Cara Cepat Transfer Video Ukuran Besar dari Smartphone ke Laptop Tanpa Perlu Kabel

Diposting pada

Kadangkala kita terlalu asyik mengambil gambar dan video dengan menggunakan kamera ponsel. Sampai-sampai tidak sadar bahwa memori ponsel sudah penuh berisi file foto dan video berukuran besar. Akibatnya kinerja smartphone menjadi lemot dan sangat mengganggu.

Anda mungkin berpikir untuk membuang saja foto dan video tersebut agar kinerja smartphone kembali normal. Tapi di sisi lain, ada rasa enggan dan sayang kalau membuang momen bersejarah dan penuh kenangan. Nah mau tidak mau, kita harus memindahkan foto dan video atau file berukuran lainnya ke perangkat lain misalnya laptop atau personal computer (PC).

Cara konvensional yang biasa dilakukan adalah memindahkan file dengan menggunakan kabel data. Jadi peran smarphone seperti flashdisk yang isinya dipindahkan ke laptop.

Cara ini gampang dilakukan, karena Anda tinggal menyambungkan ponsel ke laptop dengan kabel data. Dan data dapat dipindahkan dari smarphone ke hard disk laptop. Dibutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukannya. Jika ukurannya besar seperti video, waktu transfer akan lebih lama.

Cara lainnya yang bisa ditempuh adalah dengan mentransfer data menggunakan bluetooth. Cara ini juga mudah asalkan ponsel dan laptop sama-sama memiliki fitur bluetooth. Namun proses transfer via bluetooth memakan waktu lebih lama lagi. Untuk satu file video berukuran 50 MB saja bisa memakan waktu transfer data hingga 15 menit.

Nah buat kamu yang menginginkan bisa mentransfer data baik file, foto atau video berukuran besar dari smartphoe ke laptop, kamu bisa menggunakan aplikasi ShareIt. Berikut ini, cara transfer video ukuran besar dari smartphone ke laptop.

Cara Kilat Transfer File Besar dengan ShareIt

ShareIt adalah aplikasi untuk transfer data yang bisa dipergunakan multiplatform. Aplikasi ini bisa dipergunakan di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, laptop dan PC.
Untuk smartphone, penggunaanya juga bisa dilakukan antar perangkat android atau lintas sistem operasi misalnya android dengan iOS.

Sebelumnya bisa memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lain, yang perlu Anda lakukan adalah meninstal aplikasi ShareIt di kedua perangkat. Dalam hal ini, jika Anda ingin mentransfer file dari ponsel ke laptop. Maka ponsel dan laptop tersebut harus sudah terinstal ShareIt terlebih dahulu.

Syarat lainnya yang diperlukan untuk mentransfer data adalah adanya jaringan Wifi. Anda tidak perlu khawatir, karena proses ini setahu saya tidak memakan data internet.

Pertama, menginstal ShareIt di Ponsel. Download dan instal ShareIt di smartphone di sini:ShareIt. Setelah terinstal ikuti tutorial yang berjalan otomatis dan tap start untuk memulai.

Kedua, instal ShareIt di laptop Anda. Download dan instal ShareIt di sini: ShareIt. Ikuti tutorial yang berjalan otomatis dan Start untuk memulai.

Ketiga, buka ShareIt di smarphone Anda. Dan juga buka ShareIt di laptop Anda. Kembali ke ShareIt di smartphone, ada pilihan menu KIRIM dan TERIMA.  Pilih menu KIRIM. Di situ akan muncul kategori data yang ada di smartphone Anda yakni file, video, aplikasi, foto dan musik. Pilih salah satu, misalnya video. Tentukan video mana yang akan dikirimkan.

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-cepat-transfer-video-ukuran-besar.html

http://www.whaffindonesia.com/2016/11/cara-cepat-transfer-video-ukuran-besar.html

Tap KIRIM, maka aplikasi ShareIt akan mendeteksi aplikasi ShareIt yang terdekat. Pilih ShareIt dengan nama laptop Anda. Selanjutnya, video atau file berukuran besar tersebut akan terkirim hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Cara yang sama dapat dilakukan untuk mengirimkan data video, foto, file dari laptop ke smartphone.

Cara ini sangat mudah praktis dan cepat. Saya rasa, untuk saat ini ShareIt menjadi cara paling cepat untuk mentransfer data. Setelah bisa mentransfer dengan menggunakan smarphone ke laptop atau PC, Anda bisa mencoba mentransfer data dari ponsel android ke iOS dengan cara yang hampir sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *