10 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Clash of Clans (COC)

Diposting pada

Popularitas game bergenre strategi Clash of Clans (COC) tak usah diragukan lagi. Entah sudah berapa rekor yang diraih game besutan Supercell, perusahaan asal  Helsinki, Finlandia ini. Popularitasnya juga tak jua memudar meskipun banyak game baru bermunculan. Orang sudah terlanjur kecanduan dengan permainan seru yang disajikan di COC.

Sejatinya COC memang bukan permainan baru, karena game ini sudah diluncurkan sejak tahun 2012. Dalam perjalanannya game ini merajai pasar game baik di toko android atau iOS. Seiring popularitasnya, tentu saja game ini memberikan penghasilan yang luar biasa besar bagi perusahaan pengembang aplikasi tersebut.

COC menurut saya game strategi yang bisa menguras waktu seseorang. Ini akan sangat mengasyikan bagi gamers hingga lupa waktu. Namun bagi sebagian orang yang tidak menyukai game, melihat seorang gamers COC sebagai sosok yang menyebalkan.

Tak jarang, gamers dicap sebagai seorang pemalas dan urakan. Tapi justru di sini lah keberhasilan sebuah game mempengaruhi orang, membuat orang kecanduan dan menciptakan dunia fantasi tersendiri yakni, fantasi menjadi seorang pemimpin clan.

Game COC biasa dimainkan di smartphone android dan juga iOS. Secara singkat, COC bercerita tentang pertarungan antar clan di masa lampau. Seorang gamer akan berperan menjadi pemimpin clan. Sebagai pemimpin, tugasmu adalah membangun desa dan melatih pasukan tempur. Kelak pasukanmu akan melindungi desa dari serangan clan lain.

Selain itu, jika kekuatanmu sudah mencukupi, kamu bisa melakukan penyerangan ke clan lain untuk mendapatkan sumber daya alam dan kekayaan yang ada. Seorang gamer COC akan dilengkapi dengan meriam, barak dan perlengkapan lainnya.

Jika ingin desa cepat berkembang dan memiliki pasukan tempur yang perkasa, kamu membutuhkan elixir atau gold. Barang premium COC tersebut bisa dibeli dari Google Play Store.

COC menyajikan petualangan yang seru sekaligus menantang. Pasalnya, untuk meraih kenaikan level, butuh waktu dan perjuangan yang tidak mudah. Misi seorang gamer untuk menguasai desa lain misalnya, membutuhkan prajurit seperti barbarian, archer, goblin dan magician.

Semua karakter tersebut memiliki fungsi spesial dalam sebuah pertempuran. Satu sama lain saling membutuhkan agar gerbang kemenangan bisa dimasuki. Semakin banyak clan yang ditaklukkan dan level COC meningkat, semakin tinggi tantangannya. Kamu juga bisa membangun komplotan dengan clan lain untuk saling melindungi atau membantu menyerang clan lain.

Ada fitur My League yang bisa kamu menangkan. Di sini, kamu akan bersaing dengan gamers COC secara global untuk tingkatan seperti Bronze, Silver, Gold, Crystal, Master dan Champion. Untuk mengikuti My League, gamers harus memiliki minimal trophy tertentu terlebih dahulu.

Petualangan seseorang dengan COC tak akan ada habis-habisnya. Seorang gamer akan terus mencari tantangan baru. COC menyediakan fantasi yang tak mudah ditemui di game lain.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.supercell.clashofclans

Berikut ini, 10 informasi penting tentang COC yang perlu kamu ketahui:

1. Game Ponsel dengan Pendapatan Terbesar

Sebagai perusahaan pengembang COC, Supercell mengantongi keuntungan yang melimpah dari permainan strategi ini. Seorang yang sudah kecanduah game tak akan ragu untuk membeli item premium. Dari sanalah COC memperoleh penghasilan utama.

Keuntungan tersebut diperoleh dari penjualan gems. Gems berfungsi untuk mempersingkat waktu pembangunan, resource gold, elixir dan dark elixir dengan cepat. Fungsi lain yang bisa diperoleh dari gems adalah untuk mempercepat upgrade wall, mendirikan bangunan dan yang lainnya.

Berapa pendapatan Supercell dari COC per tahun? Pada tahun 2014, COC pernah merilis pendapatan sebesar US$ 1,7 miliar. Penghasilan tersebut sangat fantastis jika dibandingkan dengan perusahaan pengembang games lainnya.

Dengan pendapatan sebesar itu, Supecell dinobatkan sebagai perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia. Supercell bisa mengalahkan perusahaan ternama lainnya di negara tersebut seperti Nokia.

2. Orang Rela Menghabiskan Jutaan Rupiah untuk Membeli Item Premium COC 

Wajar jika Supercell meraih pendapatan yang fantastis. Pengguna COC yang sangat banyak tak puas hanya mendapatkan fitur-fitur gratis yang disediakan oleh game ini. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli item premium demi membeli kepuasan.

Menurut laporan Business Insider pada tahun 2015, ada seorang pemain COC yang menghabiskan uang lebih dari US$ 1 juta atau setara Rp 13,6 miliar untuk membeli konten premium di game tersebut.

Dugaan sementara, gamer COC yang menghabiskan duit sangat besar itu berasal dari Timur Tengah. Selama ini cukup banyak pemain dari Timur Tengah mendominasi liga teratas COC di tingkat global.  Helsinki, Finlandia, Supercell.

3. Jumlah Pengguna Lebih dari 100 Juta

Jumlah pengguna COC terus bertambah dari waktu ke waktu. Popularitas COC semakin melambung karena para gamers COC membentuk komunitas-komunitas yang kerap berkumpul. Meski tak seheboh popularitas Pokemon Go, namun COC telah mengakar hingga ke semua lapisan masyarakat dari remaja hingga orang tua.

Saat artikel ini ditulis, Google Play Store mencatat jumlah pengguna COC mencapai 100 juta hingga 500 juta orang. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah game strategi.

4. COC Menjadi Top Grossing iPad Game 122 Negara

Popularitas akan membawa berkah dalam bentuk pendapatan. Hal tersebut juga terjadi pada game COC. Di Apple App Store, COC juga menjadi salah satu yang paling populer.

Bukan hanya menduduki urutan teratas dari segi pengguna, COC juga meraih penghasilan teratas di antara aplikasi lainnya. COC berhasil menjadi Top Grossing di sebanyak 122 negara. Wajar jika Supercell menjadi salah satu perusahaan terkaya.

5. COC Diakuisisi oleh Tencent

Sebagai salah satu game terpopuler di dunia, COC menarik perhatian banyak perusahaan lain. Apalagi COC terus mencatat kinerja penjualan yang gemilang. Dalam jangka panjang, COC diprediksi masih akan memberikan pendapatan jumbo.

Wajar banyak perusahaan mengincar COC untuk diakuisisi. Mereka yang berani membeli paling mahal yang mendapatkannya. Baru-baru ini, perusahaan game terbesar di China, Tencent, mengumumkan pembelian mayoritas saham Supercell senilai US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 114 triliun.

Tencent membeli pengembang game COC agar bisa menjamah pasar internasional. Tak cuma Supercell, Tencent juga berinvestasi di beberapa studio game asing seperti Epic Games dan Riot Games.

Sebelum akuisisi tersebut, saham mayoritas Supercell dipegang oleh Softbank dari Jepang. Masuknya Tencent akan mengambil alih sekitar 84,3% dari saham Supercell. Dari jumlah tersebut 72,2% di antaranya adalah milik Softbank.

6. COC Awalnya Hanya Untuk Pengguna iOS

Sejalan dengan penggunaan android yang mencapai lebih dari 1 miliar di dunia, maka pengguna smartphone android lebih besar dari iOS. Tak heran jika, pengguna COC lebih didominasi oleh pengguna perangkat android.

Kendati begitu, tak banyak yang tahu bahwa COC awalnya diluncurkan hanya untuk pengguna perangkat iOS yaitu iPhone, iPad dan iPod. Seiring dengan berjalannya waktu, permainan ini meledak di pasar game.

Akhirnya Supercell mengeluarkan versi yang dapat dimainkan di perangkat Android. Sejak saat itu, perkembangan COC semakin pesat.

7. COC Dapat Dimainkan di Komputer

Sebagian besar orang mengira, COC hanya bisa dimainkan di smartphone. Ternyata tidak. Permainan COC kini bisa dimainkan di personal computer atau PC. Tujuannya untuk mewadahi keinginan para gamers yang tidak puas dengan tampilan grafis dan layar yang terbatas di layar smartphone.

Untuk mendapatkan COC di komputer, seseorang hanya perlu menginstal program COC. Jaringan internet tetap dibutuhkan untuk mendapatkan fantasi permainan yang mengagumkan.

8. COC Rilis Pertama Kali di Amerika Serikat dan Kanada

Sebelum dipasarkan ke hampir seluruh penjuru dunia. Game COC pertama kali di rilis untuk pengguna Amerika Serikat dan Kanada.

Negara tersebut disasar pertama kali karena pasar game di sana sudah lebih matang ketimbang negara-negara lain. Setelah sukses dan meraih pendapatan yang besar, COC mengepakkan sayapnya ke seluruh dunia.

9. Games Terbaik Supercell

Harus diakui bahwa COC merupakan game terbaik yang pernah diluncurkan oleh Supercell. Dari segi pendapatan, COC juga memberikan kontribusi pendapatan terbesar bagi perusahaan. Namun tak banyak yang memperhatikan jika Supercell juga memiliki game lain yang tak kalah populer.

Selain COC, game terbaik terbitan Supercell di antaranya adalah Hay Day. Ini merupakan game strategy bertani yang juga masuk jajaran game dengan pedapatan tertinggi. Game strategi lainnya yang dimiliki oleh Supercell adalah Boom Beach dan Clash Royale.

10. Banyak Beredar Tiruan COC

Kesuksesan COC menjadi inspirasi para pengembang aplikasi lain untuk memunculkan game serupa. Berbagai game pun muncul dengan tema dan grafis yang mirip-mirip. Sebagian ada yang terkesan meniru COC, namun ada juga yang mempu menghadirkan gameplay yang lebih menarik.

Sederet permainan yang mirip COC akan muncul jika kamu mencarinya di Play Store. Beberapa di antaranya adalah Castle Clash, Siegefall, Star Wars Commander, Call of Duty, Rival Kingdom, Age of Empire, Warhammer, Empire and Allies, Plunder Pirate dan Transformers.

Happy Gaming !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *