10 Game Edukatif Kesukaan Anak Wajib Instal

Diposting pada

Jangan terburu-buru berpikir anak kecil bahkan balita yang keranjingan game elektronik pada tablet atau ponsel android bisa berdampak buruk di masa depan. Asal kita bisa mengontrol dan mengarahkannya dengan benar, hasilnya bermanfaat banget kok.

Anak zaman sekarang sudah familiar dengan perlengkapan elektronik sejak masih bayi. Saya sendiri punya keponakan yang usianya belum genap dua tahun. Dia sudah keranjingan game android dan kadang bikin khawatir seisi rumah.

Bayangkan saja, baru bangun tidur yang dia cari hape. Si kecil memang baru belajar ngomong, Jumlah kosakata yang dia dikuasai masih bisa dihitung dengan jari, salah satunya kata hape. Tapi kalau urusan hape sungguh bikin tercengang.

Dia sudah bisa membuka kunci layar hape android sendiri yang memang dibikin sederhana hanya dengan satu usapan. Setelah itu dia sudah bisa memilih dan membuka sendiri berbagai macam game android anak-anak yang dipasang di ponsel. Mulai dari game puzzle menyusun gambar binatang, lagu-lagu anak hingga Marble Legenda.

Untuk puzzle, dia sudah jago memilih dan memasang sesuai dengan tempatnya hingga terbentuk gambar utuh. Untuk lagu-lagu anak, dia juga sudah bisa memilih sendiri yang dia suka dan menganti lagu lain.

Sedangkan game Marble Legenda, dia bermain asal karena tidak bisa memilih bola-bola sesuai warna yang sama. Dia belum memahami bagaimana pola permainannya. Tapi dia justru senang banget kalau lihat bola-bola warna-warni bergerak cepat masuk ke lubang di tengah arena permainan, yang artinya permainan berhenti. Dan dia akan mengulanginya lagi.

Awalnya, sang ibu menginstal berbagai macam permainan anak dengan tujuan untuk menghibur kalau si kecil sedang rewel. Tapi lama-lama malah kecanduan, kalau minta hape harus dikasih. Kalau hape direbut nangis. Bahkan mau tidur masih minta hape, bangun tidur juga minta hape lagi.

Karena sudah menunjukkan gejala kecanduan yang tidak baik, maka sejak saat itu penggunaan hape mulai dihentikan. Hape disembunyikan dan dijauhkan dari anak. Alhamdulilah sekarang sudah tidak minta hape terus menerus. Walaupun kadang masih bermain game android, tapi sudah bisa dialihkan ke hal lain.

Penggunaan game android memang dilematis. Jika anak terlalu banyak menggunakan game android hingga lupa waktu, ada ketakutan dia kelak menjadi asosial alias individualis dan tidak punya kepedulian dengan lingkungan sekitarnya.

Di sisi lain, game android juga banyak manfaatnya untuk kecerdasan anak. Jadi kalau menurut saya, penggunaan game android di ponsel atau tablet untuk anak sah-sah saja. Asal game yang dimainkan edukatif dan selalu di bawah kontrol orang tua. Tapi sebaiknya beri kesempatan lebih banyak pada anak untuk bermain dengan teman-teman sebayanya.

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/10-game-edukatif-kesukaan-anak-wajib.html

Berikut ini, saya ulas game edukatif kesukaan anak yang populer sesuai dengan catatan Google Play Store:

1. Marbel Belajar Huruf Alfabet

Game edukasi ini diusung oleh Educa Studio dari Salatiga, Jawa Tengah. Jumlah instalasi game ini sudah mencapai 1 juta hingga 5 juta kali. Pengguna android memberikan rating bagus untuk aplikasi ini, yakni bintang 4,2.

Marbel merupakan permainan pendidikan khusus untuk anak berusia antara dua hingga delapan tahun. Ada berbagai macam pembelajaran yang diberikan oleh aplikasi ini di antaranya anak diajak mengenal huruf, angka, buah, sayur, hewan, alat-alat transportasi dan warna.

Permainan yang diberikan bertujuan mengasah berbagai macam kemampuan seperi tepat cepat, ketangkasan, daya ingat, kecerdikan, asah otak dan lain-lain.

Kamu bisa menginstal game Marbel di sini: Marbel Belajar Alfabet

2. Animal Sounds for Baby

Aplikasi ini diluncurkan oleh Fisher Price Inc. Hingga saat artikel ini ditulis penginstalan Animal Sounds for Baby sudah mencapai 1 juta hingga 5 juta kali. Pengguna aplikasi ini memberikan rating bagus untuk aplikasi ini yakni bintang 4,1.

Animal Sounds merupakan game yang diperuntukkan bagi anak berusia 6 bulan ke atas. Aplikasi ini berisi gambar binatang dan suara binatang tersebut. Dengan interaksi tersebut, anak diperkenalkan dengan hewan serta suaranya di dunia nyata.

Dengan adanya animasi dan suara binatang tersebut, anak akan merespons dengan ekspresi misalnya tertawa, mencoba menirukan suara yang didengar atau bertepuk tangan.

Kamu bisa instal aplikasi Animal Sounds di sini: Animal Sounds for Baby

3. Lego Duplo Train

Aplikasi Lego Duplo Train dikembangkan oleh LEGO System A/S. Jumlah orang yang memasang aplikasi ini sebanyak 10 juta hingga 50 juta. Pengguna android memberikan rating bagus untuk permainan anak-anak ini yakni bintang 3,8.

Anak akan bermain peran menjadi seorang masinis kereta api, membangun jembatan, mengangkut kargo, membantu penumpang, mengisi bahan bakar serta membuat jalur kereta api baru untuk menghindari rintangan yang ada.

Permainan ini menyenangkan karena didukung dengan grafis warna-warni yang disukai anak. Karakter yang ditampilkan Lego juga menarik dan lucu untuk anak-anak. Permainan ini cocok untuk perkembangan anak usia dua tahun.

Kamu bisa mendapatkan permainan ini di sini: Lego Duplo Train

4. ABC Phonics

Aplikasi ini diluncurkan oleh Smartstudy Pinkfong. Sebuah game pembelajaran anak yang sudah diunduh oleh 1 juta hingga 5 juta kali. Pengguna android memberikan rating bagus untuk aplikasi ini yakni bintang 4.

Dengan ABC Phonics, si kecil akan belajar abjad dari A sampai Z. Pola permainanannya dibuat cukup interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak.

Ada beragam fitur yang ditawarkan oleh ABC Phonics seperti animasi lagu-lagu fonik dari A sampai Z, permainan interaktif menelusuri garis huruf besar dan kecil, 26 permainan kata-kata serta bingkai foto yang lucu. Permainan ini bisa dipergunakan di smartphone dan tablet.

Kamu bisa menginstal ABC Phonics di sini:  ABC Phonics

5. My Little Pony

Permainan android My Little Pony diluncurkan oleh Gameloft. Hingga artikel ini ditulis, game ini sudah diunduh sebanyak 10 juta hingga 50 juta orang. Pengguna android memberikan rating 4,3 untuk aplikasi ini.

Game ini berupa petualangan bersama Twilight Sparkle. Permainan ini memiliki alur cerita yang menghibur. Kisah ini bermula dari Nightmare Moon yang dibebaskan setelah terkunci di bulan selama berabad-abad lamanya.

Lepas dari kekangan, Nighmare Moon menyebarkan kegelapan di Ponyville. Hanya Twilight Sparkle dan teman-temannya yang dapat membebaskan Ponyville dari cengkeramann Nightmare Moon. Aplikasi ini cocok untuk anak di atas usia lima tahun untuk mengembangkan imajinasi dunia anak-anak.

Kamu dapat mengunduh game android ini di sini: My Little Pony

6. Toca Kitchen

Game menarik yang dikembangkan oleh Toca Boca.  Hingga saat ini. Toca Kitchen sudah diinstal oleh sebanyak 10 juta hingga 50 juta kali. Para pengguna android memberikan rating bintang 4 untuk aplikasi ini.

Toca Kitchen memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasi memasak dan bermain dengan makanan untuk empat tokoh yang lapar. Anak bisa memainkan peran mengiris, merebus, menggoreng dan memanggang makanan. Game ini menyediakan 12 jenis bahan makanan yang siap diolah.

Toca Kitchen juga edukatif karena mengajarkan anak memberi tampilan baru pada kue cokelat dan lain-lain. Agar menarik bagi anak-anak, para tokoh dalam permainan ini akan memberikan ekspresi atas makanan yang disediakan.

Kamu bisa instal Tocha Kitchen di sini: Toca Kitchen

7. Mewarnai Untuk Anak

Game mewarnai ini dikembangkan oleh Smartstudy Pinkfong. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 1 juta hingga 5 juta orang. Para pengguna aplikasi ini memberikan rating baik berupa bintang 4.

Melalui game mewarnai, anak akan belajar pengalaman mewarnai yang isitimewa. Ada 220 halaman mewarnai yang bisa dikerjakan sehingga anak bisa berganti dengan 11 tema sesuai kesukaan.

Game ini juga dilengkapi dengan alat-alat mengagumkan seperti kuas, penghapus, pola dan stiker lucu. Ada juga bingkai foto yang penuh keceriaan. Game ini bisa dimainkan di tablet atau smartphone.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini: Mewarnai

8. Suara Hewan

Game android ini dikembangkan oleh Papumba. Game yang cocok untuk mendukung perkembangan anak ini sudah diunduh sebanyak 1 juta hingga 5 juta kali. Peringkat yang disandang oleh aplikasi Suara Hewan adalah bintang 4,3.

Melalui game edukasi ini, anak diajak untuk mengenal suara berbagai macam hewan. Game ini cocok untuk anak berusai 1-5 tahun. Game ini juga tidak berisi iklan jadi tidak akan menggangu permainan yang sedang berlangsung.

Cara bermain game ini juga sangat mudah karena anak hanya diminta menyentuh layar berisk gambar hewan yang kemudian akan muncul suara, nama dan gambar hewan. Ada lebih dari 80 jenis hewan dalam aplikasi ini. Aplikasi ini didukung dengan 25 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini: Suara Hewan

9. Marbel Belajar Membaca

Permainan edukatif ini disajikan oleh Educa Studio. Sejak diluncurkan, game Marbel Belajar Membaca sudah diunduh sebanyak 500 ribu hingga 1 juta kali. Pengguna android memberikan rating 4,2 untuk aplikasi ini.

Marbel Belajar Membaca diperuntukkan bagi anak berusia 6-8 tahun. Dengan permainan ini, anak akan belajar membaca dan mengeja. Awalnya anak-anak akan belajar mengenal huruf abjad A sampai Z serta membedakan huruf vokal dan konsonan.

Selanjutnya, anak akan belajar mengeja satu suku kata dan dua suku kata. Proses pembelajaran akan berlanjut dengan mengeja tiga suku kata. Anak akan belajar mengeja nama buah, sayur, hewan dan warna.

Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar membaca di sini: Marbel Belajar Membaca

10. Fun English

Aplikasi edukasi bahasa Inggris ini dikembangkan oleh Studycat. Game ini sudah diunduh oleh sebanyak 1 juta hingga 5 juta orang. Para pengguna aplikasi ini memberikan bintang 4 untuk aplikasi ini.

Permainan bahasa Inggris untuk anak-anak ini mengajarkan membaca, berbicara dan mengeja. Permainan ini cocok untuk anak usia 3-10 tahun.

Fun English menggunakan suara laki-laki dan perempuan dengan aksen Amerika dan Inggris. Suara menggunakan tekanan dan ekspresi yang berbeda sesuai dengan kata yang diucapkan,

Fun English didukung dengan fitur 7 gama di setiap pembelajaran, musik, lagu dan efek suara yang menarik dan menghibur. Anak akan mempelajari bahasa Inggris dasar seperti angka, tubuh, buah-buahan, makanan, kendaraan, pakaian, rumah dan binatang.

Kamu bisa menginstal aplikasinya di sini: Fun English

Happy Gaming !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *