpromosi yang luar biasa dan murah meriah.

Mengingat pentingnya fitur Facebook Live untuk menunjang aktivitas bisnis Anda, dalam tulisan ini, saya akan membahas cara memanfaatkan fitur Facebook Live secara maksimal.

Bagaimana cara menggunakan fitur Facebook Live?

Singkatnya, Anda bisa melakukan siaran live video di aplikasi Facebook yang baik pada perangkat iOS maupun Android. Meskipun belakangan ini, Facebook mengumumkan bahwa Live Video bisa dilakukan melalui halaman website Facebook.

Kali ini, kita akan membahas penyiaran dari perangkat mobile. Alasannya siaran langsung dengan smartphone lebih efektif jika apa yang akan disiarkan memaksa kita untuk terus bergerak agar mendapatkan live video yang maksimal.

Untuk memulai siaran langsung, raih ponsel Anda dan bukalah aplikasi Facebook. Selanjutnya ikuti petunjuknya.

Pertama, masuk ke profil Facebook Anda sendiri dan membuka bilah status seperti saat Anda akan menulis status baru.

Kedua, ketuk ikon “Live”, yang tampilannya seperti siluet manusia.

Ketiga, memberikan akses Facebook ke kamera dan mikrofon bila diminta.

Keempat, tekan tombol “Lanjutkan” yang berwarna biru di halaman pengantar. Tak perlu khawatir, siaran langsung tak langsung dimulai. Masih ada beberapa langkan berikutnya setelah menekan tombol “Lanjutkan” hingga siaran video live benar-benar dilakukan.

Kelima, pilih pengaturan privasi Anda. Jika Anda sedang mempromosikan sebuah brand, tentu saja pengaturannya harus publik. Tetapi jika ini merupakan pertama kalinya Anda melakukan siaran langsung Facebook atau ingin mengujinya terlebih dahulu, Anda bisa mengubah pengaturannya menjadi “Hanya saya”. Artinya siaran langsung hanya akan Anda lihat sendiri dan tidak terlihat oleh teman atau publik.

Keenam, menulis seskripsi siaran langsung menarik.

Anda perlu sedikit memberikan kalimat pengantar tentang siaran lansung sedang Anda lakukan. Status atau kalimat tersebut akan muncul pada news feed seperti halnya ipdate status di atas video siaran langsung tersebut. Tujuannya menarik minat orang untuk mengikuti siaran langsung Anda.

Ketujuh, mengatur tampilan kamera smartphone.

Sesaat sebelum Anda mengklik “Go Live”, pastikan kamera ponsel sudah mengarah ke obyek yang diinginkan. Latar belakang layar pengaturan Anda akan menunjukkan kepada Anda apa yang tampak di kamera. Jika Anda ingin mengubah tampilan kamera ke selfie atau sebaliknya, cukup klik ikon panah berputar di sudut kanan atas layar ponsel.

Kedelapan, ketik tombol “Go Live” yang berwarna biru untuk mulai siaran langsung.

Setelah Anda mengetuk tombol tersebut, Facebook akan memberikan hitungan 3, 2, 1 dan kini Anda sudah melakukan siaran live.

Segera setelah Anda mulai streaming, video dari kamera ponsel akan muncul di News Feed seperti postingan lain. Siaran Anda dapat dilakukan dengan jangka waktu sampai 90 menit. Ingat semakin lama Anda melakukan siaran langsung, semakin banyak orang yang mungkin melihat news feed dan menonton siaran Anda.

Kesembilan, nerinteraksilah dengan penonton yang memberikan komentar-komentar. Anda bisa membacakan komentar atau pertanyaan dari viewers dan menjawabnya secara langsung lewat video streaming.

Yang perlu Anda ketahui, Anda juga dapat memblokir pemirsa selama siaran langsung dengan menekan foto profil viewer komentar dan kemudian menekan “Cekal”. Sebaliknya, Anda jugabisa membuka blokir seseorang telah Anda blokir sebelumnya.

Kesepuluh, ketuk tombol “Finish” untuk mengakhiri siaran. Oya setelah Anda berhenti siaran langsung, video akan tetap ada di timeline atau halaman Facebook seperti posting lainnya.

Kesebelas, menyimpan video.

Setelah selesai siaran langsung, Anda akan diberikan pilihan untuk menyimpan video. Pastikan untuk menyimpan video  dari kamera Anda sehingga ada salinan asli untuk disimpan.

Keduabelas, selamat siaran langsung Anda berlangsung sukses!
VoilĂ ! Anda selalu dapat kembali ke posting pada timeline atau halaman dan mengedit keterangan, mengubah pengaturan privasi, atau menghapus video, seperti yang bisa Anda lakukan pada posting lainnya.


Tips dan trik melakukan siaran langsung Facebook

Berikut ini tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar bisa menghasilkan siaran langsung yang menarik.

1. Menguji siaran langsun dengan menggunakan pengaturan privasi “Hanya saya”.

Jika Anda ingin mencoba siaran langsung Facebook tanpa benar-benar membagikan video live ke orang lain, Anda dapat mengubah pengaturan privasi sehingga hanya seorang yang dapat melihatnya. Tujuannya, untuk melakukan tes atau latihan sebelum siaran langsung yang sebenarnya dilakukan.

2. Tonjolkan video siaran langsung

Perlu Anda ketahui, Facebook memberikan peringkat pada timeline yang lebih tinggi untuk video siaran langsung dibandingkan dengan video lainnya.

Jadi agar video siaran langsung Anda tetap menarik perhatian orang, sebaiknya berikan jeda antara video live streaming Anda dengan konten Facebook lainnya yang ingin Anda bagikan setidaknya sekitar dua jam.

3. Memperkenalkan diri.

Ketika Anda pertama kali memulai siaran langsung, berikanlah sedikit waktu luang untuk memperkenalkan diri dan apa video’s about. Namun perlu diingat bahwa ketika saat Anda memulai pertama kali siaran langsung mungkin ada orang yang menonton.

Bahkan hingga beberapa menit, mungkin belum ada satupun pemirsa. Jadi Anda mungkin perlu memperkenalkan diri tidak cuma satu kali, tapi dua hingga tiga kali dengan jeda waktu yang disesuaikan.

4. Buatlah video yang secara visual menarik

Meskipun semua video di Facebook autoplay bagi orang yang melihat news feed, namun video tersebut masih bisu sampai orang yang melihatnya menaikkan volume suara secara manual.

Dengan begitu, cara untuk menarik perhatian orang untuk mengikuti siaran langsung Anda pertama kali adalah dengan video yang secara visual menarik. Dengan begitu orang akan tertarik untuk melihat dan baru menaikkan volume suara video siaran langsung Anda.

5. Buatlan siaran langsung secara spontan.

Apa yang membuat sebuah siaran langsung spesial? Sesuatu yang spontan, interaktif dan natural. Inilah yang membedakan menonton siaran langsung Facebook dengan menonton video rekaman atau video yang sudah diedit.

6. Mendorong pemirsa untuk membagikan video siaran langsung Anda.

Salah satu cara utama algoritma Facebook memberikan peringkat sebuah posting adalah dari jumlah orang yang like, berkomentar atau berbagi. Semakin orang yang membagikan siaran langsung Anda, maka semakin sering siaran langsung Anda tampil di news feed.

7. Berinteraksi dengan pemirsa, berkomentar dan memanggil nama mereka.

Jumlah komentar pada siaran Anda adalah cara lain untuk mendapatkan nilai relevansi yang lebih tinggi di Facebook sehingga, menjadikan siaran langsung Anda lebih sering muncul pada News Feed.

Jadi Anda harus bisa mendorong pemirsa untuk berkomentar. Selanjutnya berikanlah jawaban atas pertanyaan yang muncul. Agar terbangun koneksi dengan pemirsa, panggilah mereka dengan nama.

8. Menanggapi komentar pada dari komputer desktop.

Ketika Anda  sedang memegang kamera untuk Facebook Live video, benar-benar sulit untuk melihat komentar yang muncul di layar ponsel. Jadi sebaiknya, Anda mengkombinasikan anatar penggunaan smartphone dengan desktop. Smartphone digunakan untuk mengambil video, sedangkan desktop digunakan untuk membaca komentar para pemirsa sehingga bisa langsung ditanggapi.

9. Meminta pemirsa untuk berlangganan live notifications.

Selain meminta suka, share, dan komentar, minta juga pemirsa untuk berlangganan pemberitahuan live. Untuk melakukan itu, semua pemirsa harus lakukan adalah klik tanda panah kecil, menghadap ke bawah di sudut kanan atas posting video live, dan pilih “Aktifkan pemberitahuan.” Dengan mereka akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis dari Facebook jika Anda tengah melakukan siaran langsung berikutnya.

10. Lakukan siaran langsung Facebook minimal 10 menit.

Segera setelah Anda mulai merekam video Anda hidup, Anda akan mulai perlahan-lahan tapi pasti muncul di rakyat News feed. Durasi siaran merupakan faktor penting agar dapat melibatkan pemirsa dalam video ini, untuk itu sebaiknya lakukan siaran langsung minimal 10 menit.

11. Ucapkan terimakasih dan selamat tinggal sebelum Anda mengakhiri siaran langsung.

Sebelum mengakhiri siaran langsung Facebook, pastikan Anda sudah mengucapkan terima kasih pada pemirsa yang telah  menonton, dan janjikan Anda akan melakukan siaran langsung lagi di lain waktu. Selanjutnya ucapkan selamat berpisah.

Setelah Anda selesai siaran langsung Facebook, Anda dapat kembali dan mengedit keterangan, mengubah pengaturan privasi, atau menghapus video.

Selamat mencoba.

One thought on “Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Facebook Live atau Siaran Langsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *