Cara Membuat Email Dengan Menggunakan Smartphone

Diposting pada

Jika kamu sering bersentuhan dengan internet, pasti paham keberadaan email atau electronic mail sangat penting. Saat ini, hampir semua proses registrasi layanan tertentu termasuk media sosial selalu meminta orang untuk mencantumkan alamat email. Nah jika kamu belum memiliki alamat email, maka harus membuatnya terlebih dahulu agar proses pendaftaran bisa dilanjutkan.

Memang sebagian besar orang sudah memiliki email. Tapi tidak menutup mata banyak juga orang yang baru mengenal internet kebingungan ketika diminta memasukkan alamat email untuk mendaftar media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain-lain.

Memang adakalanya permintaan alamat email bisa diganti dengan nomor ponsel. Tapi ada juga yang memang mengharuskan alamat email. Jadi suka tidak suka dan mau tidak mau, kamu harus membuat alamat email terlebih dahulu. Jika tidak, maka proses registrasi akan batal dan gagal.

Sebelumnya mendaftar, pahami terlebih dahulu apa itu email. Email kepanjangan dari electronic mail atau surat elektronik. Jika kamu pernah berkirim surat dengan menggunakan layanan pos dan kotak pos. Fungsinya email hampir sama, namun dalam bentuk elektronik.

Lewat email, kamu bisa mengirimkan surat ke orang lain atau perusahaan. Memang pesan bisa dikirimkan lewat sms, bbm, whatsapp dan cara lain. Tapi untuk surat resmi bisa menggunakan email. Tidak cuma bisa mengirimkan surat, kamu juga bisa menerima surat dari orang lain.

Surat yang masuk akan masuk ke dalam kotak surat atau inbox. Surat itu bisa kamu balas lagi dengan mudahnya. Sederhananya, begitu pola email yang berlaku.

Email sudah digunakan untuk surat menyurat resmi saat ini. Ada banyak keuntungan menggunakan email dibandingkan dengan menggunakan jasa pos seperti dua puluh tahun silam. Pertama, kecepatan. Email bisa dikirimkan sangat cepat hanya beberapa detik setelah kamu mengirimkannya si penerima sudah bisa membaca email kamu.

Meskipun lokasi penerima berada di luar negeri yang membutuhkan perjalanan pesawat berjam-jam, email tetap bisa dikirimkan secara cepat. Bandingkan dengan surat menyurat dengan pos yang membutuhkan waktu berhari-hari agar sampai ke tangan orang yang dituju.

Kedua, biaya pengiriman email sangat murah. Hanya dengan tersambung jaringan internet kamu bisa mengirimkan dan menerima email. Akses email juga bisa diperoleh lewat ponsel pintar atau smartphone. Jadi tidak merepotkan dan biayanya sangat minim.

Bandingkan dengan pengiriman surat menggunakan jasa pos biaya yang dibutuhkan jauh lebih mahal karena pengiriman membutuhkan alat transportasi baik darat, laut atau udara. Belum lagi ada risiko, surat tidak sampai ke alamat yang dituju, surat rusak, bencana alam dan lain-lain.

Karena keunggulannya itulah, kini email lebih dipilih ketimbang jasa pos. Meskipun pada kondisi tertentu pengiriman surat dengan menggunakan jasa pos tetap dibutuhkan. Terutama untuk kebutuhkan surat menyurat yang mengharuskan seseorang mencantumkan tanda tangan basah. Biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk kebutuhan administrasi perbankan, kerjasama bisnis atau lamaran kerja.

Jadi meskipun penggunaaan jasa pos kini sudah jauh berkurang, tapi kebutuhan pengiriman surat tetap ada. Itu sebabnya bisnis kantor pos masih tetap eksis terutama dengan berinovasi dan mengembangkan layanan di bidang lain seperti pembayaran tagihan berbagai macam cicilan rutin.

Kembali ke topik email, zaman sudah berkembang sedemikian rupa. Internet telah mengubah wajah dunia. Jika kita tidak mengikuti arus yang ada, maka posisi kita akan semakin tergerus. Email bisa dibilang sebagai kebutuhan mutlak saat ini.

Hal sederhana yang kerap saya temui adalah kebingungan seseorang yang baru pertama kali menggunakan smartphone dan ingin bergabung dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain-lain. Mereka bingung saat diminta mengisi alamat email. Untuk itu saya rasa perlu diulas lagi cara membuat email terutama dengan menggunakan ponsel atau smartphone.

Cara Membuat Alamat Email dengan Smartphone

Sebenarnya hampir setiap smartphone sudah memiliki aplikasi email bawaan dari pabrik. Jika menggunakan ponsel berbasis android, ada juga aplikasi Gmail karena android dan gmail sama-sama dimiliki oleh Google. Namun penggunaan aplikasi itu hanya jika sudah memiliki alamat email sebelumnya. Jadi aplikasi tersebut hanya untuk memudahkan kamu memantau email dan pesan-pesan yang masuk.

Jika belum memiliki alamat email. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan browser internet yang ada di ponsel misalnya Chrome, Mozilla, Opera atau internet browser yang lain. Kali ini kita akan membuat email dengan domain Gmail.

1. Masuk ke salah satu browser dan ketik www.gmail.com untuk masuk ke halaman utama.

2. Setelah halaman Gmail terbuka, akan muncul kolom isian alamat email dan password (kata sandi). Kolom tersebut hanya berlaku bagi kamu yang sudah memiliki alamat email di Gmail. Jika belum maka harus mendaftar terlebih dahulu.  Caranya dengan tap atau sentuh tulisan Buat Akun.

3. Ada formulir pendaftaran email yang harus kamu isi di sini. Isi nama depan dan nama belakang, Lalu pilih nama pengguna, nama ini yang akan menjadi alamat email kamu. Jika kamu mengisi misalnya sayaganteng, maka nanti alamat email kamu sayaganteng@gmail.com. Jika ternyata nama email yang kamu ajukan sudah ada yang membuatnya dengan nama sama, pilih alternatif nama yang disarankan Gmail atau kamu ganti dengan nama lain.

Selanjutnya buat kata sandi atau password. Kata sandi adalah huruf atau gabungan huruf dengan angkat yang hanya kamu yang tahu, yang akan digunakan untuk masuk ke akun Gmail kamu nantinya. Sebaiknya gunakan kata sandi gabungan huruf dan angka misalnya lebay2016.

Isi pula kolom lainnya seperti tanggal lahir dan gender. Untuk gender ada tiga pilihan yaitu wanita, laki-laki atau lainnya. Isi juga nomor ponsel, karena kadangkala diminta konfirmasi melalui sms. Ada kolom alamat email Anda saat ini. Jika sebelumnya belum pernah memiliki email, kolom ini bisa dikosongkan alias tidak perlu diisi. Jika sudah diisi semua klik Lanjutkan.

4. Setelah formulir pendaftaran diklik Lanjutkan, akan muncul Persyaratan dan Ketentuan. Kamu bisa membacanya sekilas dan klik Setuju. Selamat, kamu sudah memiliki akun Gmail sekarang.

Kamu bisa masuk ke akun Gmail dengan memasukkan alamat email yang tadi dibuat dengan kata sandi yanga tadi dibuat juga. Setelah memiliki alamat email sendiri, kamu bisa mendaftar berbagai media sosial dan melakukan surat menyurat dengan orang lain secara cepat.     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *