Google Pixel Bisa Jadi Penantang Serius Apple dan Samsung

Diposting pada

Google sebagai pemilik sistem operasi android, kini merangsek masuk ke bisnis smartphone secara langsung. Tak main-main ponsel pertama yang diluncurkan bernama Google Pixel dirancang untuk head to head dengan pemimpin pasar saat ini, Apple dan Samsung.

Ini terlihat dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Pixel. Dengan harga termurah US$ 650, Pixel memang harus berhadapan langsung dengan Apple dan Samsung.

Apple, produsen smartphone iPhone mengusung sistem operasi iOS yang dimiliki dan digunakan sendiri secara ekslusif. Ini menjadikan perangkat ini berkelas dan tidak disamai oleh smartphone lainnya.

Sedangkan persaingan dengan Samsung akan menjadi rumit. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini mengusung sistem operasi android. Android memang bisa dipergunakan oleh semua perangkat smartphone. Namun Samsung seolah menjadi ikon android yang dikembangkan oleh Google. Brand android sudah terlanjut melekat pada perangkat Samsung.

Samsung sendiri sebenarnya sudah mengembangkan sistem operasi sendiri bernama Tizen. Namun sistem operasi yang digarap bersama-sama dengan Linux ini tak cukup populer. Dukungan pada sistem operasi ini seperti jumlah aplikasi yang bisa diinstal pada Tizen masih sangat terbatas. Jadi Samsung masih akan mengandalkan sistem operasi android hingga waktu yang lama.

Namun dengan kehadiran Pixel yang diusung langsung oleh pemilik sistem operasi Adroid akan menghadirkan persaingan yang rumit. Apalagi Pixel menyasar pasar premium yang selama ini digarap oleh Samsung. Kendati begitu, Samsung sudah menancap terlalu kuat sebagai brand smartphone.

Google butuh biaya dan kerja keras untuk mengangkat brand Pixel sejajar di antara para pesaingnya. Biaya promosi Pixel sangat besar dan Google menyediakannya. Di awal peluncurannya saja, Google sudah mengeluarkan US$ 3,2 juta atau setara Rp 42,5 miliar untuk mempromosikan Pixel di layar televisi.

Raksasa bisnis mesin pencari ini punya sumber daya yang kuat untuk mengangkat Pixel ke permukaan. Sebagai contoh, Pixel bisa menjadi perangkat yang mengusung versi android terbaru seperti android 7.1. Begitu juga dengan layanan aplikasi cerdas Google Assistant yang terintegrasi langsung ke perangkat Pixel. Artinya, Pixel bakal memposisikan diri sebagai perangkat android yang ekslusif.

Sementara persaingan dengan iPhpne, terlihat dari penampilan fisik Pixel yang mirip Apple. HTC memang menjadi perakit Pixel. Namun desain Pixel seluruhnya dilakukan oleh Google.

Pengguna iPhone juga digoda untuk beralih ke Pixel. Google memang menyediakan kabel khusus yang dinamai Quick Switch Adapter dengan ujung lightning untuk iPhone dan ujung lainnya USB tipe C untuk disambungkan ke Pixel. Kabel tersebut dapat dipergunakan untuk memindahkan data seperti file foto dan kontak dari iPhone ke Pixel.

Dari sisi performa, Pixel juga sangat mumpuni. Sejumlah media asing yang sudah sempat menjajal smartphone ini memberikan ulasan yang mengaggumkan. Pixel yang menggunakan prosesor Snapdragon 821 dengan RAM 4 GB disebut sebagai perangkat android tercepat yang pernah ada. Untuk kamera, Pixel memasang kamera utama 12,3MP dan kamera depan 8MP. Hasil kamera juga sangat bagus dan memuaskan.

Secara keseluruhan, performa Pixel dianggap mumpuni. Meskipun ada satu yang disayangkan oleh para pemerhati teknologi, Smartphone premium ini tidak melengkapi perangkatnya dengan kemampuan anti air. Perangkat ini memang bisa menahan cipratan air melalui sertifikasi IP53, namun tidak bisa diajak berenang.

Pixel diluncurkan dalam dua seri yakni seri Pixel dan Pixel XL. Berikut ini spesifikasinya:

https://madeby.google.com/phone/specs/

Pixel

Display: 5.0 inches, FHD AMOLED at 441ppi, 2.5D Corning® Gorilla® Glass 4.
Size: 5.6 x 2.7 x 0.2 ~ 0.3 inches, 143.8 x 69.5 x 7.3 ~ 8.5 mm
Battery: 2,770 mAh battery, Standby time (LTE): up to 19 days, Talk time (3g/WCDMA): up to 26 hours, Internet use time (Wi-Fi): up to 13 hours, Internet use time (LTE): up to 13 hours, Video playback: up to 13 hours, Audio playback (via headset): up to 110 hours, Fast charging: up to 7 hours of use from only 15 minutes of charging.

Pixel XL

Display: 5.5 inches, QHD AMOLED at 534ppi, 2.5D Corning® Gorilla® Glass 4
Size: 6.0 x 2.9 x 0.2 ~ 0.34 inches, 154.7 x 75.7 x 7.3 ~ 8.5 mm
Batteray: 3,450 mAh battery, Standby time (LTE): up to 23 days, Talk time (3g/WCDMA): up to 32 hours, Internet use time (Wi-Fi): up to 14 hours, Internet use time (LTE): up to 14 hours, Video playback: up to 14 hours, Audio playback (via headset): up to 130 hours, Fast charging: up to 7 hours of use from only 15 minutes of charging.

Seri Pixel dan Pixel XL sama-sama mengusung spesifikasi:

Design: Aerospace-grade aluminum unibody, Glass shade with 2.5D Corning Gorilla Glass 4
Memory: 4GB LPDDR4 RAM
Display Characteristics: 100% NTSC, 100000:1, super contrast ratio, True black level, Full 24-bits depth or 16.77 million colors, Less than 40% brightness decrease at 30 degree viewing angle,
Storage: 32 or 128GB
Processor: Qualcomm® Snapdragon™ 821 (MSM8996 pro), Quad Core 2x 2.15GHz / 2x 1.6GHz
Main Camera: 12.3MP, Large 1.55μm pixels, Phase detection autofocus + laser detection autofocus, f/2.0 Aperture
Front Camera: 8MP, 1.4µm pixels, f/2.4 Aperture, Fixed focus
Video: 1080p @ 30fps, 60fps, 120fps. 720p @ 30fps, 60fps, 240fps. 4K @ 30fps.

Sebagai gambaran saja, harga Pixel diperkirakan sekitar Rp 11 juta dan Pixel XL sekitar Rp 11,8 juta. Belum jelas kapan Pixel akan masuk ke pasar Indonesia. Menarik untuk dinanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *