Kini Belanja Brand Terkenal Dapat Dilakukan Langsung Lewat Instagram

Diposting pada

Aplikasi berbagi foto dan video terbesar saat ini, Instagram meluncurkan fitur belanja yang mewadahi berbagai merek atau brand terkenal di dunia. Saat ini, fitur Instagram tersebut masih dalam tahap uji coba di Amerika Serikat.

Hal tersebut disampaikan dalam tulisan blog bisnis Instagram. Dalam penjelasannya, smartphone atau perangkat mobile dipandang telah mengubah cara orang dalam berbelanja. Kini Anda dapat menelusuri produk sambil duduk untuk makan malam, membuat pembelian di tengah hiruk pikuk pekerjaan, dan membandingkan harga online ketika Anda berada di sebuah toko untuk mendapatkan produk dan harga terbaik.

Pada kenyataannya, lebih dari 84% dari pengguna smartphone, melakukan riset atau membandingkan produk melalui web browser atau mobile app sebelum membeli. Saat browsing dan menemukan produk yang tepat menjadi mudah untuk dilakukan dengan smartphone, maka menemukan informasi sebuah produk tertentu menjadi hal yang sederhana.

Dengan berbagai alasan-alasan itu, Instagram mengumumkan sebuah pengalaman yang lebih mudah untuk berbelanja produk-produk yang disukai pada Instagram. Mulai awal November 2016, Instagram sedang menguji cara bagi komunitas untuk mempelajari lebih lanjut tentang barang-barang yang mereka lihat dalam posting Instagram.

Saat ini, kebanyakan orang-orang berbelanja dari sebuah toko online tanpa memeriksa atau mempertimbangkan produk lainnya. Namun, dalam sebuah survei internal, Instagram menemukan bahwa sebagian besar pembelian di toko online dilakukan satu hari berikutnya atau bahkan lebih lama, dengan hanya 21% dari pembelian yang dilakukan pada hari yang sama seseorang menemukan produk yang dicari.

Mempertimbangkan bahwa Instagrammers terbuka dengan platform baru, dan orang-orang menghabiska waktu untuk lebih memahami produk yang akan dibeli, maka tes ini memberikan pengalaman berharga bagi pengguna Instagram dalam belanja online.

Untuk menguji pengalaman baru dalam berbelanja di Instagram, sudah ada 20 brands di Amerika Serikat. Produk tersebut di antaranya adalah Abercrombie & Fitch, BaubleBar, Chubbies, Coach, Hollister, J.Crew, JackThreads, kate spade new york, Levi’s Brand, Lulus, Macy’s, Michael Kors, MVMT Watches, Target, Tory Burch, Warby Parker dan Shopbop.

Dengan begitu posting produk jadi lebih mendalam, sehingga lebih mudah untuk Instagrammers untuk meninjau, mempelajari dan mempertimbangkan produk yang akan dibeli. Dalam hal ini, setiap posting akan memiliki ikon untuk di-tap di bagian kiri bawah foto. Ketika Anda mengetuk tag produk, maka akan tampil lima produk dan harganya. Setelah tag dipilih tampilan rinci produk baru akan terbuka.

Fungsi ini akan membawa informasi penting produk untuk konsumen secara langsung, tanpa harus meninggalkan aplikasi instagram. Konsep ini mungkin hampir mirip dengan implementasi Google Assistant pada aplikasi Google Allo. Namun pada Instagram fokusnya adalah jenis dan kategori produk yang dijual.

Kemudian, jika konsumen melakukan tap pada link Shop Now dari rincian produk, mereka akan langsung masuk otomatis ke website produk bisnis tersebut, sehingga seseorang bisa lebih mudah dalam membeli produk yang diinginkan.

Pada fase awal ini, fitur belanja pada Instagram tersebut baru akan tersedia untuk pengguna perangkat iOS di Amerika Serikat. Belum ada informasi, kapan fitur ini akan ditawarkan di negara lain termasuk Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *