Cara Membeli Domain dan Hosting Tanpa Mengeluarkan Duit

Diposting pada
http://www.whaffindonesia.com/2016/03/cara-membeli-domain-dan-hosting-tanpa.html

Jika Anda seorang blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah domain dan hosting. Ibarat laut dan pantai, keduanya tak terpisahkan. Sebuah domain tak ada nilainya tanpa dekapan hosting. Begitu juga sebaliknya, apalah artinya hosting jika tak ada domain yang berlabuh.

Apa itu domain dan hosting?

Sebelumnya mari kita samakan dulu pengertian tentang domain dan hosting. Saya mengutip dari jurnal bebas Wikipedia. Nama domain adalah nama unik  untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Tujuannya untuk mempermudah orang yang akan mengaksesnya. Nama domain seringkali disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.

Nama domain kemudian dikelompokkan lagi sesuai indentitas dan klasifikasinya. Misalnya untuk domain global berlaku .com untuk bisnis komersial, .co untuk perusahaan, .org untuk organisasi dan lain-lain. Pada domain khusus Indonesia, kita mengenal ekstensi .id dengan variannya seperti co.id, or.id, web.id dan lain-lain. Tentu saja jika Anda akan membeli domain, Anda harus menyesuaikan ekstensi nama domain sesuai kebutuhan.

Sedangkan hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan. Gunanya untuk menampung atau menempatkan informasi di internet baik berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Baik nama domain maupun hosting, keduanya harus disewa. Anda bisa membeli atau menyewanya dari perusahaan penyedia domain dan hosting terpercaya. Jangka waktu sewanya minimal satu tahun.

Berapa tarif domain dan hosting satu tahun?

Setiap perusahaan penyedia domain dan hosting menerapkan tarif yang berbeda. Sebagai contoh, harga domain .com sekitar Rp 110.000-Rp 130.000 per tahun. Sedangkan harga sewa hosting akan tergantung berapa kapasitas yang diinginkan. Semakin besar informasi dan data yang akan kita simpan di server, maka kapasitas hosting yang dibutuhkan juga semakin besar.

Sebagai simulasi, saya akan memberikan contoh tarif dari Rumahweb.com. Untuk pembelian domain dengan ekstensi .com serta hosting dengan kapasitas 100 MB (cukup untuk blog personal), harganya senilai Rp 285.000. Rinciannya, harga domain Rp 125.000 dan hosting Rp 160.000 untuk jangka waktu satu tahun.

Adakah domain dan hosting gratis?

Jawabannya Ada. Tapi domain yang disediakan bukan domain utama melainkan subdomain gratis. Layanan tersebut disediakan oleh sejumlah blog gratis terutama yang paling populer adalah Blogspot.com dan WordPress.com.

Dengan menggunakan blog gratis, kelemahannya Anda tidak bisa menggunakan nama unik tanpa embel-embel domain utama. Contohnya adalah blogsaya.blogspot.com atau blogsaya.worpress.com. Jika ingin mengubahnya menjadi blogsaya.com, Anda harus membeli domain sendiri. Dengan domain sendiri, Anda juga bisa membuat alamat email dengan doman sendiri misalnya redaksi@blogsaya.com.

Dengan demikian, menggunakan domain sendiri akan terlihat jauh lebih profesional ketimbang domain gratis. Jika Anda menggunakan web untuk membangun bisnis, web Anda juga akan terlihat lebih profesional, lebih serius dan lebih bisa dipercaya.

Cara membeli domain dan hosting tanpa mengeluarkan duit?

Yang pasti memiliki domain dan hosting sendiri memiliki banyak keuntungan. Meskipun, ada juga blogger yang tetap memilih menggunakan domain dan hosting gratis karena pertimbangan tertentu. Sebagian lagi enggan membeli domain dan hosting karena enggan mengeluarkan duit.

Tak perlu risau, saya akan mengajarkan cara membeli domain dan hosting tanpa mengeluarkan duit. Tentu saja, cara ini sudah teruji dan terbukti sukses dijalankan. Bukan cuma satu atau dua domain dan hosting saja, dengan cara ini Anda bisa ternak blog dengan domain dan hosting sendiri.

Cara yang saya gunakan adalah menggunakan aplikasi Android bernama Whaff Rewards. Bagi yang belum pernah mendengar nama aplikasi ini, Whaff Rewards adalah aplikasi yang bisa menghasilkan dollar dengan hanya mengerjakan tugas-tugas seperti download apps dan game di ponsel android. Anda akan menerima pendapatan dalam dollar yang bisa ditransfer ke rekening Paypal atau bank lokal.

Anda bisa menarik pendapatan setelah jumlahnya terkumpul minimal US$ 10 atau US$ 20, US$ 40, US$ 60 dan US$ 80. Penghasilan ini bisa Anda transfer ke rekening PayPal. Selanjutnya Anda sudah bisa membeli domain dan hosting sendiri. Sejumlah perusahaan penyedia domain dan hosting menerima pembayaran dengan PayPal, salah satunya adalah Rumahweb.com

Update: Whaff Rewards dan Whaff Locker sudah tidak lagi membayar sejak Mei 2018. Harap abaikan berbagai tawaran yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Happy Cuan !!!

One thought on “Cara Membeli Domain dan Hosting Tanpa Mengeluarkan Duit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *