Cara Stop Update Aplikasi Otomatis Agar Android Tidak Lemot

Posted on

Pengguna smartphone dan tablet android pasti kerap mendapati perangkat miliknya melakukan update aplikasi secara otomatis. Di satu sisi, update aplikasi bagus untuk meningkatkan performa aplikasi tertentu. Tapi sisi buruknya, beban android menjadi semakin berat dan lemot. Jadi kita harus menyiasatinya agar kinerja android tetap kece.

Biasanya kita mendapati perangkat android melakukan update otomatis terutama ketika tersambung dengan jaringan wifi. Update otomatis akan berlaku untuk semua aplikasi yang ada di ponsel.

Proses update aplikasi berlangsung satu per satu dan memakan waktu lumayan juga. Apalagi buat perangkat yang jarang tersambung wifi, begitu tersambung langsung deh semua aplikasi berebut minta update.

Yang perlu kamu ketahui, setiap update aplikasi berarti kapasitas memory dan ram akan berkurang. Nah bagi yang menggunakan ponsel low end dengan kapasitas terbatas tentu saja update aplikasi otomatis kurang menyenangkan.

Betul update aplikasi memang penting, tapi jika memang aplikasi tersebut sering kita gunakan. Persoalannya, update aplikasi Google Play berlaku untuk semua aplikasi yang menyediakan versi update.

Sekarang, hitung saja berapa jumlah aplikasi yang terpasang di smartphone kamu. Saya yakin, sebagian besar merupakan aplikasi bawaan dari pabrik yang jarang sekali dibuka, bahkan nyaris tak pernah dibuka. Dan aplikasi itu tetap akan diupdate dan mengurangi kapasitas ram dan memory. Rugi juga kan.

Selain mempengaruhi performa smartphone atau tablet, update otomatis juga bisa menguras data. Apalagi jika jaringan wifi yang kamu gunakan bukan kategori free tapi wifi beli sendiri. Lumayan juga kan data yang tersedot dari update aplikasi otomatis.

Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi persoalan update aplikasi otomatis dengan mudah. Kamu bisa mengubah pengaturannya di Google Play.

Berikut ini cara menghentikan update aplikasi otomatis dari Google Play:

Pertama, masuk ke Play Store.
Kedua, masuk menu navigasi dan pilih Setting atau Pengaturan yang berada di bagian paling bawah.

Ketiga, buka Perbarui Aplikasi Secara Otomatis. Ada tiga pilihan di situ yaitu Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis, Perbarui Otomatis Kapan Saja. Mungkin Dikenai Biaya Data dan terakhir Perbarui Aplikasi Secara Otomatis Hanya Melalui Wifi.
Nah kamu centang pilihan pertama yaitu Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis. Agar lebih jelas, lihat petunjuk gambar di bawah ini.

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/cara-stop-update-aplikasi-otomatis-agar.html

Sekarang kamu bisa lebih tenang karena ponsel tidak akan melakukan update aplikasi secara otomatis lagi. Jadi kinerja android kamu tetap terjaga.

Kembali ke persoalan update aplikai secara otomatis. Sebagian besar orang baru menyadari trik di atas setelah lama menggunakan perangkat androidnya dan sudah melakukan instal otomatis berkali-kali dan smartphone atau table sudah terlanjut lemot.

Bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan menghapus semua update aplikasi yang tidak perlu. Terutama pada aplikasi bawaan pabrik yang hampir tidak pernah dibuka alias tidak berguna tapi tidak bisa dihapus aplikasinya.

Begini cara menghapus instalan update dari Google Play:

Pertama, usap layar ponsel dari atas ke bawah untuk menemukan menu pengaturan.
Kedua, masuk ke manager aplikasi.
Ketiga, pilih salah satu aplikasi yang jarang digunakan. Lalu pilih Hapus Instalan Pembaruan. Selanjutnya, Hapus Data. Sekarang lihat hasilnya di bagian Penyimpanan, ukuran kapasitas yang terpakai oleh aplikasi tersebut akan berkurang drastis setelah kamu melakukan cara tersebut.

Lihat petunjuk gambar di bawah ini:

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/cara-stop-update-aplikasi-otomatis-agar.html

Nah sekarang kamu bisa lebih tenang dalam menggunakan android kan tanpa terganggu kinerja perangkat yang lemot lagi.

Selanjutnya bagaimana jika ada aplikasi tertentu yang memang membutuhkan update. Misalnya WhatsApp mewajibkan penggunanya untuk update aplikasi secara berkala. Jika tidak aplikasi tidak bisa dipergunakan.

Tenang, kamu tetap bisa melakukan update secara manual baik satu per satu aplikasi atau semua aplikasi sekaligus berbarengan.

Berikut ini cara update aplikasi Google Play secara manual:

Pertama, masuk ke Play Store.
Kedua, buka Aplikasi & Game Saya.
Ketiga, pilih aplikasi yang akan diupdate. Semua aplikasi yang menyediakan update akan terpajang. Kamu bisa memilih update beberapa aplikasi saja atau semuanya dengan mudah.
Perhatikan petunjuk gambar berikut ini:

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/cara-stop-update-aplikasi-otomatis-agar.html

Sampai di sini, persoalan update aplikasi terselesaikan dan kamu tetap bisa menggunakan aplikasi secara maksimal. Dengan trik yang saya jelaskan di atas, kinjerja ponsel android kamu dijamin kece.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *