Ini Keunggulan Aplikasi Pesan Instan Google Allo

Diposting pada

Google baru saja meluncurkan aplikasi instant messaging cerdas bernama Google Allo. Dengan kecanggihannya, Allo sepertinya bakal menjadi penantang serius aplikasi sejenis yang sudah lebih dulu populer seperti WhatsApp dan Line.

Mungkin iya, tapi bisa jadi tidak. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Google juga baru merilis aplikasi chatting berbasis video bernama Google Duo bulan lalu. Tapi tampaknya kurang diminati pasar.

Loading...

Kendati begitu, dengan posisinya yang sangat kuat di industri digital, Google punya banyak cara untuk “memaksa” orang memasang aplikasi baru yang dirilis. Misalnya bekerjasama dengan pabrikan ponsel agar menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi bawaan seperti Google +, Google Drive dan lain-lain yang sudah hadir lebih dulu.

Google + misalnya, aplikasi ini mampu merajai media sosial dari sisi jumlah pengguna bahkan melampaui jumlah pengguna Facebook. Tapi apakah mayoritas pengguna Google + aktif menggunakan aplikasi ini? Sayangnya hanya sebagian kecil saja.

Bagaimana dengan Google Allo, apakah aplikasi ini mampu memikat hati para pengguna smartphone? Kita akan melihat jawabannya beberapa bulan ke depan. Di tengah persaingan bisnis instant messaging yang sudah sangat matang, Allo membutuhkan keunikan khusus agar bisa diterima para pengguna smartphone.

Allo sendiri pertama kali diperkenalkan pada ajang pertemuan developer Google I/O di San Fransisco Amerika Serikat beberapa bulan lalu. Ia diperkenalkan bersama dengan Duo dan Android N yang namanya kini dikenal sebagai Nougat. Di awal perkenalannya, Allo menyita perhatian para developer.

Per hari ini 23 September 2016, Allo sudah bisa diinstal untuk pengguna android di Indonesia. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini: Google Allo

Aplikasi ini bisa dipasang pada android versi 4,1 atau lebih tinggi. Saat saya menginstal Allo, Google Play Store menunjukkan bahwa jumlah pemasangannya sudah mencapai 50 ribu hingga 100 ribu. Para pengguna android tampaknya cukup puas dengan Allo. Ini terlihat dari rating bintang 4,2 yang tersemat pada aplikasi ini.

Pengalaman pertama menggunakan aplikasi ini, saya cukup terkesan. Begitu masuk aplikasi, Allo terasa ringan dan cepat di ponsel Android 4,2. Interface simpel dan secara keseluruhan Allo mudah dioperasikan.

Saat pertama kali membuka Allo, kita diminta memasukkan nomor ponsel. Begitu dimasukkan, nomor kontak yang tersimpan di sana segera terbaca tanpa perlu menunggu beberapa menit seperti pada aplikasi WhatsApp. Ini memudahkan kita jika ingin chatting dengan segera.

Karena aplikasi ini sangat baru, tentu saja belum banyak orang yang menginstal Allo. Saya mencoba mengirim pesan ke salah satu teman yang namanya ada di daftar kontak. Dan yang menarik, dia tetap bisa membaca dan membalas pesan saya.

Padahal dia sama sekali belum menginstal Allo di ponselnya. Kepada mereka yang belum menginstal, Allo memberikan kesempatan untuk membaca dan membalas pesan yang masuk dan memberikan pilihan untuk menginstal Allo atau tidak. Sepertinya ini bisa menjadi solusi mereka yang tidak mau kehilangan kesempatan ngobrol dengan teman, tapi tidak mau ponselnya terbebani dengan aplikasi baru.

Berikut ini beberapa keunggulan Allo yang bisa menjadi alasan orang menyukai aplikasi ini:

Google Assistant

Allo mengintegrasikan layanan pesan singkatnya dengan Google Assistant. Sederhananya, kamu bisa mendapatkan beragam informasi penting tanpa perlu keluar dari aplikasi Allo. Ini menjadi keunggulan utama Allo yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis.

Sayangnya, aplikasi ini belum mendukung bahasa Indonesia. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Meskipun kamu memasukkan kata kunci dalam bahasa Indonesia, Google Assistant tetap bisa membantumu dengan memberikan pilihan kategori misalnya travel, restoran, berita olahraga, berita internasional, cuaca, games dan lain-lain.

Ketika kamu memilih restoran, maka akan muncul saran sejumlah restoran yang berada di dekat lokasimu. Kamu juga bisa mengetikkan kata kunci lain misalnya movie, mall dan lain-lain. Google Assistant akan memberikan saran, peta beserta prediksi jarak tempuh menuju lokasi tersebut.

Fitur Chatting Lebih Lengkap

Jika kamu ngobrol dengan temanmu dengan aplikasi Allo, ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghidupkan suasana.

Salah satunya, kamu bisa mengirimkan foto dengan menambahkan teks atau corat-coretan. Proses editing bisa kamu lakukan langsung tanpa perlu keluar dari Allo dan membuka aplikasi khusus untuk mengedit foto.

Kamu juga bisa menggunakan stiker yang lebih ekspresif. Stiker di Google Allo didesain oleh artis dan studio independen dari seluruh dunia. Dengan menggunakan Allo kamu juga bisa memberikan informasi lokasimu secara tepat dengan Google Map.

Smart Reply

Allo memberimu kesempatan untuk membalas pesan tanpa perlu mengetik satu kata pun. Smart Reply dapat mempelajari pola respon kamu dan akan menyarankan tanggapan dengan teks dan foto yang sesuai. Segera tersedia dalam bahasa Indonesia.

Mode Rahasia

Yang menarik lainnya dari Allo, kamu bisa melindugi pesan yang tidak seharusnya diketahui oleh orang lain. Pesan yang dikirimkan akan mendapatkan perlindungan enkripsi menyeluruh. Untuk fitur ini, notifikasi khusus akan diberikan agar chat jadi lebih rahasia. Durasi chat akan ditampilkan sebelum pesan akan terhapus secara otomatis.

Happy Alloing !

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *