Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android dari Ponsel

Diposting pada

Ketersediaan aplikasi gratis yang berlimpah di Play Store membuat orang dengan mudahnya menginstal aplikasi baru. Tanpa sadar, jumlah aplikasi yang terpasang di smartphone pun membludak.

Dengan kapasitas memory dan ram yang terbatas, kinerja ponsel menjadi lemot. Mau tak mau, kamu harus mencopot atau uninstal aplikasi yang kurang diperlukan.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan ponsel android, menghapus aplikasi yang terpasang bisa dilakukan dengan mudah. Tapi sebagian orang masih bingung dan belum tahu cara uninstal aplikasi android yang bikin lelet.

Jika aplikasi android tersebut memang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas atau pekerjaan sehari-hari, sebaiknya aplikasi tersebut dipertahankan. Persoalannya, kadang orang menginstal aplikasi bukan karena kebutuhan tapi sekedar mengikuti tren atau cuma penasaran.

Kasus seperti itu biasanya terjadi ketika ada game atau aplikasi baru yang tengah populer. Entah mengetahui informasi tersebut dari teman, atau mendengar atau membacanya dari media, orang menjadi penasaran dan akhirnya menginstal aplikasi yang tengah tren.

Sebagian orang akan mempertahankan aplikasi yang diinstal karena sesuai kebutuhan entah untuk mendukung aktivitas sehari-hari atau sekedar mencari kesenangan. Tapi sebagian besar orang, hanya mempertahankan aplikasi dalam waktu singkat. Begitu rasa penasarannya habis, ia akan mencopot aplikasi tersebut.

Alasan orang uninstal aplikasi android, biasanya karena memang tidak sesuai dengan ekspektasi. Ada juga yang memang menikmati aplikasi tersebut, namun sudah mencapai titik akhir misalnya pada game tebak gambar yang sudah selesai mengerjakan semua level.

Sedangkan alasan sebagian besar orang mencopot aplikasi android adalah untuk menjaga performa smartphone yang dimiliki. Maklum, pemasangan aplikasi android yang terlalu banyak membebani smarphone. Suka tidak suka, harus ada aplikasi yang dihapus.

(Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Modal Cuma Facebook dan Android)

Pencopotan aplikasi android biasanya juga dilakukan jika seseorang ingin menginstal aplikasi baru yang membutuhkan memory cukup besar. Ketika proses instalasi aplikasi gagal karena tidak tersedia ruang penyimpanan yang cukup, mau tidak mau harus mencopot aplikasi yang sudah ada. Dalam hal ini, orang akan memprioritaskan aplikasi baru yang dipandang lebih diperlukan.

Nah bagi yang masih bingung bagaimana cara mencopot pemasangan aplikasi android, berikut ini saya jelaskan secara detil. Ada dua cara termudah untuk uninstal aplikasi android.

1. Melalui Play Store

Kamu bisa mencopot atau uninstal aplikasi android melalui Google Play Store. Jadi bukan cuma buat menginstal yang, Play Store juga bisa dipergunakan jika kamu ingin mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

Pertama, masuk ke Play Store dan pilih menu di sebelah kiri atas yang berbentuk tiga bar.

Kedua, pilih Aplikasi dan Game Saya.

Ketiga, pilih aplikasi yang akan dicopot pemasangannya. Lalu klik Uninstal. Tunggu sampai prosesnya selesai dan aplikasi sepenuhnya dihapus dari ponsel kamu.

2. Melalui Manager Aplikasi

Kamu juga bisa mencopot pemasangan atau uninstal aplikasi android yang mengganggu lewat manager aplikasi. Dengan cara ini, kamu juga bisa melakukan pencopotan aplikasi apapun sama halnya dengan pencopotan melalui Play Store.

Pertama, usap layar ponsel dari atas ke bawah sehingga muncul berbagai menu pengaturan.

Kedua, klik ikon berbentuk gerigi roda. Lalu pilih Manajer Aplikasi.

Ketiga, pilih aplikasi yang kan diuninstal. Selanjutnya pilih Hapus Instalan. Tunggu hingga prosesnya selesai dan pencopotan berhasil 100%.

Dua cara tersebut bisa kamu lakukan jika ingin mencopot pemasangan aplikasi android yang kamu instal sendiri. Namun, ada aplikasi android bawaan pabrik yang tidak bisa diuninstal.

Aplikasi tersebut biasanya tidak pernah kamu pakai karena tidak semuanya diperlukan, tapi selalu meminta update aplikasi. Jika aplikasi bawaan pabrik dirasa membebani kinerja ponsel sebaiknya kamu hapus data di aplikasi tersebut atau hapus instalan. Jangan lakukan update otomatis atas aplikasi tersebut karena percuma beban android bertambah tapi aplikasi tersebut tak pernah dijamah.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca di sini: Cara Menghapus Update Instalan Aplikasi Android Agar Tidak Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *