5 Cara Menghemat Paket Data Internet di Ponsel Android

Diposting pada

Jika kita tidak mampu mengontrol penggunaan data pada ponsel android, paket data internet dalam jumlah besar akan habis dalam sekejap. Padahal paket data bukan barang yang murah, jika terbuang secara cepat, tentu duit yang melayang dari kantong Anda akan semakin besar. Untuk itu perlu strategi penggunaan ponsel android yang hemat data tapi tetap memenuhi kebutuhan Anda dalam mengakses internet.

Aktivitas dengan ponsel android yang menyerap banyak data perlu dihindari misalnya memutar video di youtube, download film atau game dengan kapasitas besar dan lain-lain. Tapi langkah itu saja tidak cukup signifikan mengirit paket data. Alasannya, akses internet sederhana seperti mengakses website pun bisa menghisap banyak paket data.

Loading...

Tapi tak perlu cemas, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan data pada ponsel android. Cara ini bisa memangkas penggunaan data Anda sekitar 30% hingga 50%. Tapi keberhasilan dari cara ini tentu saja akan bergantung pada masing-masing individu dalam menggunakan smartphone.

Berikut ini lima tip menghemat penggunaan data internet pada smartphone:

1. Kompresi halaman Chrome

Tip ini sangat membantu Anda yang seluruh atau sebagian besar aktivitas akses internetnya dari browser Chrome. Penghematan data dapat dilakukan dengan melakukan kompresi halaman web yang akan dibuka sebelum loading. Ini bisa menghemat 30%-35% penggunaan data.

Browser internet seperti Chrome sendiri sebenarnya sudah melakukan kompresi sehingga website yang dibuka bisa lebih ringan. Tapi jika anda menggunakan fitur ini, data yang dihisap akan semakin mengecil.

Fitur penghematan data atau Data Saver sebenarnya sudah tersedia di browser Chrome. Tapi jarang sekali orang yang menyadarinya. Padahal fitur ini sangat bermanfaat untuk mengontrol penggunaan data internet.

Caranya cukup mudah. Pertama buka Chrome dari ponsel Anda. Selanjutnya tap di sudut kanan yang ada simbol tiga titik. Lalu pilih Setting atay Setelan. Geser ke bagian bawah, pilih Data Saver atau Penghemat Data. Aktifkan penghemat data tersebut. Kini aktivitas browsing internet Anda lebih efisien.

2. Kompresi Video di Opera

Jika Anda juga menggunakan browser Opera untuk menjelajah dunia maya, cara ini juga bisa diterapkan agar penggunaan data lebih irit. Sama seperti Chrome, Opera sebenarnya memiliki fitur yang bisa dipergunakan untuk menghemat data. Tapi tak banyak orang yang mengetahuinya.

Untuk menghemat data, Anda bisa melakukan kompresi video yang akan diputar dari browser opera. Caranya buka browser opera, masuk Setting atau Setelan, masuk ke Data Saving dan centang Video Compression. Nah, kini Anda bisa tetap memutar video dari Opera dengan biaya data yang lebih hemat.

3. Nonaktifkan update otomatis aplikasi

Anda mungkin memiliki banyak aplikasi di dalam smartphone. Setiap aplikasi memiliki fitur untuk update secara berkala setiap ada pembaruan pada aplikasi tersebut. Jika kamu mencentang pengaturan auto-update, maka apliksi-aplikasi tersebut akan melakukan update secara otomatis jika tersambung internet.

Tentu saja update aplikasi ini akan banyak menyerap penggunaan data yang cukup besar. Padahal seringkali update aplikasi tersebut sebenarnya tidak kita butuhkan. Jadi sebaiknya Anda menonaktifkan update otomatis tersebut.

Caranya masuk ke Play Store, tap Setting atau setelan. Kemudian tap perbarui aplikasi secara otomatis. Nanti akan muncul tiga pilihan yaitu 1) Jangan perbarui aplikasi secara otomatis 2) Perbarui secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenaik biaya data 3) Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wifi.

Sebaiknya jangan centang pilihan kedua, tapi pilihan pertama atau ketiga. Dengan demikian Anda tidak akan dibebani biaya data yang tinggi, tanpa mendapatkan manfaat yang nyata.

4. Kenali dan batasi aplikasi yang menghisap banyak data

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di smartphone, ada beberapa yang banyak menghisap data. Anda bisa mengeceknya di ponsel dengan cara masuk ke Setting atau Setelan, lalu tap Penggunaan Data. Di sana akan terlihat, konsumsi data dari setiap aplikasi dari urutan pertama terbesar dan seterusanya.

Dengan mengenali aplikasi yang banyak menghisap data, Anda bisa menentukan sikap apakah akan mempertahankan aplikasi tersebut atau menghapusnya. Jika aplikasi yang berat itu ternyata tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya Anda hapus saja. Ini akan menghemat penggunaan data secara signifikan.

5. Simpan video dan musik di ponsel

Jika Anda terbiasa melakukan aktifitas dengan mendengarkan musik, steaming musik atau video tentu sangat mengasyikan. Anda bisa streaming dari Youtube, Spotify, Vine dan situs video atau musik yang lain. Tapi pasti tahu kan, streaming video itu menyerap data yang sangat besar.

Jika kamu melakukan streaming video tanpa kontrol, habislah paket data yang mahal hanya dalam waktu beberapa jam saja. jadi alangkah baiknya jika kamu menyimpan saja file MP3 atau video musik di ponsel kamu. Jadi ketika dibutuhkan, kamu tinggal memainkannya tanpa perlu melakukan streaming yang menghabiskan data. Lebih hemat kan.

Demikian tadi, lima cara menghemat penggunaan paket data internet di ponsel android.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *