AWAS! Bunga Pinjaman Online Mencekik Leher

Diposting pada
www.whaffindonesia.com

Belakangan ini, sejumlah tawaran pinjaman online banyak berseliweran di dunia maya dan media sosial. Seorang yang tengah kesulitan keuangan mungkin gampang tergiur karena iming-iming proses yang cepat dan tanpa agunan. AWAS!!! Bukannya membantu masalah keuangan, pinjaman online tersebut justru bakal mencekikmu.

Argumentasi tersebut sangat beralasan. Meski proses pengurusan pinjaman dijanjikan berlangsung cepat dan mudah alias bisa dilakukan secara online tanpa tatap muka, tapi cermati dulu berapa tenor pinjaman dan bunga yang dibebankan kepada debitur. Dan sungguh mencengangkan. Dengan tenor yang sangat pendek, bunga yang dibebankan hampir setara dengan bunga kartu kredit selama setahun.

Anda tak percaya, mari kita cermati bersama-sama dua tawaran pinjaman online yang cukup menyita perhatian masyarakat ini.

1. Uang Teman

Uang teman memberikan layanan pinjaman ke nasabahnya melalui situs resmi bernama UangTeman.com sejak akhir tahun lalu. Pada akhir Maret 2016, mereka juga meluncurkan aplikasi android untuk memudahkan para nasabahnya dalam mengajukan aplikasi pinjaman.

Peminat pinjaman online ini cukup besar. Ini setidaknya terlihat dari jumlah orang yang telah mengunduh aplikasi Uang Teman yang saat artikel ini ditulis sudah mencapai 10.000 – 50.000 pengunduh. Belum lagi, orang yang mengajukan aplikasi pinjaman melalui website. Pihak Uang Teman sendiri mengaku mendapatkan pengajuan pinjaman sekitar 5.000 orang per bulan.

Uang Teman merupakan produk dari PT Digital Alpha Indonesia yang beralamat di One Pacific Place Building Level 11 Sudirman Central Business District Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta, 12190 Indonesia.

Sejatinya perusahaan ini bergerak di bidang teknologi informasi jadi bukan lembaga keuangan semacam bank, asuransi atau koperasi. Saat ini, Uang Teman memberikan layanannya di wilayah Jabodetabek, Solo, Yogyakarta, Klaten dan Magelang.

Layanan yang diberikan Uang Teman berupa pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Jangka waktu pinjaman atau tenornya juga dibatasi antara 10 hari hingga 30 hari. Dengan tenor yang sangat singkat itu, Uang Teman membebankan bunga yang fantastis, yakni 1% per hari atau 30% dalam sebulan.

Sekarang bandingkan dengan bunga kartu kredit milik bank nasional yang rata-rata sebesar 2,95% per bulan atau 35,40% per tahun. Artinya bunga pinjaman Uang Teman hampir setara dengan bunga kartu kredit dalam setahun.

Selain besaran bunga yang mencekik, Uang Teman juga membebani Anda dengan biaya lain jika Anda terlambat membayar tagihan yakni sebesar Rp 50.000 + Rp 10.000 per hari dan biaya jasa tagih sebesar 10% dari total pembayaran. Sedangkan jika Anda ingin memperpanjang tenor pinjaman, biaya yang dikenakan sebesar Rp 180.000 dan bunga berjalan tetap 1% per hari.

Berikut ini adalah simulasi yang saya buat, jika Anda meminjam Uang Teman sebesar Rp 1 juta dan terus diperpanjang hingga tenornya satu tahun (11 kali perpanjangan). Dengan asumsi bahwa dalam satu bulan selalu terdapat 30 hari.

Nilai Pinjaman: Rp 1.000.000
Biaya 11 kali perpanjangan tenor: Rp 180.000 x 11 = Rp 1.980.000
Bunga 12 bulan: Rp 300.000 x 12 = Rp 3.600.000
Maka total yang harus dibayar selama setahun Rp 6.580.000

Baca juga: 5 Cara Cepat Menghasilkan Uang Dengan Modal Facebook dan Android

Dengan simulasi tersebut tergambar bahwa dengan pinjaman Rp 1.000.000 selama setahun, uang yang harus Anda kembalikan ke Uang Teman sebesar Rp 6.580.000. Wooow, nilainya bikin copot jantung. Pinjaman ini bukannya menyelesaikan masalah keuangan, tapi bisa membunuh seseorang dalam sekejap.

2. Doctor Rupiah

Melihat banyaknya peminat Uang Teman, kini muncul perusahaan berbeda yang menawarkan jasa yang sama. Pinjaman online itu diberi nama Doctor Rupiah. Sesuai namanya, layanan ini seolah seperti dokter yang bisa menyembuhkan penyakit keuangan Anda. Tapi betulkan pinjaman ini menyembuhkan dan menyehatkan? Atau justru sebaliknya membunuh Anda secara nyata?

Mari kita cermati tawaran Doctor Rupiah baik-baik. Doctor Rupiah merupakan produk dari PT Digital Solutions Indonesia yang beralamat di JL HR. Rasuna Said Blox X-5 Kav 2-3 , Kuningan. Jakarta Selatan 12950. DKI Jakarta. Indonesia.

Pinjaman online ini ditawarkan melalui situs DrRupiah.com. Tawaran yang diberikan juga hampir sama dengan Uang Teman. Doctor Rupiah menawarkan pinjaman sebesar Rp 1 juta hingga Rp 4 juta dengan tenor 7 hari hingga 30 hari.

Bunga yang dibebankan kepada nasabahnya juga sebesar 1% per hari atau 30% dalam 30 hari/sebulan. Doctor Rupiah juga memberlakukan biaya perpanjangan tenor pinjaman dan biaya keterlambatan pembayaran. Namun, informasi tersebut akan disampaikan kepada nasabah langsung di dalam kontrak pinjaman.

Dengan tawaran yang serupa dengan Uang Teman, Doctor Rupiah juga tidak akan menyelesaikan masalah keuangan Anda. Alih-alih mengobati dan menyembuhkan, Doctor Rupiah justru memberikan bibit tumor yang stadiumnya akan terus meningkat.

Saran saya, hindari meminjam uang dari layanan pinjaman online tersebut. Lebih baik meminjam uang dari layanan perbankan resmi dengan bunga yang standar. Jika pun kesulitan meminjam uang dari bank, Anda dapat meminjam uang dari koperasi simpan pinjam. Tapi dalam memilih koperasi simpan pinjam, Anda juga harus memilihnya dengan tepat. Maklum, saat ini banyak rentenir berkedok koperasi dengan menerapkan bunga pinjaman selangit.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri meminta masyarakat agar tidak tergiur dengan pinjaman online seperti Uang Teman. Mereka bukan sebuah lembaga keuangan, tapi hanya sebuah perusahaan rentenir.

Jadi masih mau pinjam duit dari layanan pinjaman online?
Jika kebutuhan dana tunai memang sudah mendesak, saran saya pinjaman Tunaiku dari Amar Bank (PT Bank Amar Indonesia) bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pinjaman Online Tunaiku

Tunaiku merupakan produk pinjaman atau kredit personal multiguna yang diluncurkan oleh Amar Bank. Ini merupakan bank resmi di bawah pengawasan Bank Indonesia. Untuk memudahkan nasabah, metode pengajuan aplikasi Tunaiku dilakukan secara online.

Pinjaman yang diberikan kepada nasabah senilai Rp 2 juta hingga Rp 15 juta. Sedangkan tenor atau jangka waktu pinjaman maksimal 12 bulan dengan metode pembayaran utang secara cicilan. Sejauh ini layanan pengajuan aplikasi online hanya dilayani untuk wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

Amar Bank memberlakukan bunga pinjaman Tunaiku sebesar 3% per bulan. Jika melihat besaran bunga yang diberikan, bunga Tunaiku setara dengan bunga kartu kredit atau kredit tanpa agunan. Pada kartu kredit atau KTA, bank memberlakukan iuran tahunan senilai Rp 300.000 atau bahkan Rp 1 juta per tahun tergantung masing-masing bank penerbit.

Sedangkan pada pinjaman Tunaiku, Amar Bank memberlakukan:
-Suku bunga per bulan 3 % per bulan flat
-Biaya administrasi Rp 540.000
-Biaya pelunasan lebih awal Rp 0
-Biaya keterlambatan Rp 100.000
-Bunga keterlambatan 0,16% per hari

Untuk mengajukan pinjaman Tunaiku baca artikel berikut ini:
Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Rp 10 Juta Tanpa Agunan dari Tunaiku

8 thoughts on “AWAS! Bunga Pinjaman Online Mencekik Leher

  1. Ah yg merasa korban bodoh namanya, kan waktu melakukan pinjaman hitungannya jelas, kalo gak bisa bayar salahkan diri sendiri, minjem uangnya mau bayar bunga nya gak mau

  2. adalah hal yang benar , membantu diawal tapi menjadi lintah darat yang kejam , bunga di awalnya 30% sesuai perjanjian tapi diakhirnya mereka menaikan bunga sebesar 40% . tanpa kordinasi terlebih dahulu . dan memaksa untuk mengikut atau melakukan pelunasan semena mena . sangat jelas di kontrak bunganya cuman 30% . setelah 2 bulan bunga tersebut naik menjadi 40% .

  3. Ojk ga jelas…emang semudah itu pinjam d bank???
    Sya planggan pinjaman online slama ini ga ada msalah smua baik2 aja…betul kata pak mamo.
    Ikuti resiko jgn seneng doang pas dpt duitnya blogg!

  4. resiko… udh dr awal ada penjelasan.. mengenai.. juml. pinjaman.. tenor.. dll… ingat lg butuhnya… bunga itu gk seberapa dibanding pas kita butuh darurat ada yg bantu… yh itung2 tanda trim lah… jgn anggap lebih nya bunga…. anggap az tips hatur tangkiw…

  5. Saya mau tanya dong saya lagi terlilit hutang bank online…saya bingung kalau membalikan uang yg tertera karena saya sudah lewat batas..mau tanya bgmn ya cara nya biar kita balikin pokok pinjaman nya saja…apa sudah ada yg pernah??..karena saya hanya sanggup membayar uang pokok pinjaman nya saja…karna bunga pinjaman nya sudah lebih dari setengah nilai pinjaman saya..terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *