Cara Menghasilkan Uang dengan Kudo – Yuk Jadi Pengusaha

Diposting pada

Beberapa bulan terakhir, kita kehadiran sebuah aplikasi android dengan promo yang sangat menarik. Aplikasi tersebut bernama Kudo yang menawarkan seseorang untuk menjadi pengusaha hanya dengan bermodalkan aplikasi android. Benarkah aplikasi ini mendorong orang untuk menjadi pengusaha?

Saya sudah menjajal aplikasi ini dan mempelajari sistem bisnis yang dibangun. Kesimpulan saya, aplikasi ini tidak memiliki sistem seperti slogan yang dipromosikan “Yuk jadi pengusaha.” Apalagi seperti dikampanyekan oleh Agung Nugroho selaku Chief Operations Officer (COO) Kudo yang ingin menciptakan jutaan entrepreneur di Indonesia.

Pada dasarnya, aplikasi ini hampir sama dengan toko online lainnya. Jika hendak disebut sebagai sebuah marketplace, juga bukan. Kenapa? Karena Kudo tidak menjual produk sendiri. Member atau yang disebut agen Kudo juga tidak diberi ruang untuk menjual barang atau produk milik sendiri.

Ini jelas berbeda dengan toko online lain seperti Lazada, Blibli, Elevenia, Mataharimall dan lain-lain yang memberikan kesempatan orang atau usaha kecil menengah (UKM) untuk menjual produknya melalui toko online tersebut. Artinya, ada kontribusi yang nyata untuk ikut mengembangkan usaha rakyat.

Lantas produk siapa yang dijual oleh Kudo? Kudo menjual produk dari toko online lain seperti Bukalapak, Lazada Indonesia dan Berrybenka. Di luar itu, produk seperti pembelian pulsa, tiket pesawat dan kereta api dan berbagai tagihan seperti PLN, asuransi dan lain-lain tidak disebutkan berasal dari tiga toko online tersebut.

Orang yang tergiur dengan promosi Kudo dan ingin menjadi pengusaha baru akan mendownload aplikasi ini. Setelah menginstal aplikasinya, kita harus mendaftar menjadi agen dengan memasukkan data diri termasuk foto atau scan KTP untuk proses verifikasi.

Begitu pendaftaran disetujui, kita sudah bisa masuk dan menikmati tawaran-tawaran yang diberikan oleh Kudo. Kita akan berhadapan dengan interface Kudo yang menampilkan berbagai macam produk jualan berserta harga dan komisi yang bisa diperoleh. Komisi yang diberikan rata-rata dibawah 10%.

Yang terkesan dari interface aplikasi Kudo adalah mengajak orang untuk berbelanja dengan iming-iming diskon dengan bahasa lain yang mereka sebut sebagai komisi. Karena jika agen diminta untuk berjualan, bagaimana caranya berjualan?

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/cara-menghasilkan-uang-dengan-kudo-yuk.html

Pertanyaan itu pula yang saya ajukan ke customer service (CS) Kudo. Bagaimana cara berjualan di Kudo dan bagaimana cara mempromosikannya? Jawabannya ternyata jauh di luar harapan saya. CS hanya menjelaskan bahwa kita diminta menekan tombol share melalui media sosial.

Saya coba lakukan, pilih produk dan share ke Facebook. Yang muncul adalah link produk Kudo dan kata-kata “Mau produk ini? Hubungi saya sekarang! #kudo”

Saya tanyakan lagi ke CS, bagaimana kalau ada orang yang mengklik link tersebut dan membeli dari situs atau aplikasi Kudo sendiri. Apa untungnya bagi agen? CS tidak menjawab pertanyaan itu.

Hanya dijelaskan bahwa Kudo bukan sekedar berjualan saja karena banyak keuntungan yang didapat jika menjadi Agen KUDO yaitu komisi dari penjualan, bonus TOP Agen Kudo dan promo-promo atau diskon/potongan menarik lainnya. Selanjutnya saya diarahkan untuk membagikan kode referral agar bisa mendapatkan komisi yang lebih.

Jadi informasi yang saya tangkap. Jika ingin menghasilkan uang dari Kudo kita diminta untuk mengajak orang lain menjadi agen. Kita akan mendapatkan komisi sebesar Rp 30.000 dari setiap agen yang berhasil direkomendasikan dan telah melakukan transaksi minimal Rp 50.000.

Jadi jika ingin mendapatkan uang dari Kudo, rekrut agen sebanyak-banyaknya dan pastikan mereka melakukan transaksi minimal Rp 50.000. Jika bisa merekrut 30 agen berarti pendapatanmu Rp 30.000 x 30 = Rp 900.000. Mungkin ini konsep pengusaha yang ingin diciptakan oleh Kudo. Tapi sayang, konsepnya terlalu sederhana.

Baca: 5 Cara Cepat Menghasilkan Uang Dengan Modal Facebook dan Android

Bandingkan dengan program referral yang ditawarkan oleh Berrybenka, di mana setiap kamu merekomendasikan orang untuk download dan daftar aplikasi Berrybenka akan mendapatkan Rp 25.000. Begitu juga orang yang direkomendasikan akan mendapatkan poin Rp 25.000. Lazada juga memiliki program sejenis.

Jika tujuanmu ingin menjual produk sendiri di aplikasi Kudo, batalkan niatmu untuk menginstal aplikasi Kudo. Lebih baik jual produk kamu di toko online seperti Berrybenka, Lazada, Blibli, Elevenia, Mataharimall, Bukalapak dan lain-lain.

Jika tujuanmu ingin mendapatkan komisi dari berjualan produk Kudo, saran saya daftar langsung saja di program affiliate Lazada Indonesia, Berrybenka, Blibli, Mataharimall dan Elevenia.  Dari sana kalian dapat menjual produk yang ditawarkan toko online tersebut dengan komisi penjualan yang beragam sekitar 10%. Sedangkan Bukalapak sepertinya belum menawarkan program afiliasi.

Baca di sini: 5 Tawaran Program Afiliasi Toko Online Terbesar di Indonesia

Jika tujuanmu hanya ingin berbelanja dan mendapatkan diskon, sebaiknya kamu cek dan ricek dulu harga dan voucher diskon di toko online lain. Carilah harga terbaik, maka kamu akan menjadi pembeli yang cerdas.

Happy Cuan !!!

13 thoughts on “Cara Menghasilkan Uang dengan Kudo – Yuk Jadi Pengusaha

  1. Masih beruntung saya mampir dulu ke sini padahal udah download aplikasi kudo nya, cuman regustrasinya di tolak alasan foto ktp buram, aah ternyata kudo nya jga buram klo penjelasannya seperti itu, trims gan, hapus lagi deh aplikasi kudo nya

  2. Terimakasih gan buat pencerahannya, barusan saya download dan suruh isi data diri lengkap, cuman masih suruh nunggu verivikasinya,. Saya pikir bener2 menguntungkan, ternyata itu juga hampir sama aja sama MLM.

  3. Agung Nugroho itu kan pendiri fresh laundry. Dia itu HTI, ga tahu sekarang (kan HTI sudah dibubarkan). Ngomongnya kenceng soal khilafah, tapi bisnisnya laundrynya pakai sistem franchise (metode bisnis dari kafir) dan sekarang membuat kudo (MLM model baru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *