10 Game Android Yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Luang

Diposting pada
Kamu mungkin pernah merasa bosan saat menunggu seseorang yang sudah bikin janji, sedang mengantri di bank atau sedang menghabiskan jam istirahat tapi tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Kamu bisa mengambil ponselmu dan mainkan game ringan tapi menyenangkan.
Game ringan menjadi pilihan yang tepat, karena kita tidak ingin membebani pikiran kita dengan pekerjaan yang berat. Tujuannya hanya untuk menghilangkan jenuh dan bosan sambil menunggu waktu. 
Aktivitas seperti ini sebenarnya juga dilakukan oleh para orang tua kita jaman dulu. Salah satunya, mereka mengisi waktu luang dengan mengisi teka-teki silang (TTS) dalam bentuk paper based. Hingga kini, masih banyak orang-orang yang membeli buku TTS untuk mengisi waktu luang. 
Namun seiring berjalannya waktu dan peruabahan gaya hidup masyarakat, cara mengisi waktu luang pun turut bergeser. Apalagi dengan kehadiran teknologi android yang sangat pesat. Saat ini, ribuan game bisa diunduh dari ponsel android kapan saja.

Baca juga: 5 Cara Cepat Menghasilkan Uang dengan Modal Facebook dan Android

Game yang ditawarkan juga beraneka ragam. Bagi yang hobi bermain game strategi, banyak sekali tersedia. Mereka yang suka bertualang, sejumlah game petualangan dengan berbagai tantangan juga bisa diunduh. Yang suka permainan perang yang seru, tak perlu khawatir Play Store menyediakannya secara melimpah.
Termasuk bagi kamu yang hanya sekedar ingin bermain game hanya untuk mengisi waktu luang, ada banyak tersedia permainan ringan yang bisa menghilangkan kebosanan. Dengan banyaknya game yang tersedia, semakin bagus buat para pencinta games.
Berikut ini, saya hadirkan ulasan 10 game android yang cocok untuk mengisi waktu luang:
1. Tebak Gambar

Permainan Tebak Gambar sangat sederhana. Aplikasi ini hanya berisi gambar untuk ditebak menjadi kata-kata. Kamu akan disuguhi gambar yang merupakan gambungan dari gambar dan teks. Kemudian diminta menebak gambar tersebut. Jawabannya bisa terdiri dari dua hingga empat suku kata. 
Ada level-level yang harus dilewati. Setiap level terdiri dari 20 gambar yang harus ditebak. Saat ini, game Tebak Gambar terdiri dari 36 level. 
Pertanyaan dalam permainan Tebak Gambar diadaptasi dari istilah sehari-hari, ungkapan lucu atau isu dan peristiwa yang terjadi. Meskipun pertanyaannya ringan, tapi orang butuh berpikir dan berimajinasi untuk menjawab pertanyaan yang ada. Kreatif dalam memikirkan sebuah jawaban.
Wajar jika aplikasi ini sangat populer di Indonesia. Game yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi dari Bandung ini masuk dalam jajaran teratas game untuk mengisi waktu luang. Hingga saat ini Tebak Gambar sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang. Para pengguna android memberikan rating yang sangat bagus untuk game ini yakni bintang 4,2.
Kamu bisa dowload aplikasinya di sini: Tebak Gambar
2. Tes IQ dan Kepribadian
Game android ini diluncurkan oleh AlienDroid. Tes IQ dan Kepribadian juga menjadi salah satu game populer dengan jumlah download mencapai 1 juta hingga 5 juta. Game ini juga mendapatkan penilaian bagus dari para penguna android. Ini terlihat dari peringkat 4,1 yang disandang Tes IQ dan Kepribadian.
Tes IQ dan Kepribadian memang permainan psikologi yang mengetes sifat, kepribadian dan IQ seseorang. Meskipun dikemas menjadi sebuah permainan, namun game ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin mengikuti tes psikologi.
Pertanyaan yang mucul dalam permainan ini di antaranya untuk mengetahui sejauh mana seseorang cocok bekerja dan menjalankan kehidupan. Bentuk soalnya juga beragam seperti psikotes, tes potensi akademik, matematika, kecermatan,  Logika, otak kiri, daya ingat, strategi, tes kemampuan umum dan dasar, permainan sudoku dan duel otak.
Yang menarik, game ini juga melengkapi dengan pengujian berdasarkan tanggal lahir, nama, warna, tes sidik jari, golongan darah, Garis Tangan dan karakter tulisan tangan. 
Jadi sambil menyelam minum suplemen. Kamu tetap bisa menimba ilmu dan mengasah kemampuan dalam mengerjakan tes psikologi sambil bersantai.
Kamu bisa mengunduh game Tes IQ dan Kepribadian di sini: Tes IQ dan Kepribadian
3. Fruit Ninja
Satu lagi game android yang sederhana tapi mengasyikan bernama Fruit Ninja. Game android ini sangat populer di jagat android. Ini terlihat dari jumlah unduhan Fruit Ninja yang sudah mencapai 100 juta hingga 500 juta. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Para pengguna android juga memberikan rating yang sangat bagus yakni bintang 4,3.
Game ini diluncurkan oleh pengembang aplikasi global bernama Halfbrick Studios. Bentuk permainannya sederhana, kamu cuma diminta memotong semua buah yang melayang-layang seperti buah semangka. 
Pada awalnya mungkin terlihat mudah menjalankan permainan ini karena hanya satu jenis buah dan ukurannya sama, tapi lama kelamaan tantangannya semakin berat. Wajar jika game ini bisa membuat orang kecanduan karena lucu dan menghibur.
Kamu bisa download permainan Fruit Ninja Free di sini: Fruit Ninja
4. Marble Legenda
Jenis permainan ini sebenarnya sudah lebih dulu populer di personal computer atau PC sejak satu dekade silam dengan nama Zuma. Permainan ini banyak sekali diminati oleh orang untuk menghabiskan waktu luang. Maklum permainannya sederhana, tapi lama kelamaan membutuhkan kecepatan dan konsentrasi yang tinggi.
Kini permainan sejenis hadir di aplikasi android bernama Marble Legenda. Cara menggunakan permainan ini sangat sederhana. Kamu akan mendapatkan sederetan bola warna warni yang terus menerus keluar di area permainan. 
Yang harus kamu lakukan adalah menembak bola-bola tersebut secepat mungkin agar tidak masuk ke mulut katak di tengah area permainan. Hancurkanlah minimal 3 bola dengan warna yang sama. 
Butuh kejelian dalam melihat warna, konsentrasi dan kecepatan. Pasalnya, semakin tinggi level permainannya, semakin cepat pula bola bergerak. Jika tidak mencapai target poin pada level tertentu, permainan akan berhenti.
Marble Lengenda diluncurkan oleh pengembang aplikasi global bernama easygame7. Aplikasi ini mendulang sukses besar dengan meraih total unduhan sebanyak 50 juta hingga 100 juta. Pengguna android memberikan peringkat bintang 4 untuk aplikasi ini.
Download Marble Legenda di sini: Marble Legenda
5. Talking Tom Gold Run
Game android dengan grafis yang mengesankan ini dirilis oleh Outfit7, sebuah perusahaan pengembang aplikasi global yang sudah merilis banyak game populer. Aplikasi ini juga mendulang sukses dengan jumlah unduhan sebanyak 10 juta hingga 50 juta. Pengguna android memberikan rating keren untuk aplikasi ini yakni 4,5.
Dengan bermain Talking Tom Gold Run, kita akan diminta untuk menjalankan misi membangun rumah tinggal sekeren mungkin. Tentu saja, untuk membangun rumah mewah butuh biaya mahal. Untuk itu, kamu harus mendapatkan emas yang banyak.
Logam mulia itu bisa diperoleh dengan cara berlari dan terus mengumpulkan emas yang ditemui di sepanjang jalan. Namun, di sini lah tantangannya, kamu harus berhadapan dengan begal yang siap membawa kabur emas yang sudah kamu kumpulkan. Kamu harus terus menghindari begal dan menghadapi rintangan yang ada agar bisa emas bisa selamat.
Unduh Talking Tom Gold Run di sini: Talking Tom Gold Run


6. Teka Teki Silang

Teka Teki Silang atau biasa disingkat dengan TTS merupakan permainan klasik yang masih bertahan hingga sekarang. Bedanya, dahulu permainan ini berbasis kertas, di mana orang perlu membeli buku teka teki silang. Sedangkan saat ini buku teka teki silang sudah jarang terlihat lagi. Tapi orang bisa memainkannya dengan menggunakan ponsel android.

http://www.whaffindonesia.com/2016/09/10-game-android-yang-cocok-untuk.html

Game Teka Teki Silang diluncurkan oleh Bernie Mobile. Jangan berpikir bahwa pengembang aplikasi ini berasal dari Indonesia ya. Bernie Mobile merupakan perusahaan asal Spanyol.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, game ini menggunakan bahasa Indonesia. Hingga saat ini, Teka Teki Silang sudah diunduh oleh sekitar 5 juta hingga 10 juta kali. Para pengguna android memberikan rating bagus untuk aplikasi ini yaitu bintang 4,1.

Baca juga: 10 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Clash of Clans

Secara sederhana permainan Teka Teki Silang adalah kamu diminta untuk mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak putih dengan huruf-huruf yang membentuk kata. Jawabannya mengikuti pertanyaan mendatar atau menurun. Ukuran kotak pada game ini mulai dari 3 X 3 hingga 25 X 25.

Jika ditilik dari sejarah, TTS merupakan permainan tua yang pertama kali diterbitkan oleh majalah New York World dalam bentuk seperti sekarang pada tanggal 2 Desember 1913.

Kamu bisa mengunduh game Teka Teki Silang di sini: Teka Teki Silang

7. Fruit Pop

Game android ini mirip dengan Fruit Ninja. Bedanya, pada Fruit Ninja kita diminta untuk memotong setiap buah-buahan yang melayang. Sedangkan Fruit Pop berbentuk teka teki. Kita diminta untuk menghubungkan dengan garis buah-buahan yang memiliki jenis yang sama.

Setiap buah yang terhubung akan meledak atau Pop Up seperti namanya. Saat itulah kita akan mendapatkan poin. Artinya semakin banyak buah yang berhasil kita hancurkan, semakin banyak pula poin yang bisa diperoleh.

Yang membuat permainan ini menantang dan mengasyikkan adalah kita harus bergerak cepat mengejar waktu. Jika kita tidak melakukan tindakan yang benar hingga tenggat waktu beberapa detik yang diberikan, maka permainan akan berakhir.

Game Fruit Pop diluncurkan oleh Metamoki. Game ini cukup diminati pasar dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta hingga 5 juta kali. Pengguna android memberikan rating bagus yakni bintang 4,4.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Fruit Pop di sini: Fruit Pop

8. Paper Toss

Pengembang aplikasi sungguh kreatif. Aktivitas yang sebenarnya sangat sederhana bisa menjadi ide untuk mengembangkan permainan seru yang diminati banyak orang.
Salah satunya adalah Paper Toss. Game ini hanya meminta kamu untuk membuah bola kertas ke tempat sampah. Jika bola kertas yang dibuang mengenai target atau masuk ke tempat sampah, maka poin kamu akan bertambah.

Namun tantangan membuah bola kertas ke tempat sampah juga tidak mudah. Ada hambatan yang harus di lalui misalnya arah angin yang bertiup. Kamu perlu meningkatkan teknik melempar agar bisa melewati semua level dengan benar.

Lokasi untuk melempar bola kertas juga berubah-ubah seperti di kantor, bandara, ruang bawah tanah dan kamar mandi. Beda tempat, kekuatan angin yang bertiup juga berbeda.

Paper Toss diluncurkan oleh Backflip Studios Inc. Hingga saat ini, game ini sudah diunduh oleh 50 juta hingga 100 juta kali. Sungguh angka yang sangat fantastis. Pengguna android memberikan penghargaan dalam bentuk bintang 4.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini: Paper Toss

9. Kuis Millionare Indonesia

Game ini diluncurkan oleh Pilot Student Studio dari Yogyakarta. Jumlah unduhan game Kuis Millionare Indonesia sudah mencapai 1 juta hingga 5 juta kali. Pengguna android memberikan peringkat bintang 4,2 untuk aplikasi ini.

Secara sederhana, Kuis Millionare Indonesia meniru sebuah acara kuis yang pernah populer di sebuah stasiun televisi nasional. Kamu diminta untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan. Setiap berhasil menjawab pertanyaan, kamu akan mendapatkan hadiah dalam bentuk rupiah.

Pada akhir level, jika semua pertanyaan terjawab, kamu berhak mendapatkan uang cash senilai Rp 1 miliar. Ada empat pilihan jawaban dari pertanyaan yang diberikan yaitu bertanya pada penonton, bertanya pada teman dan hilang dua jawaban yang salah.

Kamu bisa mengunduh game untuk mengasah otak ini di sini: Kuis Milllionare Indonesia

10. SimSimi

Bingung saat sendiri tidak ada teman yang bisa diajak ngobrol? Game android yang satu ini layak dicoba untuk menghilangkan kebosanan. SimSimi adalah permainan chatting yang lucu dan menghibur.

Secara sederhana, kamu cukup mengetikkan kata yang ingin diobrolkan dan si ayam lucu Simi akan membalasnya. Tentu saja game android ini membutuhkan jaringan internet agar kamu bisa mendapatkan jawaban yang cepat.

Simi sangat menggemaskan, kadang lucu, kadang nyebelin. Untuk itu ada tiga fitur utama yang disediakan oleh aplikasi ini. Pertama, talk yang berfungsi mengajak Simi bercakap-cakap. Kedua, teach berguna untuk mengajari Simi kata-kata baru. Ketiga, review yang berfungsi memfilter kata-kata Simi, mana yang pantas diucapkan dan mana yang tidak. Jadi kita seperti sedang mengajari anak kecil yang baru belajar ngomong, ngegemesin tapi sekaligus nyebelin karena kadang menjadi terlalu dewasa.

Kamu bisa download SimSimi di sini: SimSimi

Happy Gaming !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *