Aplikasi Media Sosial Yang Meraih 1 Miliar Download

Diposting pada

Pada saat perkembangan internet di Indonesia belum pesat seperti sekarang, beberapa media sosial hadir. Namun kala itu media sosial masih dijalankan dengan personal computer. Alhasil, pengguna media sosial masih terbatas.

Sekitar tujuh tahun terakhir ketika smartphone atau ponsel pintar berkembang pesat, orang lebih mudah mengakses internet. Media sosial baru pun bermunculan dan berkembang pesat. Jumlah penggunanya melesat. Jika dulu di zaman Frendster memiliki 50 teman saja rasanya sangat sulit. Kini mendapatkan ribuan teman dari media sosial sangat gampang.

Loading...

Media sosial kini tidak hanya diakses melalui komputer tapi lebih banyak dari ponsel pintar dengan sistem operasi android atau iOS. Berbagai aplikasi media sosial juga sudah tersedia di ponsel pintar ketika kita pertama kali membelinya.

Jika tidak menggunakan aplikasi, media sosial juga bisa diakses dengan menggunakan browser internet di ponsel. Kini pengguna internet di Indonesia memang lebih didominasi dari ponsel android. Ponsel pintar memang memberikan kemudahan orang untuk mengakses internet. Selain bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, akses internet dengan menggunakan ponsel juga lebih murah.

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/aplikasi-media-sosial-yang-meraih-1.html
Foto: Free Images

Kendati begitu, pengguna internet pemula di Indonesia belum sepenuhnya memahami manfaat internet. Banyak di antara mereka yang hanya tahu bahwa internet itu Facebook. Maklum, selama ini mereka hanya mengakses internet untuk memainkan media sosial itu. Tak bisa dipungkiri, banyak di antara pengguna internet pemula mengenal internet pertama kali dari penggunaan Facebook.

Di sisi lain, dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, terbuka peluang yang sangat besar. Seseorang dapat memanfaatkan media sosial untuk berjualan produk dagangannya. Bisnis pun berkembang pesat. Bukan hanya dimanfaatkan untuk promosi para pelaku usaha kecil menengah (UKM), media sosial juga dimanfaatkan oleh korporasi besar untuk berpromosi baik melalui iklan resmi, ataupun promosi sederhana melalui berbagai Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.

Untuk melihat seberapa populer aplikasi media sosial bagi pengguna ponsel android, berikut ini daftar media sosial yang sudah diunduh lebih dari 1 miliar.

1. Facebook

Aplikasi jejaring sosial Facebook sudah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 1 miliar oleh pengguna aktif. Dari jumlah tersebut lebih dari separuhnya mengakses Facebook dengan menggunakan ponsel pintar.

Facebook diluncurkan pertama kali pada Februari 2004 California Amerika Serikat. Jejaring sosial ini didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman kuliahnya di Universitas Harvard yaitu Eduaro Saverin, Andrew McCollum,  Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Awalnya media sosial tersebut hanya diperuntukkan bagi alumni Universitas Harvard, namun kemudian diperluas dan berkembang pesat.

Pada bulan 17 Mei 2012, Facebook melakukan penawaran saham perdana alias menjadi perusahaan publik dengan harga saham per lembar waktu itu senilai US$ 38 per saham. Dengan demikian, valuasi perusahaan kala itu senilai US$ 104 miliar.

2. Google +

Ini merupakan media sosial yang diluncurkan oleh Google pada pertangahan tahun 2011. Media sosial ini sedikit berbeda karena menggunakan linkaran sosial pengguna (+circle). Jumlah pengguna media sosial ini sangat fantastis antara 1 miliar hingga 5 miliar.

Kendati begitu, media sosial ini tak populer. Maklum sebagian besar pengguna Google + adalah pemilik akun Gmail yang secara otomatis menjadi anggota Google +. Pengguna media sosial ini juga tidak aktif seperti media sosial lainnya. Bisa dibilang, Google gagal membangun media sosial yang benar-benar menjadi media untuk berinteraksi.

3. Instagram

Instagram berasal dari kata “insta” yang berarti instan dan “telegram” yang berarti cepat. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan orang untuk membagikan kisahnya melalui foto secara instan dan cepat.

Instagram menjadi plikasi berbagi foto dan video yang paling populer. Jumlah penggunanya kini lebih dari 1 miliar di seluruh dunia. Selain menjadi tempat berbagi foto untuk menceritakan kisah sehari-hari, instagram juga menjadi bisa menjadi media komunikasi. Pengguna instagram juga sangat aktif.

Pada tanggal 9 April 2012, Facebook membeli instagram senilai US$ 1 miliar. Setelah diakuisisi Facebook, media sosial ini berkembang sangat pesat.

4. Twitter

Twitter merupakan media sosial pesaing Facebook. Apakah Twitter sudah mencapai 1 miliar unduhan di Play Store? Belum. Aplikasi media sosial ini baru diunduh sekitar 500.000. Kendati begitu, media sosial ini sangat berpotensi meraih 1 miliar unduhan karena popularitasnya.

Twitter adalah jejaring sosial dan mikroblog daring. Dengan menggunakan Twitter, pengguna dapat mengirim dan membaca pesan berbasis teks yang dibatasi hingga 150 karakter.

Twitter baru diluncurkan pada Juli 2006 oleh Dock Dorsey. Yang menarik dari Twitter adalah adalah adanya fitur trending topic yang memungkinkan sebuah topic bisa menjadi viral dalam sekejap. Trending topic Twitter juga kerap menjadi acuan bagi wartawan dalam menulis sebuah berita. Tak jarang, topik yang berkembang di internet juga memaksa sebuah pemerintah mengubah kebijakannya yang diprotes melalui media sosial.

Demikian artikel tentang media sosial dengan unduhan 1 miliar. Semoga bermanfaat.      

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *