3 Aplikasi Android Terbaik Untuk Editing Video

Diposting pada

Saat ini ponsel cerdas atau smartphone sudah memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas yang layak diandalkan. Bahkan di situs berbagi video Youtube, bisa kita temukan beberapa orang yang mengupload film pendek dari hasil rekaman kamera smartphone.

Kesulitan terbesar untuk mendapatkan hasil optimal adalah editing video. Untuk mendapatkan hasil maksimal memang sebaiknya proses editing dilakukan di desktop dengan aplikasi khusus. Tapi jika ingin praktis, ada juga kok aplikasi android yang memiliki kemampuan editing video andal.

Loading...

Editing video dengan menggunakan perangkat smartphone setidaknya bisa dimanfaatkan sekedar untuk memoles video sederhana. Untuk kebutuhan editing video profesional memang bisa juga, tapi akan lebih mudah jika editing video menggunakan desktop.

Namun proses editing dengan menggunakan aplikasi android memiliki keunggulan juga. Bagi seseorang yang tidak mau ribet dan menginginkan hasil yang instan dan cepat, aplikasi editing video sangat membantu.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga simple tanpa perlu teknik-teknik khusus yang harus dipelajari berhari-hari. Jadi bisa dibilang siapapun bisa menggunakan aplikasi android untuk editing video.

Menggunakan aplikasi android juga sangat praktis. Semua bisa dilakukan dalam satu perangkat smartphone. Ketika seseorang sudah merekam video, dia bisa langsung mengeditnya pada ponsel yang sama. Yah, untuk sekedar seru-seruan lumayan membantu. Tapi kalau emang jago editing video, hasilnya juga oke.

Kemudahan lainnya dari aplikasi android adalah kamu bisa langsung share hasil karya kamu ke media sosial. Dengan begitu, orang lain bisa dengan segera memberikan respon dan komentar tentang video seru yang kamu bikin.

Ada banyak aplikasi android yang menyediakan fasilitas ini. Berikut ini, saya sajikan tiga aplikasi android terbaik untuk editing video:

1. KineMaster

Dengan melihat kemampuannya, aplikasi terbaik untuk editing video adalah KineMaster. Aplikasi ini sangat populer dan banyak dipergunakan orang untuk mengedit video. Lihat saja, jumlah instalasi aplikasi ini sudah mencapai 10 juta hingga 50 juta.

KineMaster diluncurkan oleh NexStreaming Corp dari Korea Selatan. Para pengguna android memberikan rating 4,3 untuk aplikasi ini. KineMaster mengklaim dapat dipergunakan untuk kebutuhan profesional bagi para seniman dan akademisi.

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/3-aplikasi-android-terbaik-untuk.html

Dengan sejumlah fitur yang dimiliki, aplikasi ini memang sangat bisa diandalkan. KineMaster dapat dipergunakan pada hampir semua perangkat yang menjalankan Android 4.1.2 atau lebih tinggi. Namun untuk mendapatkan hasil penyuntingan terbaik, termasuk dukungan 1080p dan lapisan video, KineMaster sebaiknya dipergunakan pada salah satu chipset yakni Qualcomm Snapdragon 800/801/805/808/810, Tegra K1, Kirin 920 HiSilicon 3630,  atau Samsung Exynos 7 Octa 7420.

Aplikasi ini mendukung berbagai format video di antaranya MP4 (H.264 Baseline/Main/High Profile + AAC LC / PCM), 3GP (H.264 Baseline/Main/High Profile + AAC LC / PCM), MOV (H.264 Baseline/Main/High Profile + AAC LC / PCM).

Jika ingin menggabungkan video dengan file audio, kamu bisa menggunakan format MP3, M4A, AAC dan WAV. Kamu juga bisa memasukan foto-foto dalam video dalam format JPEG, PNG, WebP, BMP dan GIF.

KineMaster memang mendukung multilapisan dalam penyuntingan seperti video, gambar, stiker, teks, tulisan tangan dalam klip video dan lain-lain. Kamu juga melakukan pemangkasan, penggabungan dan pemotongan pada video yang diolah.

Efek suara juga bisa ditambahkan misalnya suara mengeras dan perlahan-lahan menghilang. Ada juga beberapa tema, animasi dan efek visual suara dan visual yang bisa ditampilkan. Hasil editing video bisa kamu bagikan di media sosial seperti Youtube, Facebook, Google+, Dropbox dan lain-lain.

Kamu bisa menginstal aplikasinya di sini: KineMaster

2. VivaVideo

VivaVideo merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik berikutnya. Pengguna android sangat menyukai kemampuan aplikasi ini. Ini bisa terlihat dari jumlah pengguna VivaVideo yang sudah mencapai 100 juta hingga 500 juta. Mereka juga memberikan rating yang sangat bagus untuk VivaVideo yakni 4,5. Aplikasi mengagumkan ini ditawarkan oleh QuVideo Inc.

VivaVideo sangat bisa diandalkan untuk mengedit video dari smartphone. Aplikasi ini memberikan kesempatan kamu mengedit video layaknya seorang profesional. Kamu bisa memangkas dan menggabungkan berbagai video.

Elemen lain juga bisa kamu gabungkan di dalam video seperti teks, FX, stiker, musik dan foto. Untuk memberikan kesan mendalam pada bagian-bagian tertentu, kamu bisa memberikan efek slow motion dengan aplikasi ini.

VivaVideo juga dilengkapi dengan kamera yang mendukung seperti multi captures, kolase dan selfie. Untuk menggabungkan foto-foto yang ada menjadi sebuah video keren.

VivaVideo juga mendukung aktivitas kamu menciptakan video lip-sync, duet video dan lain-lain. Selanjutnya, kamu bisa membagikannya ke media sosial seperti Facebook dan Youtube.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi VivaVideo di sini: VivaVideo

3. PowerDirector Video Editor

Aplikasi video editing dengan kemampuan mengagumkan lainnya adalah PowerDirector Video Editor. Aplikasi android ini diluncurkan oleh developer yang sudah memiliki pengalaman panjang di bidang video editing yakni Cyberlink.com.

Jumlah pengguna PowerDirector Video Editor sudah mencapai 5 juta hingga 10 juta. Para pengguna android tampaknya puas dengan performa aplikasi editing video ini. Ini terlihat dari rating 4,4 yang tersemat dalam aplikasi ini.

PowerDirector bisa menggabungkan timeline video dan memberikannya efek-efek yang menarik. Kamu juga bisa menggabungkan foto dan audio dalam video yang sedang disunting.

Beberapa kemampuan lain yang dimiliki PowerDirector seperti memotong video, memutar rotasi dan menggabungkan bagian demi bagian. Jika menginginkan efek slow motion, kamu bisa mengaplikasikannya dengan PowerDirector. Kamu juga memasukkan soundtrack agar video yang dihasilkan lebih mengesankan.

Aplikasi PowerDirector sejatinya bisa dipergunakan di perangkat yang menggunakan Android 4.3 (Jellybean) atau lebih tinggi. Untuk mendapatkan hasil editing terbaik, aplikasi ini sebaiknya dipergunakan pada Qualcomm Snapdragon 800, Samsung Exynos 7420, Nvidia Tegra K1, MediaTek P10 atau lebih baru.

PowerEditor mendukung penyuntingan video dalam format H.263 (.3GP, .MP4, .MKV), H.264 AVC (.3GP, .MP4, .MKV), MPEG-4 SP (.3GP, MP4, MKV) dan VP8 (.MKV). Sedangkan file audio yang bisa disunting menggunakan format WAV, MP3, MP4, M4A dan AAC. Untuk file foto, kamu bisa menggunakan format JPEG, GIF, PNG, BMP dan WebP.

Kamu bisa menginstal aplikasi PowerDirector di sini: PowerDirector

Selamat berkarya kawan…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *