10 Aplikasi Android Wajib Instal Bagi Pecinta K-Pop

Diposting pada

Demam K-Pop atau hallyu sudah mewabah ke seantero Tanah Air. Jutaan anak muda terjangkiti virus K-Pop. Maka segala yang berbau Korea Selatan (biasa disebut Korea saja) segera menjadi hal menarik untuk diikuti.

Pada awalnya K-Pop yang merupakan kepanjangan dari Korean Popular hanya dimaknai sebatas musik populer Korea dari beragam genre. Namun semakin lama, K-Pop mengalami perluasan makna yakni segala budaya populer Korea Selatan.

Harus diakui K-Pop sudah masuk menjadi bagian dari gaya kehidupan remaja dan anak muda saat ini. Sebenarnya bukan cuma di Indonesia, budaya populer Korea juga banyak diminati anak muda di negara-negara lain.

Kendati begitu, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta, maka wajar jika pecinta K-Pop di Indonesia menjadi salah satu yang terbesar.

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, informasi bisa tersebar dengan cepat. Terutama kemudahan orang mengakses internet dari layar smartphone membuat, K-Pop mudah masuk ke generasi muda saat ini.

Lewat media sosial, informasi seputar K-Pop semakin menggema. Stasiun televisi juga menangkap peluang manis dari popularitas K-Pop dengan menayangkan beragam serial drama Korea. Perkembangan musik dan berita artis Korea juga selalu menjadi buruan para pecinta K-Pop.

Untuk memenuhi hasrat diri sebagai K-Pop, mereka juga rela merogoh kocek dalam-dalam demi menonton konser dengan harga tiket jutaan rupiah. Bukan cuma konser yang digelar di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Pusat belanja seperti mal juga kerap menggelar kompetisi budaya Korea seperti dance dan menyanyi untuk para penggemar K-Pop. Ini bisa menjadi ajang para pencinta K-Pop untuk berekspresi.

Kamu mungkin salah seorang yang getol mencari informasi apa saja seputar budaya populer Korea. Untuk menambah pengetahuan dan memenuhi hasrat kamu dengan budaya negeri gingseng, kamu bisa menginstal aplikasi khusus yang berkaitan dengan budaya negara tersebut.

Berikut ini, 10 aplikasi android wajib instal bagi para pecinta K-Pop di Tanah Air:

1. Fun Easy Learn

Ini merupakan aplikasi untuk belajar bahasa Korea yang diluncurkan oleh Fun Easy Learn. Aplikasi ini sudah diunduh oleh sebanyak 500 hingga 1.000 orang. Para pengguna android memberikan rating yang sangat bagus untuk aplikasi ini, uakni 4,5.

Aplikasi ini sangat bagus untuk belajar bahasa Korea. Mereka yang bisa meggunakan aplikasi ini terutama yang suka mendengarkan musik, lagu atau film Korea. Dalam prakteknya, jika seseorang akan berkomunikasi dengan orang Korea, aplikasi ini juga sangat membantu belajar bahasanya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah formatnya yang tidak seperti kamus pada umumnya yang hanya menyajikan kata dalam bahasa asing dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Tapi Fun Easy Lear menyajikan 6.000 kata dengan dilengkapi gambar.

Baca juga: Hariku Bersama Prelo, Jual & Beli Barang Bekas Tanpa Perlu Cemas

Ini tentu memudahkan orang untuk memahami bahasa baru. Maklum banyak bahasa-bahasa asing yang susah atau bahkan tidak bisa ditemuka padanan katanya di Indonesia.

Fun Easy learn juga bisa memperdengarkan suara pengucapan kata dalam bahasa Korea dari penutur aslinya. Kosakata terdiri dari 15 topik dan dibagi ke dalam 140 sub topik.
Agar belajar bahasa Korea lebih menyenangkan, Fun Easy Learn menyajikan 7 permainan seru yang menghibur.

Dalam proses pembelajaran, Fun Easy Learn membagi ke dalam tiga tingkat belajar yakni pemula, menengah dan lanjutan. Aplikasi bisa dijalankan secara offline alias tanpa jaringan internet.

Bukan cuma mendukung bahasa Indonesia, Fun Easy Learn juga bisa diterjemahkan ke dalam 59 bahasa lainnya. Wah bisa jadi ahli bahasa dong.

Kamu bisa instal aplikasinya di sini: Fun Easy Learn

2. KPop Amino

KPop Amino adalah aplikasi jejaring sosial untuk para pecinta K-Pop di seluruh dunia. Aplikasi ini diluncurkan oleh Amino Apps dan sudah diuntuh oleh sekitar 100. ribu hingga 500 ribu kali. Para penggemar K-Pop memberikan rating sangat bagus untuk aplikasi ini yakni 4,8.

Melalui KPop Amino, kamu dapat menemukan teman-teman sesama penggemar K-Pop di seluruh dunia. Kamu bisa menjalin komunikasi melalui jaringan sosial ini dengan mudah. Di sini, kamu juga dapat bergabung dengan komunitas sesuai dengan idola masing-masing misalnya SNSD dan EXO.

Seperti halnya media sosial pada umumnya, kamu dapat berkomunikasi dengan member lainnya seperti mengirim pesan, stiker dan juga chatting langsung. Dengan begitu, kamu bisa selalu update infromasi terbaru tentang idola kamu dari mereka.

Unduh dan instal aplikasinya di sini: KPop Animo

3. Korean Emoji

Aplikasi android Korean Emoji diluncurkan oleh Barley WorkShop dan sudah diunduh oleh sebanyak 500 ribu hingga 1 juta kali. Aplikasi ini mendapatkan tempat yang bagus di hati penikmat K-Pop yakni bintang 4,2.

Aplikasi ini menyediakan emoji Korea yang bisa dipergunakan kamu agar bisa menghasilkan teks menarik dalam tulisan Korea. Sebagian emoji diberikan secara gratis tapi sisanya harus dibeli.

Kamu bisa menjajal aplikasinya di sini: Korean Emoji

4. Whaff Locker

Perusahaan pengembang aplikasi dari Korea Selatan memang sangat kreatif menciptakan aplikasi yang menarik. Yang satu ini, aplikasinya bahkan bisa memberikan orang pendapatan berupa dollar Amerika Serikat hanya dengan melihat iklan dan mengunduh aplikasi yang ditawarkan. Whaff Locker sangat populer di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 500 ribu hingga 1 juta orang. Pengguna memberikan rating bintang 4,4 alias hampir sempurna untuk aplikasi ini.

Yang membanggakan, orang yang meraih peringkat pertama pendapatan dari Whaff berasal dari Indonesia bernama Bagas Pramudita. Hingga 15 Desember 2016, ia sudah mengantongi penghasilan dari Whaff sebanyak US$ 24.183,06 atau setara  Rp 314,38 juta (kurs rupiah Rp 13.000 per dollar AS).


Konsep Whaff Locker cukup unik dan menjadi media periklanan terbaru. Singkatnya, pengguna Whaff Locker akan dibayar setiap kali melihat iklan yang ditampilkan Whaff Locker. Lalu Whaff Locker juga menawarkan belasan aplikasi setiap hari seperti game, aplikasi toko online dll untuk diunduh oleh pengguna Whaff Locker. Jika ada orang yang mengunduh aplikasi tersebut,Whaff Locker akan menerima pembayaran dari pihak pengembang yang memiliki aplikasi tersebut.

Tapi Whaff Locker memberikan profit sharing atau berbagi keuntungan dengan para pengguna Whaff Locker yang mengunduh aplikasi tersebut. Pengguna Whaff Locker dapat menerima imbalan US$ 0,50 hingga US$ 3 untuk setiap aplikasi yang diunduh. Dari sanalah, para pengguna Whaff Locker mengisi pundi-pundinya dengan dollar. Selanjutnya dollar dapat ditarik ke rekening PayPal yang bisa dimiliki secara gratis. Lalu dari Paypal, uang ditransfer ke bank lokal seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri dan lain-lain.

Para penggemar K-Pop sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi ini. Pelajari dan instal aplikasi Whaff Locker di sini: Whaff Locker

5. KBS World Radio Mobile  

Aplikasi ini diluncurkan secara ekslusif oleh KBS agar siarannya bisa dinikmati di seluruh dunia lewat perangkat android. KBS World Radio Mobile sudah diunduh sebanyak 50 ribu hingga 100 ribu kali. Para pengguna aplikasi ini memberikan rating bagus untuk aplikasi ini yakni 4,4.

KBS World Radio Mobile berisi berita dan konten yang berkaitan dengan budaya Korea seperti belajar bahasa dan masakan Negeri Gingseng. Aplikasi ini bukan hanya berisi konten audio tapi juga video.

Kamu bisa menginstal aplikasinya di sini: KBS World Radio

6. KBS World TV

KBS World diluncurkan oleh Korean Broadcasting System (KBS). Hingga saat ini, aplikasi ini sudah diunduh oleh sekitar 100 ribu hingga 500 ribu kali. Para pengguna android memberikan rating bagus untuk aplikasi ini yakni 4,5.

KBS World adalah channel televisi yang ditujukan untuk penikmat Korean Broadcasting System (KBS) secara internasional. Untuk itu setiap siarannya akan menyediakan subtitle dalam bahasa Inggris. Selain dapat menikmati siaran televisi, kamu juga dapat terhubunga dengan para penikmat KBS dari negara lain lewat aplikasi ini.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini: KBS World TV

7. Mydol

Pengembang aplikasi ini bernama Mydol  Co Ltd. Aplikasi ini cukup populer dan sudah diunduh sebanyak 1 juta hingga 5 juta kali. Para pengguna android memberikan rating 4,4.

Mydol merupakan virtual chat dengan bintang-bintang K-Pop. Kamu seolah dapat berkomunikasi langsung dengan bintang idola kamu dari Korea. Dengan beberapa fitur yang disediakan di seperti chatting, kalian dibuat seolah-olah berkomunikasi lansung dengan bitang idola secara langsung.

Kamu bisa menjajal aplikasinya di sini: Mydol

8. Hangul 

Aplikasi ini diluncurkan oleh TenguLogi LLC. Hingga artikel ini ditulis, Hangul sudah dipasang oleh sebanyak 100 ribu hingga 500 ribu perangkat android. Para pengguna aplikasi ini memberikan rating sangat bagus yaitu 4,6.

Sesuai dengan namanya, lewat aplikasi ini kamu akan belajar menulis dan membaca Hangul. Ada beragam metode belajar Hangul yang ditawarkan aplikasi ini seperti kuis dan kartu flash. Animasi dalam pembelajaran lewat aplikasi ini juga dibuat menarik agar tidak tidak membosankan.

Kamu bisa menginstal aplikasinya di sini: Hangul

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mezzo.koreanfood
9. 200 Korean Menu Guide

Aplikasi ini diluncurkan oleh Korean Food Foundation. Saat ini, 200 Korean Menu Guide sudah diunduh oleh sekitar 10 ribu hingga 50 ribu orang. Para pengguna android memberikan rating 4,7 alias sangat bagus untuk aplikasi ini.

Aplikasi ini diciptakan untuk memperkenalkan beragam masakan khas Korea. Lewat aplikasi ini, kamu bukan cuma diminta untuk mengeal tapi bisa belajar 200 menu masakan Korea yang populer.

Kamu bisa mengunduh aplikasi 200 Korean Menu Guide di sini: 200 Korean Menu Guide



10. Visit Korea

Aplikasi ini diluncurkan secara resmi oleh Korea Tourism Organization. Hingga saat ini, Visit Korea sudah diunduh orang sebanyak 100 ribu hingga 500 ribu kali. Pengguna aplikasi ini memberikan rating bagus yakni 4,2.

Visit Korea bisa menjadi panduan kamu ketika berkunjung ke negaranya langsung. Aplikasi ini memberikan informasi bermanfaat terkait perjalanan yang bisa kamu lakukan di Korea. Bukan hanya tempat wisata, kamu juga bisa mendapatkan panduan budaya dan sejarah Korea.

Instal aplikasinya di sini: Visit Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *