Inilah 7 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mencari Lowongan Kerja

Diposting pada

www.whaffindonesia.com

Di era android, mencari informasi lowongan pekerjaan semakin mudah. Orang tak perlu lagi membeli koran atau rajin melihat papan pengumuman di kantor pos hanya demi melihat beberapa iklan lowongan pekerjaan. Kini, informasi lowongan pekerjaan bisa diperoleh dengan mudah hanya dengan membuka ponsel android.

Loading...

Ya, sejumlah aplikasi android khusus memberikan informasi lowongan pekerjaan. Daftar lowongan pekerjaan yang tersedia juga mencakup semua bidang pendidikan. Bahkan, Anda bisa langsung melamar pekerjaan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Sangat praktis bukan.

Hebatnya, aplikasi lowongan kerja ini bisa diperoleh secara gratis. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mendapatkan informasi dan mendaftar lowongan kerja yang tersedia. Meski pengajukan lamarannya bisa dilakukan secara online, tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut berlaku umum, sama seperti ketika Anda melamar pekerjaan dengan menggunakan surat dan dikirimkan lewat kantor pos.

Bedanya semua persyaratan bukan diberikan dalam bentuk hard copy tapi soft copy alias dalam bentuk digital. Persyaratan standar itu di antaranya adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup, foto atau dokumen pendukung lain jika diminta.
Selanjutnya jika Anda dinilai memenuhi kriteria oleh perusahaan pencari karyawan, maka Anda akan dipanggil untuk tes dan wawancara secara langsung. Saat itu, semua dokumen pendukung yang disampaikan dalam curriculum vitae harus dibawa seperti ijazah, sertifikat atau surat pengalaman kerja. Tujuannya, untuk memastikan bahwa apa yang Anda sampaikan dalam aplikasi lowongan pekerjaan tersebut adalah benar adanya.

Dengan kemudahan melamar lowongan pekerjaan dengan menggunakan aplikasi android, maka jumlah orang yang melamar pun semakin banyak. Artinya, pihak perusahaan memiliki lebih banyak pilihan dalam merekrut karyawan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Sedangkan bagi pelamar, aplikasi lowongan kerja ini memiliki kelebihan dan kekurangnya. Kelebihannya adalah informasi lowongan pekerjaan lebih mudah diperoleh dan proses melamar pekerjaannya juga bisa dilakukan lebih mudah dan lebih cepat. Sedangkan kekurangnya adalah persaingan menjadi semakin ketat, karena semakin banyak orang yang melamar pekerjaan tersebut.

Bagaimanapun aplikasi lowongan kerja ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi pencari kerja. Jika Anda tertarik mencari dan melamar pekerjaan dengan menggunakan aplikasi android, berikut ini ulasannya:

1. JobsDB

Aplikasi JobsDB Indonesia dapat Anda temukan di Google PlayStore dengan mudah. Perusahaan ini berasal dari Hong Kong yang berdiri sejak tahun 1998. Bukan hanya di Indonesia, perusahaan pemberi informasi lowongan pekerjaan ini juga beroperasi di sejumlah negara Asia seperti China, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Segala informasi lowongan pekerjaan tersedia di aplikasi ini mulai dari salesman, tenaga administasi, profesional hingga tenaga ahli. Uniknya, JobsDB juga menyediakan informasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Jadi ketika lowongan CPNS di berbagai daerah sudah mulai dibuka, tidak ada salahnya Anda membuka informasinya lewat aplikasi ini

2. Jobstreet

Aplikasi ini memang sangat terkenal sebagai penyedia informasi lowongan pekerjaan di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Jepang, Vietnam dan Singapura. Kehadiran situs Jobstreet.com sukses besar dan memiliki jutaan member dari berbagai negara. Ketimbang JobsDB, Jobstreet sudah lebih dulu hadir, yakni sejak tahun 1995.

Aplikasi lowongan pekerjaan Jobstreet juga menyediakan banyak sekali lowongan pekerjaan yang diupdate setiap hari. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung mencari lowongan pekerjaan yang tepat sesuai bidang pendirikan dan keahlian yang dimiliki.

Baca di sini: 5 Cara Cepat Menghasilkan Uang Dengan Modal Facebook dan Android

3. Qerja

Qerja merupakan sebuah aplikasi lowongan pekerjaan dari perusahaan startup asal Indonesia. Keunikan dari Qerja adalah selain memberikan informasi lowongan pekerjaan, mereka juga menyajikan informasi gaji di sejumlah perusahaan terkenal di Indonesia.

Darimana Qerja mendapatkan informasi gaji riil perusahaan-perusahaan tersebut? Qerja mendapatkan informasi gaji dari testimoni yang diberikan oleh member yang merupakan pegawai atau mantan pegawai di perusahaan yang direview. Dalam review tersebut, member juga bisa mengisikan kelebihan dan kekurangan dari sebuah pekerjaan. Memang akurasi informasi yang disampaikan bisa saja meleset karena member yang mengisi review tidak harus mencantumkan namanya di review tersebut.

Meski berstatus startup, namun perusahaan ini berkembang pesat. Informasi lowongan pekerjaan yang disajikan juga cukup banyak. Jadi tidak ada salahnya mendownload aplikasi Qerja.

4. Jora

Jora merupakan sebuah perusahaan startup dari Australia. Namun informasi pekerjaan di wilayah Indonesia juga diberikan. Mencari pekerjaan di Jora semudah menggunakan mesin pencari Google. Lowongan pekerjaan yang tersedia beraneka ragam dari segala bidang dan keahlian. Informasi lowongan pekerjaan di Jora sebagian besar disampaikan dalam Bahasa Inggris. Anda bisa mencoba aplikasi ini untuk mencari pekerjaan yang diidam-idamkan.

5. Indeed

Indeed juga memberikan pengalaman mencari pekerjaan seperti ketika Anda menelusuri sebuah informasi di mesin pencari Google. Semua informasi lowongan pekerjaan akan tersaji dalam sekejap. Aplikasi android bernama Indeed ini juga layak menjadi alternatif saat Anda mencari lowongan pekerjaan.

6. Karir

Karir merupakan penyedia informasi lowongan pekerjaan yang sudah cukup lama eksis di Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1999. Dengan pengamalan belasan tahun di bidang ini, Karir yang juga meluncurkan aplikasi android cukup layak dijadikan referensi ketika Anda sedang mencari informasi lowongan pekerjaan.

7. Jobindo

Jobindo masuk dalam deretan perusahaan penyedia informasi lowongan di Indonesia. Perusahaan lokal ini sudah berdiri sejak tahun 2005. Berbagai informasi lowongan pekerjaan yang paling dicari tersedia di aplikasi ini. Terutama jika Anda mencari lowongan perusahaan-perusahaan lokal, aplikasi ini layak dipertimbangkan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *