Inilah Ajang Penghargaan Bagi Pengguna Media Sosial di Indonesia

Diposting pada

Untuk pertama kalinya, ajang pemberian penghargaan bagi pengguna sosial media di Indonesia akan digelar. Sayangnya, tak semegah nama acaranya daftar nominasi dalam ajang ini masih dipenuhi oleh nama-nama selebritis Tanah Air. Sedangkan para insan kreatif dari media sosial yang sebenarnya hanya menjadi penonton saja.

Ajang penghargaan ini digelar oleh stasiun televisi SCTV dengan nama Indonesian Social Media Awards (ISMA) 2016. Dalam pernyataannya, SCTV ingin menggunakan ajang ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para pengguna media sosial di Indonesia.

Sayangnya jika dilihat dari konsep yang disajikan, acara ini hanya menonjolkan popularitas para artis yang memang sudah wara-wiri tamppil di televisi. Sedangkan netizen hanya akan dilibatkan sebagai orang-orang yang memberikan voting semata. Nyaris tak ada bedanya dengan voting ajang penghargaan sejenis yang sudah banyak diselenggarakan.

Usaha untuk melibatkan sosok populer di media sosial bukan tak dilakukan oleh SCTV. Mereka mencoba memberikan penghargaan pada orang-orang yang konsen berkarya lewat media sosial. Tapi memang belum terlihat nyata, karena nama-nama yang terjaring tak banyak.

Sebut saja, SCTV melibatkan Awkarin yang kontroversial dan populer lewat Youtube. Ia akan dihadirkan dalam ajang ini. Dalam pernyataan yang disampaikan SCTV sendiri menginginkan ISMA bertujuan agar media sosial benar-benar dapat menularkan virus positif pada masyarakat. Sedangkan penggunaan media sosial yang negatif dihilangkan.

Pesan moral yang mulia itu bisa jadi bertolak belakang jika sosok Awkarin dihadirkan dan diberi tempat spesial sebagai seorang selebritis media sosial yang layak dapat penghargaan. Maklum, Awkarin hadir bukan menebarkan karya dan pesona yang membanggakan.

Justru sebaliknya, terlalu banyak perilaku negatif yang dianggap melanggar norma-norma kesusilaan yang dianut masyarakat saat ini. Meskipun, hal tersebut masih kontroversial.

Jika ingin menjadi ajang penghargaan media sosial yang sebenarnya, SCTV sebenarnya bisa menjaring orang-orang yang memang selama ini berkreasi lewat media sosial. Tentu saja tak semuanya harus berbau entertainment. Di luar sana banyak sekali merek atau brand yang menggunakan media sosial sebagai media kampanye yang utama. Mereka juga layak mendapat penghargaan.

Selain itu, para pelaku UKM juga kreatif menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter untuk memasarkan produk mereka. Pemasaran dengan media sosial dipandang lebih murah dan efisien. Cara mereka menyajikan konten iklan lewat media sosial juga layak diapresiasi.

Para kreator video Youtube juga sangat mengesankan. Mereka serius menggarap video berbagai tema dengan kreasi yang menarik dan mendapatkan ribuan bahkan jutaan viewer. Video mereka adalah karya yang layak diapresiasi sama juga dengan karya video jurnalistik yang dihasilkan oleh insan pers.

Ini ajang ISMA yang pertama, siapa tahu di periode berikutnya, nominasi yang diciptakan bisa menjangkau pengguna media sosial yang sebenarnya.

Berikut ini nomimasi ISMA 2016

Cara Vote ISMA 2016

Twitter Vote
1 Akun Satu Vote untuk setiap Kategori
Setiap Tweet hanya boleh ada satu Kategori
Penulisan Vote harus sesuai yang telah ditentukan

Facebook Vote
Satu Akun Satu Vote untuk setiap Kategori
Klik Like dari Foto Nominasi yang akan dipilih di akun Facebook SCTV

Instagram Vote
Love Foto Nominasi yang akan dipilih di akun Instagram SCTV

Vote diberikan dari tanggal 20 hingga 30 Oktober 2016

Nominasi ISMA Indonesian Social Media Awards 2016

NOMINASI MALE CELEB INSTAGRAM 2K16 : #ISMA1(spasi)Nama
EdhoZell
Radityadika
Chandraliow
Iqbal
TeukuRasya

NOMINASI FEMALE CELEB INSTAGRAM 2K16 : #ISMA2(spasi)Nama
AyuTingTing
Raisa
LaudyaChynthiabella
RiaRicis
Syahrini

NOMINASI MALE CELEB FACEBOOK 2K16 : #ISMA3(spasi)Nama
Aliando
MarioTeguh
VidiAldiano
Afgan
RaffiAhmad

NOMINASI FEMALE CELEB FACEBOOK 2K16 : #ISMA4(spasi)Nama
AgnezMo
Raisa
BCL
Fatin
Prilly

MALE CELEB TWITTER 2K16 : #ISMA5(spasi)Nama
Radityadika
Afgan
Aliando
RaffiAhmad
Ernest

NOMINASI FEMALE CELEB TWITTER 2K16 : #ISMA6(spasi)Nama
AgnezMo
Raisa
AudiMarisa
Melody
Prilly

NOMINASI MALE CELEB SNAPCHAT 2K16 : #ISMA7(spasi)Nama
Keenan
Iqbal
Kiki
Gamaliel
Joshua

NOMINASI FEMALE CELEB SNAPCHAT 2K16 : #ISMA8(spasi)Nama
Dian
Aurel
Pevita
Awkarin
Raisa

VIDEO MAKER VIDIO 2K16 : #ISMA9

NOMINASI VIDEO MAKER YOUTUBE 2K16 : #ISMA10(spasi)Nama
LDP
YoungLex
RezaOktovian
Radityadika
Skinnyindonesia24

NOMINASI KID CELEB SOCIAL MEDIA 2K16 : #ISMA11(spasi)Nama
EL
Kirana
Quenzino
Rafatar
Gempit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *