Cara Melaporkan Aplikasi Android Yang Menipu dan Tidak Membayar

Diposting pada

Saat ini, banyak sekali aplikasi android yang menawarkan berbagai macam imbalan bagi orang yang menginstal dan menjalankan aplikasinya. Imbalan yang diberikan dapat berupa uang, pulsa atau voucher belanja.

Sebagian aplikasi memang betul terbukti memberikan imbalan sesuai yang dijanjikan, namun banyak juga yang menipu alias tidak memberikan apa-apa sesuai deskripsi aplikasi. Nah, aplikasi-aplikasi tersebut sebaiknya dilaporkan ke Google Play Store.

Loading...

Google Play Store sendiri menginginkan toko aplikasinya menjadi yang terpercaya. Jadi Google Play Store tidak menginginkan ada aplikasi yang melakukan pelanggaran kebijakan komunitas apalagi menipu. Dengan demikian, setiap laporan yang dikirimkan oleh pengguna adroid akan sangat dihargai.

Di antara sekian banyak aplikasi yang memberikan imbalan, kamu harus jeli memilih yang benar-benar membayar dan terpercaya di antaranya yang terbaik adalah Whaff Rewards dan Whaff Locker yang memberikan imbalan berupa uang dan pulsa dan Cashtree yang memberikan pulsa.

Pada dasarnya aplikasi android merupakan sebuah bisnis. Jadi ketika ada pengembang yang menawarkan imbalan atau rewards dalam bentuk uang atau pulsa, tidak berarti mereka akan rugi. Sebagai sebuah bisnis tentu saja orientasi pengembang aplikasi adalah mencari keuntungan.

Imbalan berupa uang dan pulsa sebenarnya tidak diberikan secara cuma-cuma. Orang yang menggunakan aplikasi tersebut diminta untuk melakukan tugas-tugas tertentu seperti download aplikasi, mengisi survei atau menonton video iklan.

Nah pengembang aplikasi meraih pendapatan dari aktivitas tersebut. Pada dasarnya, setiap ada orang yang download aplikasi yang ditawarkan, Whaff Rewards dan Cashtree akan menerima pembayaran dari pihak yang aplikasinya sudah dipromosikan. Nah pendapatan itu dibagikan dengan pengguna aplikasi dalam bentuk profit sharing.

Selain itu, pengembang aplikasi pemberi imbalan juga meraih penghasilan dari iklan Admob yang tayang setiap aplikasi dijalankan. Dengan demikian, meskipun harus membayar para user aplikasi itu, pengembang tetap mendapatkan keuntungan yang besar.

Celakanya, tak semua pengembang aplikasi pemberi rewards jujur. Ada yang hanya sekedar mencari keuntungan dari aktivitas download dan iklan yang tayang, tapi tidak mau membayar para usernya. Pengembang dan aplikasi yang menipu seperti ini yang harus dilaporkan.

Kasihan juga ketika banyak orang sudah menghabiskan kuota internet untuk menjalankan tugas-tugas dari aplikasi pemberi rewards, tapi ujung-ujungnya imbalan tidak dibayarkan.

Ada juga pengembang yang hanya membayar kepada beberapa orang saja, sehingga terkesan terus membayar para penggunanya. Tapi pembatasan yang dilakukan sangat banyak, misalnya waktu penarikan imbalan hanya beberapa menit dan tidak jelas kapan waktunya. Selain itu, orang yang bisa menarik pembayaran juga dibatasi hanya beberapa saja.

Aplikasi yang melakukan menggunakan trik tersebut adalah Celengan. Awalnya, aplikasi ini menjanjikan pulsa gratis yang sangat besar. Pertama kali instal aplikasinya saja sudah dibayar Rp 13.000. Selanjutnya untuk mendapatkan pulsa minimal Rp 25.000 agar bisa ditarik sangat mudah.

Awalnya pembayaran pulsa lancar meskipun harus menunggu dua atau tiga hari baru pulsa dikirimkan. Tapi kini tidak lagi. Redeem pulsa selalu ditolak dan entah kapan bisa dilakukan penarikan pulsa. Hanya satu dua orang saja yang mengaku masih dibayar, sedangkan mayoritas pengguna tidak mendapatkan pembayaran lagi.

Celengan mungkin tidak terlalu buruk karena setidaknya pernah membayar para usernya. Tapi banyak juga aplikasi yang benar-benar menipu. Hanya memberikan janji imbalan yang besar tapi tidak pernah membayar sama sekali.

Untuk menghindari aplikasi penipu seperti itu, sebenarnya kita bisa melakukan riset kecil-kecilan. Ini bisa dilakukan dengan cara melihat reputasi pengembang aplikasinya. Jika nama pengembang aplikasi tidak pernah terdengar, kamu patut meragukan aplikasi yang ditawarkan.

Atau jika pengembang tersebut pernah menawarkan aplikasi sejenis dan terbukti menipu, maka jangan instal aplikasi lain yang mereka tawarkan. Kita bisa mengecek informasi tersebut dengan browsing di mesin pencari.

Tapi pada kasus aplikasi Celengan memang banyak yang kecele. Aplikasi ini ditawarkan oleh perusahaan pengembang yang sudah cukup besar dan dikenal yakni FSN Asia dan Adplus Digital Solusindo. Asumsi saya sih, pengembang aplikasi ini salah menerapkan strategi promosi di awal yang memberikan pulsa gratis dengan mudahnya. Padahal belum ada pendapatan dari aplikasi ini.

Atau bisa jadi sebaliknya, strategi pulsa gratis berlimpah di awal memang diterapkan agar banyak orang tertarik. Setelah ratusan ribu orang menginstal aplikasi Celengan baru dipersulit bahkan pembayarannya juga dipersulit karena hanya satu dua orang saja yang bisa memperolehnya.

Selain penipuan, kamu juga bisa melaporkan aplikasi android karena berbagai pelanggaran yang dilakukan seperti menyajikan konten pornografi, kekerasan, atau hal lain yang dianggap tidak pantas. Tujuannya, untuk mencegah agar orang lain tidak kecewa dan tertipu dengan aplikasi tersebut.

Untuk melaporkan aplikasi yang menipu, kamu bisa melakukannya lewat Google Play Store baik dari ponsel android atau desktop.

Pertama, masuk ke Play Store, cari aplikasi yang akan di laporkan.

Kedua, setelah aplikasi yang dicari ketemu. Lihat di bagian bawah deskripsi aplikasi. Pilih atau klik Flas as inappropriate atau laporkan sebagai tidak pantas.

http://www.whaffindonesia.com/2016/10/cara-melaporkan-aplikasi-android-yang.html

Ketiga, pilih alasanmu kenapa aplikasi tersebut tidak pantas. Jika tidak ada alasan yang sesuai kamu bisa pilih opsi terakhir yakni Other Objection. Klik submit lalu isi deskripsi alasannya secara detil bisa dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

http://www.whaffindonesia.com/2016/10/cara-melaporkan-aplikasi-android-yang.html
http://www.whaffindonesia.com/2016/10/cara-melaporkan-aplikasi-android-yang.html

Google Play sangat menghargai laporan yang kamu bikin. Biasanya setelah mengisi laporan tersebut, kamu akan mendapatkan email berupa ucapan terimakasih karena Google Play Store ingin menjadi toko aplikasi terpercaya. Google Play bisa melakukan tindakan tertentu termasuk menghapus aplikasi tersebut dari daftar Play Store.

Selain melaporkan lewat Flag as Inappropriate, kamu juga bisa memberikan rating bintang sedikit misalnya cuma satu. Lalu berikan komentarmu tentang aplikasi tersebut agar orang lain mendapatkan gambaran sebenanya tentang aplikasi yang akan diunduh agar tidak kecewa dan merasa tertipu.

Loading...

One thought on “Cara Melaporkan Aplikasi Android Yang Menipu dan Tidak Membayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *